Apakah Arsenal Menyesal Lepas Aubameyang ke Barcelona? Ini Analisisnya

"Berikut komentar Mikel Arteta."

Analisis | 28 March 2022, 14:43
Apakah Arsenal Menyesal Lepas Aubameyang ke Barcelona? Ini Analisisnya

Libero.id - Mantan penyerang Arsenal itu tampil sensasional bersama klub raksasa La Liga. Striker berpaspor Gabon itu mencetak delapan gol dalam 11 penampilan pertamanya.

“Hadiah dari surga.” Begitulah cara Pelatih Barcelona, Xavi, menggambarkan Pierre-Emerick Aubameyang awal bulan ini setelah awal yang sensasional di Spanyol.

Ketika Anda mempertimbangkan pemain internasional Gabon yang telah memulai karirnya di Barca dengan delapan gol dalam 11 penampilan, tidak mengherankan mendengar bahwa semua orang di Camp Nou senang dengan rekrutan anyar pada Januari 2022.

Pada akhir pekan, Aubameyang bahkan menandai debutnya di El Clasico dengan dua gol saat Barcelona bangkit mengejutkan pemimpin La Liga dengan kemenangan 4-0 di Bernabeu.

Itu adalah kemenangan yang menjadi berita utama di seluruh dunia dan disebut 'hadiah dari surga' oleh Xavi.

"Halo dari pemain yang sudah jadi," Aubameyang memposting di media sosial setelah kemenangan malam itu.

Aubameyang tampak memberikan pesan yang jelas bagi mereka yang percaya kepadanya menyusul kesulitan di Arsenal selama paruh pertama musim. Senyumnya kembali dan gol-gol Aubameyang terus mengalir.

Jadi, apakah Arsenal melakukan kesalahan besar dengan melepasnya pada Januari? Jawaban sederhananya adalah tidak.

Faktanya ini adalah salah satu kesempatan langka ketika transfer berhasil dengan sempurna untuk semua pihak.

Aubameyang mendapatkan kembali semangatnya, terlebih Barcelona menempatkan diri mereka sebagai striker top. Sedangkan Arsenal telah meningkat pesat tanpa kehadirannya.

Apakah itu tetap terjadi di Arsenal masih harus dilihat, karena pertanyaan pasti akan ditanyakan tentang kebijaksanaan membiarkan Aubameyang pergi jika mereka terus kehilangan kualifikasi Liga Champions selama 10 pertandingan terakhir musim ini.

Namun, untuk saat ini ada keyakinan kuat di klub London Utara bahwa keputusan itu benar.

“Saya sangat berterima kasih atas apa yang telah dilakukan Auba,” kata Mikel Arteta setelah kepergian Aubameyang.

“Cara saya melihat diri saya dalam hubungan itu adalah solusi, bukan masalahnya. Saya sudah menjadi solusinya, 100 persen. Saya bisa menatap mata siapa pun."

“Niatnya sepanjang waktu adalah yang terbaik dan bukan untuk saya, itu untuk klub dan tim."

“Anda harus membuat keputusan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah membiarkan dia pindah dan sekarang dia bermain untuk Barcelona. Itu berakhir dengan cara terbaik untuk semua orang, dan saya yakin itu.”

Memang sulit memikirkan banyak transfer yang akhirnya menyenangkan semua pihak.

Sudah jelas memasuki jendela transfer bahwa waktunya bersama The Gunners telah berakhir.
Dia diasingkan oleh Arteta menyusul pelanggaran disiplin yang dilakukan. Fakta itu membuatnya tidak tampil sejak kekalahan 2-1 di Everton pada 6 Desember 2021.

Ketika Januari tiba, itu hanya kasus mencoba mencarikan sang striker klub baru. Sepertinya upaya Arsenal untuk menemukan penawar tidak berhasil seiring berjalannya bulan, namun Barcelona memulai penawaran di beberapa hari tersisa.

Saat tenggat waktu semakin dekat, pembicaraan semakin intensif.  Mereka awalnya menawar sebagai pemain pinjaman, namun diskusi beralih ke kesepakatan permanen di jam-jam terakhir jendela karena ketidaksepakatan tentang berapa persentase gaji Aubameyang yang akan ditanggung Barcelona.

