Inilah Peringkatnya! 15 Transfer Aneh West Ham United di Era Liga Premier

"Meski sudah pindah ke stadion besar, prestasi West Ham tetap saja belum datang. Salah satu penyebabnya manajemen transfer yang buruk."

Feature | 06 February 2021, 13:53
Inilah Peringkatnya! 15 Transfer Aneh West Ham United di Era Liga Premier

Libero.id - West Ham United dikenal sebagai klub medioker di era Liga Premier. Meski The Hammers sudah pindah ke stadion yang lebih besar, prestasi tetap saja belum datang. Konon, salah satu penyebabnya manajemen transfer yang buruk.

Status West Ham pada era modern tentu saja berbanding 180 derajat dengan masa lalu. Klub ini didirikan pada 1895 sebagai Thames Ironworks FC dan direformasi pada 1900 sebagai West Ham United. Mereka pindah ke Boleyn Ground pada 1904 dan menjadi rumah mereka selama lebih dari satu abad sebelum hijrah ke London Olympic Stadium.

Tim ini awalnya berkompetisi di Liga Selatan dan Liga Barat sebelum bergabung dengan Football League pada 1919. West Ham dipromosikan ke divisi teratas pada 1923. Di tahun itu, mereka menjadi runner-up Piala FA.

Selanjutnya, West Ham telah tiga kali menjadi pemenang Piala FA, yaitu 1963/1964, 1974/1975, dan 1989/1980. Klub ini juga telah mencapai dua final utama kompetisi Eropa. West Ham memenangkan Piala Winners 1964/1965 dan runner-up 1975/1976.

West Ham punya 3 pemain yang berstatus anggota tim nasional Inggris pemenang Piala Dunia 1966. Mereka adalah Bobby Moore, Geoff Hurst, dan Martin Peters. Mereka ada pemain-pemain yang ikut membantu The Hammers menjadi tim yang tangguh pada 1960-an.

Namun, semuanya berubah di era Liga Premier. West Ham menjelma menjadi tim medioker. Mereka sangat rajin naik turun dari kasta teratas ke kasta kedua, dan sebaliknya. Salah satu penyebabnya transfer yang kurang buruk akibat tidak adanya dana.

Berikut ini peringkat 15 transfer aneh yang pernah dikerjakan manajemen The Hammers pada era Liga Premier:


15. Kepa Blanco

Blanco dibawa oleh Alan Curbishley pada Januari 2007 dengan status pinjaman dari Sevilla. Dia langsung mencetak gol pada debutnya. Tapi, setelah itu Curbishley baru ingat jika di lini depan ada Carlos Tevez. Pemain asal Spanyol itu lalu bermain 7 pertandingan lagi dan setelah itu dikembalikan ke klub asalnya, Sevilla, sebelum bergabung dengan Getafe.


14. Ruud Boffin

Libero.id

Kredit: instagram.com/boffin.25

Boffin adalah penjaga gawang dari Belgia. Dia menandatangani kontrak dengan West Ham pada 1 September 2010, dengan durasi 2 tahun. Dia bergabung bersama rekan baru lainnya, Lars Jacobsen. Boffin direncanakan sebagai deputi Robert Green sehingga baru melakukan debut pada 18 Desember 2010, saat bermain imbang 1-1 Blackburn Rovers.

Ternyata, itu menjadi satu-satunya laga Boffin. Pada April 2012 setelah Stephen Henderson didatangkan untuk menjadi kiper kedua, kontrak Boffin dibatalkan dengan persetujuan bersama.  Boffin membuat 1 penampilan Liga Premier dan 2 di Piala Liga untuk West Ham.


13. Gabor Kiraly

Libero.id

Kredit: twitter.com/westham

Bagaimana mungkin sebuah klub hanya meminjam pemain untuk 2 minggu? Jawaban itu ada pada Kialy pada 2006. Saat itu, dia menjalani masa peminjaman 2 pekan. Itu dari pertengahan November hingga awal Desember. Tentu saja tidak ada yang bisa dilakukan legenda Hungaria itu selamin duduk di bench pada 3 pertandingan yang dijalani The Hammers.


