Menanti Grup Neraka? Inilah Pot Drawing Piala Dunia 2022

"Potensi tim-tim besar masuk grup yang sama sangat besar. Inilah analisisnya!"

Analisis | 31 March 2022, 19:11
Menanti Grup Neraka? Inilah Pot Drawing Piala Dunia 2022

Libero.id - Jelang drawing Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Doha, Qatar, Jumat (1/4/2022), malam WIB, pembagian pot telah dilakukan. Beberapa tim tradisional jadi unggulan. Sementara yang lainnya dianggap medioker.

Pot drawing Piala Dunia 2022 telah ditetapkan menyusul Meksiko dan Amerika Serikat yang memastikan lolos ke Qatar. AS lolos, meski dikalahkan Kosta Rika 0-2. Sementara Meksiko mengalahkan El Salvador 2-0. Keduanya akan berada di Pot 2. Sedangkan Kanada kehilangan tempat di Pot 3 setelah kalah dari Panama dan akan berada di Pot 4.

Meski beberapa konfederasi masih akan menggelar play-off, FIFA tetap mengumumkan daftar pot untuk drawing. Dalam daftar itu, ada beberapa tim besar yang tidak tergabung dalam satu pot. Artinya, pada Piala Dunia kali ini sangat berpotensi terciptanya grup neraka.

Pada Pot 1 dihuni tuan rumah Qatar, lima wakil Eropa  (Belgia, Prancis, Inggris, Spanyol, Portugal), dan dua wakil Amerika Selatan (Argentina dan Brasil). Pot 1 berdasarkan tujuh negara terkuat menurut Peringkat Dunia FIFA terbaru plus tuan rumah.

Pot lainnya diisi dalam urutan Peringkat Dunia FIFA. Sementara Pot 4 berisi lima negara dengan peringkat terendah bersama dengan pemenang dari tiga play-off yang tersisa (dua interzone dan satu UEFA yang melibatkan Ukraina, yang tertunda karena perang).

Pada Pot 2 juga terdiri dari lima wakil Eropa (Belanda, Denmark, Jerman, Kroasia, dan Swiss). Lalu, Uruguay menjadi satu-satunya wakil Amerika Selatan dan dua wakil CONCACAF (Meksiko dan Amerika Serikat).

Bagaimana dengan wakil-wakil Asia. Kecuali Qatar di Pot 1, empat wakil AFC tersebar di dua pot. Di Pot 3 terdapat Iran, Jepang, dan Korea Selatan. Sementara Arab Saudi ada di Pot 4. Begitu pula Australia atau Uni Emirat (UEA) jika mengalahkan Peru di play-off interzone.

Di Pot 3 dan Pot 4 juga terdapat semua wakil Afrika. Mereka adalah Senegal, Maroko, dan Tunisia di Pot 3, serta Kamerun dan Ghana di Pot 4.

Yang menarik adalah tidak adanya wakil Oceania yang langsung mendapatkan tiket otomatis ke Qatar. Selandia Baru, yang akan menjadi utusan OFC, harus melalui jalur play-off interzone melawan Kosta Rika (CONCACAF).

Berdasarkan aturan, nantinya satu tim dari empat pot akan berada di setiap grup. Dan, lima dari delapan grup akan memiliki maksimal dua tim Eropa, karena ada 13 tim yang lolos. Jadi, kecuali UEFA, tidak boleh ada lebih dari satu tim dari konfederasi yang sama.

Misalnya, AS tidak dapat bermain melawan Kanada. Kemudian, Brasil tidak dapat satu grup dengan Uruguay. Begitu pula Jepang dan Korea Selatan.

Mekanisme seperti ini juga berarti tim kelas berat seperti Jerman dan Belanda akan berhadapan dengan tim dari Pot 1. Itu artinya, mereka menghadapi kemungkinan besar grup yang sulit. Jadi, melihat pot yang telah ditetapkan peluang terciptanya grup neraka sangat besar.

Berikut daftar pot yang telah ditetapkan FIFA:

Pot 1: Qatar, Brasil, Belgia, Prancis, Argentina, Inggris, Spanyol, Portugal
Pot 2: Meksiko, Belanda, Denmark, Jerman, Uruguay, Swiss, Amerika Serikat, Kroasia
Pot 3: Senegal, Iran, Jepang, Maroko, Serbia, Polandia, Korea Selatan, Tunisia.
Pot 4: Kamerun, Kanada, Ekuador, Arab Saudi, Ghana, Wales/Skotlandia/Ukraina, Kosta Rika/Selandia Baru, Peru/Australia/Uni Emirat Arab

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network