5 Pemain Top yang Pernah Main untuk Madrid dan PSG

"Nomor 3 paling emosional setelah menjadi kapten sebelumnya."

Analisis | 27 December 2021, 14:46
5 Pemain Top yang Pernah Main untuk Madrid dan PSG

Libero.id - Real Madrid akan bertemu Paris Saint-Germain dalam pertandingan 16 besar Liga Champions 2021/2022. Bentrokan antara dua raksasa Eropa ini menjadi pertandingan yang mencolok dari babak sistem gugur.

Ini bukan pertama kalinya Madrid dan PSG akan saling berhadapan di kompetisi ini. Madrid memiliki keunggulan head to head 4-3 melawan Les Parisiens di Liga Champions.

Kedua tim memang bermain bagus di liga masing-masing. Sementara Madrid menjadi pemimpin di La Liga dan PSG begitu dominan di Ligue 1 musim ini. Los Blancos sudah menjadi kekuatan di sepakbola Eropa, sementara PSG adalah negara adidaya dengan sepakbola yang sedang naik daun.

Lionel Messi akan kembali ke Spanyol untuk pertandingan yang sangat dinanti melawan musuh yang sudah tidak asing lagi. Bagi beberapa pemain, pertandingan ini akan menjadi reuni dengan mantan rekan setimnya.

Dengan panggung yang ditetapkan untuk pertandingan babak 16 besar dua leg yang menarik antara kedua tim, kami melihat ada lima pemain yang pernah tampil untuk kedua klub.

#5 Claude Makelele | Real Madrid 2000-2003; PSG 2008-2011

Claude Makelele sering dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik dalam sejarah. Dia dikreditkan dengan mendefinisikan kembali peran gelandang bertahan selama kariernya di Chelsea.

Kepindahan pemain Prancis itu ke Madrid pada musim panas 2000 memang agak kontroversial. Itu karena dia menolak untuk berlatih dengan Celta Vigo dan memaksa melakukan transfer ke raksasa Madrid.

Dia bergabung dengan Madrid seharga 14 juta euro (Rp 226 miliar), angka yang termasuk murah. Dia kemudian memenangkan tujuh trofi bersama raksasa La Liga, termasuk trofi Liga Champions pada 2002.

Makelele meninggalkan Madrid pada 2003 untuk bergabung dengan Chelsea. Setelah menjalankan tugas lima tahun yang sukses di Liga Premier, dia menandatangani kontrak dengan PSG pada 2008.

Meskipun dia tidak memiliki karier yang sarat trofi bersama Les Parisiens, Makelele memenangkan Coupe de France bersama mereka sebelum pensiun pada 2011.

#4 Gabriel Heinze | PSG 2001-2004; Real Madrid 2007-2009

Gabriel Heinze adalah satu-satunya pengecualian dalam daftar ini yang bermain untuk PSG terlebih dahulu, kemudian bergabung dengan Real Madrid. Bek Argentina, yang sebagian besar bermain sebagai bek kiri, pernah bermain di kedua klub. Dia menghabiskan tiga musim bersama PSG dan dua musim di Madrid.

Dia mencetak gol penalti dalam drama adu penalti di semifinal Coupe de France 2003/2004 melawan FC Nantes. Heinze membantu PSG memenangkan satu trofi, yang merupakan trofi pertama mereka di abad ke-21.

Namun, dia gagal masuk ke tim utama Madrid meskipun membuat 44 penampilan di La Liga dalam dua musim. Dia memenangkan La Liga di musim debutnya. Setelah hanya dua musim di Madrid, dia kembali ke Ligue 1 bersama Marseille.

# 3 Sergio Ramos | Real Madrid 2005 - 2021; PSG 2021 - sekarang

Produk akademi Sevilla itu mengalami cedera pada tahun ini. Sejak transfer gratisnya ke PSG, sejauh ini dia baru tampil satu kali.

Dia menikmati tugasnya selama 16 tahun bersama Real Madrid, di mana dia membuktikan dirinya sebagai salah satu bek terhebat di generasinya. Terlepas dari kemampuan defensifnya, dia juga terkenal karena memiliki kemampuan mencetak gol-gol penting.

Pertandingan melawan klub yang dibelanya dengan empat kemenangan di Liga Champions tentunya akan menjadi pertandingan yang emosional bagi pemain asal Spanyol itu.

Namun, dia telah menegaskan bahwa dia siap untuk tampil maksimal untuk PSG, seperti yang dia lakukan saat bermain untuk Real Madrid.

#2 Keylor Navas | Real Madrid 2014 - 2019; PSG 2019 - sekarang

Pahlawan Liga Champions lainnya yang beralih kesetiaan dari Real Madrid ke PSG adalah kiper Kosta Rika, Keylor Navas. Navas menjadi banyak perbincangan setelah penampilan yang mengesankan di Piala Dunia 2014. Dia memiliki tiga clean sheet saat Kosta Rika secara tak terduga mencapai delapan besar Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Navas sebelumnya memenangkan penghargaan LFP Goalkeeper of the year La Liga musim 2013/2014 bersama Levante. Eksploitasinya di Piala Dunia musim panas itu membuatnya pindah ke Santiago Bernabeu. Navas awalnya sempat memainkan dua pertandingan bersama Los Blancos di musim pertamanya dan terus menjadi pilihan utama di depan Iker Casillas saat Jose Mourinho melatih Madrid.

Dalam tugas lima tahun dengan klub, Navas mengumpulkan 12 piala. Dia bergabung dengan PSG pada 2019, dan merupakan bagian dari tim yang berhasil mencapai final Liga Champions, namun kalah 1-0 dari Bayern Muenchen.

Dia terus memenangkan trofi bersama raksasa Ligue 1. Dia berharap bisa melakukan perubahan yang positif di bawah gawang saat melawan mantan klubnya.

#1 Angel di Maria | Real Madrid 2010 - 2014; PSG 2015 - sekarang

Angel di Maria menjadi pemain yang sangat konsisten sepanjang kariernya, kecuali kepindahannya ke Manchester United pada 2014. Dia dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia selama mantranya di Real Madrid. Dengan kecepatan, keterampilan, dan visinya, Di Maria menjadi pemain kunci di klub.

Kemampuan passingnya di sepertiga akhir lapangan membantunya mengumpulkan banyak assist. Di Maria menjadi salah satu pemberi assist terbaik dalam sejarah klub dan negara. Dia memenangkan Liga Champions bersama Los Blancos pada 2014. Meskipun dia telah memenangkan banyak trofi sejak bergabung dengan PSG, gelar Liga Champions masih menjadi impian yang ingin dikejar.

Dengan bermain bersama Lionel Messi dan Ramos di sisinya sekarang, Di Maria mungkin memiliki peluang untuk mengangkat trofi lagi. Namun, dia menghadapi tantangan berat dari mantan timnya pada Februari 2022.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network