Analisis Peluang Setiap Tim di Piala Dunia 2022 versi Tiermaker

"Brasil, Prancis, Jerman, Spanyol, Inggris, Portugal, Argentina? Ini prediksinya."

Analisis | 03 April 2022, 16:18
Analisis Peluang Setiap Tim di Piala Dunia 2022 versi Tiermaker

Libero.id - Pembagian grup Piala Dunia 2022 telah dilakukan. Hasilnya, sudah diketahui. Ada negara yang akan menghadapi tim nasional tangguh. Tapi, sejumlah lainnya menjalani pertandingan mudah. 

Turnamen di Qatar kali ini tidak akan digelar pada Juni-Juli. Piala Dunia akan berlangsung pada November-Desember. Ini menyangkut masalah cuaca di Jazirah Arab yang sangat panas pada Juni-Juli-Agustus. Sebaliknya, akan cukup sejuk pada November-Desember-Januari. 

Sambil menunggu tiga tim yang masih harus menjalani play-off, sebuah situs pemeringkatan ternama, Tiermaker, membuat analisis peluang setiap peserta Piala Dunia 2022.

Menurut Tiermaker, negara-negara seperti Qatar, Iran, Arab Saudi, Kanada, Kamerun, dan Korea Selatan akan tersingkir pada tahap pertama, dan mungkin saja finish di posisi terbawah grup. Pasalnya, tuan rumah akan menghadapi Belanda, Senegal, dan Ekuador.

Kemudian, Iran akan berada satu grup dengan Inggris, Amerika Serikat, dan pemenang play-off Eropa (Skotlandia, Wales, atau Ukraina). Meski bukan grup terberat, sulit membayangkan Iran akan memiliki kualitas untuk keluar dan mengamankan tempat ke babak selanjutnya. 

Ada lagi Arab Saudi yang akan memiliki tantangan cukup keras karena segrup dengan Argentina, Meksiko, dan Polandia. Hal yang sama dengan Kanada, yang akan bertarung melawan Belgia, Maroko, dan Kroasia. 

Bagaimana dengan Kamerun? Mereka mungkin saja menjadi tim terkuat di tingkat ini. Tapi, dengan grup yang berisia Brasil, Serbia, dan Swiss, tentu saja ini adalah tugas yang sulit. Terakhir, Korea Selatan harus menghadapi Portugal, Ghana, serta  Uruguay.

Untuk kategori selanjutnya, negara-negara seperti Ekuador, Amerika Serikat, Polandia, Tunisia, Jepang, Maroko, Swiss, Ghana juga akan tersingkir di babak grup. Tim-tim ini jauh dari harapan. Tapi,  Tiermaker merasa hanya ada dua tim yang lebih baik dari mereka yang memiliki peluang lolos lebih besar.

Setelah tim-tim yang kandas di fase grup, Tiermaker memperkirakan beberapa tim yang akan terhenti di fase knock-out pertama. Senegal, Meksiko, Denmark, Kroasia, Serbia, Uruguay kemungkinan akan lolos dari fase grup. Tapi, tersingkir di babak 16 besar atau perempat final jika beruntung.

Senegal kemungkinan akan bermain melawan Inggris di babak 16 besar jika finish runner-up. Sementara Meksiko diperkirakan bertemu Prancis di babak 16 besar. Lalu, Denmark mungkin harus mengalahkan Lionel Messi dan Argentina jika ingin mencapai perempat final. Sedangkan Kroasia kemungkinan akan bermain melawan Spanyol atau Jerman.

Serbia mungkin akan menyukai peluang di babak 16 besar. Sebab, jika mereka finish di urutan kedua grup, kemungkinan besar akan menghadapi Portugal. Itu adalah tim yang mereka kalahkan di kualifikasi Eropa. Sedangkan untuk Uruguay, kemungkinan besar akan bersaing dengan Brasil.

Yang paling menarik dari semua prediksi dan analisis Tiermaker adalah tim mana yang akan melaju hingga jauh? 

Belanda, Argentina, Portugal datang ke Piala Dunia dengan ambisi untuk memenangkannya. Tapi, kemungkinan besar langkah mereka tidak akan jauh dari perempat final. Jika sedikit beruntung akan terhenti di semifinal, atau maksimal final.

Di sisi lain, tim-tim seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, dan Belgia merupakan wakil Eropa yang paling masuk akal untuk melaju hingga pertandingan terakhir. Jika sial, mereka akan mencapai semifinal. Jika beruntung, final, atau bahkan mengangkat piala.

Hanya saja dari semua peserta Piala Dunia, tidak ada yang paling diunggulkan selain Brasil. Tiermaker melihat negara ini adalah favorit utama untuk Piala Dunia di Qatar.

Ada banyak alasan untuk mengunggulkan Brasil. Di kualifikasi zona Amerika Selatan, mereka meraih 14 kemenangan dari 17 pertandingan. Memiliki pemain seperti Neymar dan Vinicius, Selecao akan menyenangkan untuk ditonton. Apalagi, tradisi Brasil di turnamen ini sangat kental. Mereka adalah kolektor lima Piala Dunia. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network