12. Brent Rahim

Banyak pendukung West Ham yang lupa pernah memiliki seorang pemain tengah dari Trinidad and Tobago. Itu masuk akal karena Rahim dipinjam West Ham dari Levski Sofia pada 2002. Hasilnya, tidak ada yang pernah melihat Rahim bermain di lapangan. 


11. Paulo Futre

Libero.id

Kredit: whufc.com

Datang ke Inggris setelah bergelimang trofi di Portugal, Spanyol, dan Italia membuat Futre besar kepada ketika dikontrak West Ham dengan durasi hanya 1 tahun pada 1996/1997. Dia menolak bermain hingga klub memberinya nomor punggung 10. 

Lalu, dari mana Futre mendapatkan nomor keramat tersebut? Dia memperolehnya dari John Moncur. Gelandang yang memiliki 176 penampilan dan 13 gol untuk The Hammers di Liga Premier itu baru bersedia menyerahkan nomor punggung 10 setelah diberi kompensasi liburan di vila mewah milik Futre di Portugal.


10. Walter Lopez

Lopez dikontrak West Ham pada 5 September 2008. Saat bergabung, dia digambarkan oleh pelatih sementara The Hammers, Kevin Keen, sebagai pemain hebat. "Dia bek sayap yang sangat menyerang yang bisa maju. Seperti David di Michele, dia adalah pemain tipe West Ham lainnya yang mudah-mudahan akan menunjukkan kepada semua orang di klub apa yang bisa dia lakukan," kata Keen.

Lopez membuat debut Liga Premier sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 1-0 West Ham atas Manchester City, 1 Maret 2009.  Tapi, dia gagal mengokohkan tempat di tim utama karena kehadiran pemain asal Kongo, Hérita Ilunga. Setelah membuat 5 penampilan sebagai pemain pengganti, kontrak Lopez diputus pada pada akhir musim 2008/2009.


9. Terry Dixon

Bagaimana mungkin manajemen klub profesional mengontrak pemain yang sedang cedera lutut? Hal langka itu benar-benar terjadi ketika West Ham mendatangkan Dixon dari Tottenham Hotspur pada musim dingin 2009. Hasilnya bisa diprediksi. Dia meninggalkan West Ham 1,5 tahun kemudian tanpa bermain di laga resmi.


8. Bernard Lama

Alvaro Arbeloa bukanlah pemenang Piala Dunia pertama yang bermain untuk West Ham. Faktanya, Lama mungkin saja tidak akan masuk skuad Prancis pada Piala Dunia 1998 jika bukan karena masa peminjaman diangkatnya di Upton Park pada 1997/1998.

Cerita aneh itu berawal 6 bulan sebelum Piala Dunia. Saat itu, Lama baru selesai menjalani hukuman larangan bermain karena mengonsumsi ganja. Ketika hukuman itu selesai, Christophe Revault telah menjadi kiper utama Paris Saint-Germain. Akibatnya, Lama harus menerima kenyataan duduk lebih lama di bench.

Tidak ingin kesempatan bermain di Piala Dunia menguap, Lama meminta dipinjamkan ke West Ham selama 6 bulan. Meski dikontrak sejak 21 Desember 1997, dia tidak bermain sampai 2 Maret 1998 saat melawan Arsenal. Dia menyelesaikan musim itu dengan 12 penampilan dan secara mengejutkan terpilih membela Les Bleus ke Piala Dunia.


7. Doneil Henry

Libero.id

Kredit: whufc.com

Setelah menjalani dua kali latihan dengan West Ham, Henry direkomendasikan kepada Sam Allardyce oleh Ryan Nelsen untuk dikontrak. Dia menandatangani kontrak pada 3 Januari 2015. Dia melakukan debut pada 6 Agustus 2015 dengan kekalahan 1-2 dari klub Rumania, FC Astra, di babak kualifikasi Liga Eropa. Itu adalah satu-satunya penampilan Henry sebelum pergi pada Desember 2017.


