Kisah Pelatih Sierra Leone Diancam Dibunuh saat Umumkan Skuad Piala Afrika 2021

"Sedih mendengarnya."

Analisis | 05 January 2022, 16:31
Kisah Pelatih Sierra Leone Diancam Dibunuh saat Umumkan Skuad Piala Afrika 2021

Libero.id - Selalu ada hal yang jarang terungkap ke permukaan dalam sebuah kisah sepakbola. Misalnya jelang perhelatan paling besar seantero Benua Afrika, apalagi kalau bukan Piala Afrika 2021. Ternyata, ada hal menarik sekaligus miris yang jarang diketahui.

Ini adalah kisah dari John Keister, pelatih timnas Sierra Leone, negara kecil di Afrika Barat yang akan berkiprah di Piala Afrika saat Kamerun ditunjuk sebagai tuan rumah.

Keister mengatakan dia menerima ancaman pembunuhan setelah mengumumkan komposisi skuad yang akan dibawanya ke Piala Afrika tahun ini.

Pria berusia 51 tahun itu menerima dua ancaman - mengenai masuknya pemain tertentu - sehari sebelum mengumumkan 28 pemainnya dan melaporkannya ke kepolisian setempat.

"Saya pikir sangat menyedihkan bahwa harus sampai seperti ini," kata Keister yang lahir di Manchester kepada BBC Sport Africa. "Apa pun jalan hidup yang Anda jalani, tidak ada yang pantas mendapatkannya."

"Saya tidak berpikir itu harus sampai pada titik di mana hidup saya terancam karena orang merasa pemain tertentu harus ada di (skuad) - dan jika tidak, inilah yang akan mereka lakukan," tambah Keister.

Keister sendiri dulunya seorang pesepakbola yang tampil untuk beberapa klub Inggris, termasuk Walsall dan klub non-liga, Margate, serta menjadi andalan timnas Sierra Leone antara 1997 dan 2003.
Keister kembali ke Sierra Leone sebagai pelatih tim nasional dan telah memimpin Leone Stars menduduki peringkat 108 dunia. Dan, pada ajang Piala Afrika kali ini, merupakan kali pertama sejak terakhir mereka berpartisipasi pada 1996.

"Kami telah menempuh perjalanan jauh, (jadi) tidak ada alasan untuk (ancaman pembunuhan)," tambah Keister.

"Saya punya keluarga, saya menjaga anak-anak ini dan saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Itu membuat saya marah dan bagi saya, dari mana saya berasal dan latar belakang saya, saya merasa ada sesuatu yang perlu saya lakukan tentang hal itu," ujarnya seperti curhat.

Skuad besutan Kiester, meliputi bek yang malang melintang di Liga Inggris, Steven Caulker, dan mantan striker Middlesbrough, Kei Kamara.

Pada laga perdana, Sierra Leone menghadapi juara bertahan Aljazair. Lalu, Pantai Gading dan Guinea, yang semuanya tergabung di Grup E. Lantas bagaimanakah kiprah Sierra Leone di bawah pelatih John Keister, pelatih yang terancam dibunuh karena pilihannya terhadap komposisi pemain.

Menarik untuk dinantikan.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network