Ketika kesepakatan akhirnya diumumkan, ada banyak kejutan bahwa Arsenal akhirnya melepaskan Aubameyang dari kontraknya 18 bulan lebih awal dan memberikannya dengan status bebas transfer.

The Gunners lebih dari puas dengan hasil itu.  Mereka mungkin tidak menerima biaya transfer untuk mantan kapten mereka, tetapi mereka telah menghemat gaji hingga 18 juta pounds (Rp 340 miliar) dan membebaskan diri dari masalah yang mereka pikir harus mereka ulangi di musim panas.

“Kami mendoakan yang terbaik untuknya,” kata Arteta. “Saya lebih suka melihat semua hal indah dan saat-saat indah yang kami miliki."

"Penting untuk belajar dan melihat kembali apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik, terutama dari sisi saya."

“Saya pikir skuad ini sangat pengertian, mereka tahu apa yang terjadi dan itu adalah solusi yang baik untuk semua orang.”

Untuk alasan apa pun jelas bahwa Aubameyang telah kehilangan semangatnya di Arsenal.
Permainannya sebelum pindah sangat tidak merata dan peluang besar terbuang sia-sia yang biasanya Anda harapkan dia manfaatkan menjadi gol dengan mudah.

Dalam 40 pertandingan terakhirnya untuk The Gunners di semua kompetisi, dia gagal mencetak gol dalam 28 pertandingan di antaranya.

Dan, orang-orang di sekitarnya juga kesulitan untuk mencetak gol ketika dia menjadi pemain yang memimpin serangan Arteta.

Namun, banyak hal telah berubah secara dramatis sejak kekalahan Arsenal di Goodison Park pada Desember. Itu merupakam penampilan terakhir Aubameyang.

Anak asuh Arteta telah mengamankan 31 poin dari kemungkinan 39 di Liga Premier, hanya kalah dua kali dari Manchester City dan Liverpool.

Arsenal rata-rata hanya mencetak 1,2 gol per pertandingan sebelum penampilan terakhir Aubameyang di Everton. Sejak itu, dengan Alexandre Lacazette bermain sebagai penyerang tengah, rata-rata mereka mencetak 2,0 per pertandingan.

Mereka juga rata-rata melepaskan lebih banyak tembakan (16,8 berbanding 14,0), lebih banyak tembakan tepat sasaran (5,4 berbanding 4,8) dan lebih banyak sentuhan di kotak lawan (31,8 berbanding 23,1).

Penguasaan bola meningkat menjadi 54,0 persen dibandingkan dengan 49,1%. Paling penting mereka sekarang rata-rata mendapatkan 2,4 poin per game, dibandingkan dengan hanya 1,5 sebelumnya.

Peningkatan ini dilihat semua orang dan statistik melukiskan gambaran yang sama ketika Anda melihat hasil pribadi Aubameyang sebelum dan sesudah kepindahannya.

Di semua kompetisi musim ini, dia mencetak rata-rata 0,6 gol per 90 menit untuk Arsenal, tapi itu naik menjadi 1,1 dengan Barcelona.

Dia mengambil lebih banyak tembakan (4,0 dibandingkan dengan 3,2), memiliki lebih banyak sentuhan di kotak lawan (6,7 dibandingkan dengan 4,7) dan tingkat konversi tembakannya meningkat dari hanya 18% menjadi 28,1%.

Tapi, bukan apa yang dia lakukan di lapangan bersama Barcelona yang menarik perhatian, dia juga mengejutkan semua orang di belakang layar.

Staf di raksasa Spanyol sangat terkesan dengan bagaimana dia beradaptasi dengan lingkungan barunya, cara dia mendekati pelatihan, dan pekerjaan yang dia lakukan.

Pergantian tersebut telah memberi Aubameyang kesempatan dengan hidup barunya di Barcelona yang kini menuai keuntungan dengan memiliki salah satu striker paling produktif di Eropa yang memimpin serangan mereka.

“Terkadang semua orang mendapat manfaat dari perpisahan,” kata Aubameyang di media sosial awal bulan ini. “Hal yang paling penting adalah bahwa semua orang bahagia sekarang.”

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network