Profil Frank Wormuth, Pria Jerman yang Akan Bantu Bima Sakti di Piala Dunia U-17 2023

"Semoga berhasil menjalankan tugas."

Feature | 23 July 2023, 17:20
Profil Frank Wormuth, Pria Jerman yang Akan Bantu Bima Sakti di Piala Dunia U-17 2023

Libero.id - PSSI baru saja mengumumkan nama baru untuk posisi yang disebut sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17 pada Minggu (23/7). Sosok itu adalah Frank Wormuth, pria yang memiliki pengalaman melatih di Jerman dan juga Belanda.

Dalam karier kepelatihannya Frank Wormuth tercatat pernah melatih FC Groningen dan bahkan juga pernah menjadi manajer Timnas U-20 Jerman selama 2010-2016.

Berdasarkan pengalamannya itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tanpa ragu menyatakan bahwa penunjukan Wormuth sebagai konsultan pelatih Timnas U-17 akan mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim menuju Piala Dunia U-17 2023.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi Coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini jangka waktu 4 bulan, hingga Piala Dunia U-17. Kami akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun 'Garuda Muda'," ujar Erick Thohir dilansir d dari situs web resmi PSSI.

Dalam kontrak selama empat bulan,  Frank Wormuth akan melakukan pentahapan untuk membangun Timnas U-17.

Tujuannya agar siap bersaing dengan 24 negara lainnya di Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Frank Wormuth pernah bekerja sebagai instruktur pelatih PSSI Jerman selama 10 tahun, pelatih timnas U-20 Jerman 6 tahun, 3 tahun terakhir melatih di klub liga 1 Belanda, ini positif untuk sepak bola Indonesia.

Frank Wormuth akan bertugas membuat analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf yang solid, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan hingga implementasi program, serta melakukan pengawasan dan evaluasi atas modul yang dijalankan tim pelatih U-17.


"Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih," tukas eks Presiden Inter Milan itu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network