Benarkah Arsenal Tim Paling Kotor di Inggris, atau Wasit yang Salah? Ini Analisisnya

"Konon, Arsenal sering bermain kaxsar. Benarkah? Berikut ini faktanya."

Analisis | 17 February 2022, 19:52
Benarkah Arsenal Tim Paling Kotor di Inggris, atau Wasit yang Salah? Ini Analisisnya

Libero.id - Arsenal telah menerima empat kartu merah sejak pergantian tahun. Dan, Mikel Arteta percaya bahwa para pemainnya diperlakukan tidak adil. Apakah itu semacam sentimen negatif wasit kepada The Gunners? Berikut ini analisis obyektifnya!

Ketika Gabriel Martinelli mendapat kartu merah saat melawan Wolverhampton Wanderers, pekan lalu, dia menjadi pemain Arsenal ke-12 yang diusir wasit di Liga Premier sejak Arteta menjadi pelatih pada Desember 2019. Tidak ada tim lain di papan atas Inggris yang memiliki lebih dari tujuh pemain yang dikeluarkan wasit selama jangka waktu yang sama.

Tapi, apakah Arsenal benar-benar tim paling kotor di liga? Atau, apakah mereka menjadi sasaran yang tidak adil oleh para pengadilan lapangan?

"Anda (media) bertanya kepada saya apakah saya senang dengan catatan yang kami miliki musim ini? Saya tidak senang sama sekali. Tapi, itu adalah percakapan yang akan saya lakukan dengan para wasit secara pribadi," kata Arteta menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kartu merah The Gunners, dilansir Goal UK.

"Kami butuh penjelasan. Kami membutuhkan penjelasan untuk hal-hal yang terjadi dengan VAR, dan saya membutuhkan penjelasan atas apa yang terjadi (khususnya saat melawan Wolves). Percakapan itu akan segera terjadi," tambah pelatih asal Spanyol tersebut.

Ketika anda melihat statistik dibalik catatan disiplin Arsenal yang buruk dibawah Arteta, mudah untuk melihat mengapa dirinya merasa diperlakukan tidak adil oleh korps baju hitam.

Sejak pertandingan pertamanya sebagai pelatih dan melakukan tandang di Bournemouth pada Boxing Day 2019, Arsenal telah melakukan 785 pelanggaran di Liga Premier dan mendapatkan 12 kartu merah. Jika di rata-rata, mereka menerima kartu merah setiap 65,4 pelanggaran yang dilakukan.

Perbandingannya, Burnley telah melakukan 804 pelanggaran selama rentang waktu yang sama dan belum mendapat satu kartu merah pun. Sementara Liverpool hanya memiliki satu pemain yang diusir keluar lapangan meski melakukan 820 pelanggaran. 

Ada lagi Manchester United yang mendapatkan tiga kartu merah dari 934 pelanggaran. Sementara Tottenham Hotspur telah melihat tiga pemain dikeluarkan wasit dari 908 pelanggaran yang dilakukan.

Tentu saja, jumlah pelanggaran yang dilakukan tidak secara langsung berkorelasi dengan kartu merah. Itu karena semuanya tergantung pada insiden yang menyebabkan wasit mengambil tindakan. Tapi, apa yang ditunjukkan oleh angka-angka itu setidaknya bisa menyimpulkan bahwa Arsenal bukan "tim kotor".

Untuk memberi sudut pandang lain, dari semua tim yang tetap bertahan di Liga Premier sejak Arteta ditunjuk, hanya Manchester City (756) yang melakukan lebih sedikit pelanggaran dibandingkan Arsenal (785).

Hanya saja ketika Arsenal melakukannya, mereka cenderung mendapatkan teguran dengan keteraturan yang jauh lebih besar daripada tim lain. Misalnya, sejak Arteta menggantikan Unai Emery di Emirates Stadium, Liverpool mendapat kartu kuning atau merah sekali setiap 8,91 pelanggaran, meski rata-rata kartu merah terjadi setiap 5,73 pelanggaran.

Jadi, mudah untuk melihat mengapa banyak penggemar Arsenal yang frustrasi. Fans bertanya mengapa pemain mendapat kartu merah untuk pelanggaran yang relatif kecil, tapi tim lain lolos dari sanksi berat untuk pelanggaran yang jauh lebih buruk.

Contohnya saat kaki Ben Godfrey ada di wajah Takehiro Tomiyasu dalam pertandingan Arsenal melawan Everton di Goodison Park. Entah bagaimana, bek The Toffees tersebut tetap diizinkan berada di lapangan. Bahkan, setelah wasit melihat VAR.

Pemain Crystal Palace, James McArthur, juga melakukan tendangan kepada Bukayo Saka saat bermain imbang. Uniknya, McArthur hanya menerima kartu kuning. Lalu, dalam pertemuan dengan Man City pada Tahun Baru 2022, Martin Odegaard tidak mendapat penalti setelah dijegal Ederson Moraes.

Semua insiden ini telah menyebabkan rasa ketidakadilan yang nyata di skuad Arsenal. Tapi, para pemain memiliki hak untuk merasa dirugikan pada waktu tertentu. Mereka juga harus menerima tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan di lapangan.

Gabriel Magalhaes misalnya, mendapatkan dua kartu kuning dalam beberapa menit setelah keputusan penalti saat bermain melawan Man City. Itu adalah kartu merah yang bisa dihindari. Seperti yang dilakukan Xhaka saat bermain melawan Liverpool di leg pertama semifinal Piala Liga, ketika dikeluarkan wasit karena pelanggaran profesional terhadap Diogo Jota. 

Thomas Partey juga mendapat kartu merah lagi karena mengumpulkan dua kartu kuning dalam waktu singkat. Kartu kuning pertama bisa diperdebatkan. Tapi, dia sangat naif untuk mengulanginya lagi segera setelah kartu kuning pertama. Hal yang sama berlaku untuk Martinelli saat melawan Wolves.

"Kami tahu bahwa bermain dengan 10 orang di liga ini tidak mudah. Kami tahu kami tidak akan mendapatkan poin yang kami inginkan jika kami terus mendapatkannya (kartu merah). Jadi, harus kita hentikan," ucap Arteta.

"Tapi, jujur saja, sulit untuk menemukan lebih banyak argumen dan lebih banyak cara untuk menularkannya kepada para pemain. Semua orang mengatakan itu adalah tim paling disiplin yang pernah mereka lihat dalam 15 tahun terakhir. Tapi, kami mendapatkan kartu merah untuk hal-hal lain," tambah Arteta.

Dari 12 kartu merah yang diberikan kepada Arsenal di bawah Arteta di liga, hanya tiga kartu merah yang langsung dikeluarkan karena tekel yang buruk. Ada dua kejadian yang disebut tindakan kekerasan. Itu saat Nicolas Pepe melawan Leeds United dan Xhaka melawan Burnley. Sisanya, pelanggaran profesional atau handball yang disengaja.

Jadi, jelas bahwa Arsenal bukan tim paling kotor di Lig Premier. Dan, mereka juga memiliki alasan yang dapat dibenarkan untuk merasa seolah-olah telah menjadi korban dari beberapa hal buruk wasit.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network