6. Dieter Eckstein

Datang dari Schalke 04 pada 1995, banyak pendukung West Ham yang lupa pernah memiliki pemain dari Jerman bernama Eckstein. Veteran Olimpiade 1988 itu bermain nol menit untuk West Ham. Dia tiba sebagai salah satu pemain pertama di era kepelatihan Harry Redknapp.


5. Abdul Razak

Saat perjuangan Anzhi Makhachkala dimulai pada musim 2013/2014, talenta terbaik mereka diambil dengan harga murah. Chelsea membawa Willian dan Samuel Eto'o. Dynamo Moscow mampu menambahkan Christopher Samba ke dalam skuad. Ada lagi Lacina Traore yang melompat ke AS Monaco.

Nah, West Ham tidak mau ketinggalan. Mereka mendatangkan Razak. Pemain Pantai Gading itu berasal dari Akademi Manchester City. Dia hanya bermain 11 kali untuk Anzhi sebelum bergabung ke West Ham. Akibatnya, Razak hanya menjadi pemanis bangku cadangan tanpa pernah bermain sekalipun.


4. Joey Beauchamp

Beauchamp dijual Oxford United ke West Ham pada 1994 dengan rekor klub 1,2 juta pounds. Tapi, dia tidak bertahan lama. Dia tidak memainkan satu pun pertandingan kompetitif untuk The Hammers.

Beauchamp mengaku tidak tahan dengan kemacetan lalu lintas dalam perjalanan dari Oxford ke London Timur setiap hari untuk berlatih di West Ham. Akibatnya, dia hanya bertahan 58 hari sebelum akhirnya dijual ke Swindon Town dengan biaya gabungan rekor klub sebesar 800.000 pounds. Transfer termasuk Adrian Whitbread, yang dihargai 750.000 pounds, dalam kesepakatan itu.


3. Peter Shilton

Salah satu bagian bisnis gila Harry Redknapp pada pertengahan 1990-an ketika merekrut Shilton. Dia adalah kiper yang hanya 2 tahun lebih muda dari sang pelatih. Redknapp pensiun sebagai pemain sepakbola pada 1982 dan mengontrak Shilton pada 1996. Semua orang Inggris tahu Shilton adalah legenda. Tapi, dia datang ke West Ham di waktu yang salah. Dia berusia 42 tahun saat itu.


2. Javier Margas

Didatangkan setelah Piala Dunia 1998, bek tengah asal Chile itu tiba-tiba menghilang tanpa jejak di awal karier bersama West Ham. Lalu, tiba-tiba dia datang untuk menunjukkan loyalitas kepada The Hammers dengan mewarnai rambutnya seperti warna jersey klub. Meski merumput 3 tahun, Margas hanya merumput 24 kali.

Selain rambut anehnya, hal lain yang justru dikenang fans West Ham dari Margas adalah keputusannya menghabiskan 13 juta peso untuk sebuah mobil lapis baja yang pernah dimiliki oleh Jenderal Augusto Pinochet. Margas mengaku sebagai pengagum berat mantan diktaktor militer Chile itu.


1. Savio Nsereko

Pada 26 Januari 2009, Nsereko menandatangani kontrak dengan West Ham dengan biaya yang dirahasiakan. Diperkirakan berada di wilayah 9 juta pounds tergantung pada penampilan dan faktor lainnya. Dia dikontrak 4,5 tahun dan diberi nomor punggung 10, menyusul kepergian Craig Bellamy ke Manchester City.

Namun, bukan prestasi yang dikenang suporter dari pemain yang merumput 10 kali untuk The Hammers sepanjang 2009 itu. Fans justru mengenang ketika Nsereko ditangkap oleh Polisi Thailand di Pattaya atas tuduhan penculikan palsu. Dia dilaporkan berusaha memeras 25.000 euro kepada  keluarganya dengan memberi tahu mereka bahwa dia telah diculik dan menuntut uang tebusan.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan West Ham


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network