Bagaimana Kariernya? 9 Pemain Arsenal yang Datang Bareng Mikel Arteta

"Nomor 3 kini menjadi andalan Real Betis."

Analisis | 29 March 2022, 00:13
Bagaimana Kariernya? 9 Pemain Arsenal yang Datang Bareng Mikel Arteta

Libero.id - Mikel Arteta yang dulunya merupakan gelandang andalan Arsenal kini menjadi juru taktik klub London Utara itu. Sosok penting The Gunners itu menghabiskan lima tahun bersama Arsenal sebagai pemain antara 2011 dan 2016.

The Gunners menggelontorkan 10 juta pounds /Rp 189 miliar untuk membeli Arteta dari Everton. Arteta kemudian menjadi pemain reguler selama tiga musim pertamanya di Emirates, mengangkat Piala FA berturut-turut sebagai kapten klub pada 2014 dan 2015.

Tapi, saat memboyong Arteta pada 2011, Arsene Wenger pada saat yang bersamaan memboyong sembilan pemain lainnya. Dan, inilah para pemain itu:

1. Carl Jenkinson

Salah satu dari banyak kisah sukses dari akademi Charlton, Arsenal merekrutnya setelah hanya membuat sembilan penampilan bersama The Addicks.

Namun, cedera menghalangi bek itu untuk memenuhi potensinya di London Utara. Dia mengalami hal serupa pada musim 2014/2015, meski menjalani musim sukses dengan status pinjaman bersama West Ham. Dia kembali menderita cedera ACL.

Jenkinson lalu pergi ketika kontraknya berakhir pada 2019. Bek sayap itu kemudian bergabung dengan Nottingham Forest, lalu berkiprah di klub Australia tiga tahun kemudian, yakni bergabung dengan Melbourne City dengan status pinjaman.

2. Jon Toral

Salah satu dari dua penandatanganan dari Barcelona 10 tahun lalu, aman untuk mengatakan karier Toral berjalan kurang sukses.

Dia tidak pernah membuat penampilan di tim utama The Gunners. Dia lebih banyak dipinjamkan ke Brentford, Birmingham, Granada, dan Rangers sebelum menandatangani kontrak permanen untuk Hull City pada 2017. Musim panas ini dia menandatangani kontrak dengan klub Yunani, OFI.

3. Hector Bellerin

Pemain kedua yang didatangkan dari La Masia, dan jelas sumbangsih Bellerin di Emirates jauh lebih besar daripada Toral.

Dia merupakan bek kanan yang potensial. Hanya saja cedera ACL yang diderita dalam bentrokan dengan Chelsea pada Januari 2019 membuatnya absen selama sembilan bulan.

Unai Emery bersikeras bahwa Bellerin akan “kembali lebih kuat”. Sayangnya, itu tidak terbukti.

Setelah berjuang untuk tampil konsisten di bawah Arteta, Bellerin dipinjamkan ke Real Betis pada musim panas 2021 untuk mencari awal yang baru, dan telah tampil cukup baik di tim asuhan Manuel Pellegrini.

4. Gervinho

Gervinho akan selalu diingat di antara penggemar Arsenal – baik atau buruk.

Didatangkan dengan harga lebih dari 10 juta pounds / Rp 189 miliar pada musim panas 2011, pemain asal Pantai Gading itu pergi hanya dua tahun kemudian.

“Wenger tidak pernah percaya kepada saya,” katanya kepada The Sun. “Frustrasi saya saat keluar dari Arsenal terlalu cepat. Saya meninggalkan klub yang saya cintai tanpa benar-benar menunjukkan betapa bagusnya saya. Saya senang saya pergi ke sana dan bisa bekerja dengan Wenger. Saya tidak pernah berpikir saya akan berhenti setelah hanya dua musim.”

5. Per Mertesacker
 
Mertesacker adalah salah satu bek terbaik yang dimiliki Arsenal sejak pindah ke Emirates. Bagian penting dari Arsenal yang memenangkan trofi, di mana kepemimpinan dan kecerdasannya di barisan pertahanan membuatnya banyak disukai.

Tapi, seperti yang lain, karier berubah seketika karena masalah cedera. Mertesacker sekarang menjadi kepala akademi di klub.

6. Alex Oxlade-Chamberlain

Arsenal menggelontorkan 12 juta pounds / Rp 227 miliar untuk talenta Southampton itu.

Chamberlain kemudian membuat 198 penampilan untuk The Gunners dalam enam tahun, membantu Arsenal meraih tiga Piala FA, dan tampil luar biasa di semifinal melawan Manchester City pada 2017.

Dia kemudian memenangkan Liga Premier dan Liga Champions dengan Liverpool mungkin sedikit menyakitkan.

7. Park Chu-young

Tidak diragukan lagi salah satu penandatanganan paling aneh dalam sejarah Arsenal. Setelah mengetahui minat Wenger, Chu-young dilaporkan melarikan diri dari tes medis dengan Lille, dan The Gunners akhirnya memberinya kaus No.9.

Yang terjadi selanjutnya adalah tiga musim, tujuh penampilan, dan hanya satu gol di London Utara. Chu-young mungkin tidak banyak berkontribusi di lapangan, tetapi Anda tentu saja memberikan banyak hiburan di luar lapangan.

8. Andre Santos

“Saya mencintai negara, Istanbul, dan orang-orang Turki,” kata Santos kepada wartawan saat dia meninggalkan Fenerbahce ke Arsenal. “Saya bisa kembali ke sini pada tahap akhir karier saya. Saya senang di Fenerbahce, tetapi saya melakukan hal yang benar untuk karier saya.”

Santos akhirnya membuat total 33 penampilan selama dua musim dengan The Gunners dan sebagian besar berakhir sebagai ejek-ejekan. Salah satu momen lucu Santos adalah saat bertukar kaus dengan Robin van Persie di babak pertama dalam bentrokan melawan Manchester United pada November 2012.

Tiga bulan setelah kejadian itu, dia dipinjamkan ke Gremio. Mantra di India, Swiss, dan kembali ke Turki diikuti, tetapi bek kiri itu sekarang menjadi pemain bebas transfer.

9. Joel Campbell

Kedatangan Campbell adalah sesuatu yang aneh. Resmi ditandatangani oleh Arsenal pada musim panas 2011 dari klub Kosta Rika, Deportivo Saprissa, dia baru mendapatkan izin kerja pada 2013.

Arsenal lalu meminjamkannya ke Lorient, Real Betis, dan Olympiacos. Sebelum Piala Dunia 2014, Wenger memberikan kesempatan kepada pemain sayap itu di tim utama, meskipun dia hanya membuat empat penampilan di musim berikutnya.

Di musim 2015/2016, dia tampil dalam 30 laga. Setelah itu, dia kembali dipinjamkan sebelum klub Italia, Frosinone, merekrutnya secara permanen.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network