Dipecat Bayern Setelah Juara Bundesliga, Oliver Kahn OTW Direktur Teknik PSSI?

"Konon, katanya, pengganti Indra Sjafri orang Jerman."

Feature | 30 May 2023, 08:59
Dipecat Bayern Setelah Juara Bundesliga, Oliver Kahn OTW Direktur Teknik PSSI?

Libero.id - Setelah memastikan Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga 2022/2023, Oliver Kahn dipecat dari posisi CEO dan Hasan Salihamidzic dari jabatan Direktur Olahraga. Setelah itu, muncul rumor yang menyebut kiper legendaris Jerman itu bakal hijrah ke Jakarta menjadi Direktur Teknik PSSI. Benarkah?

Perebutan gelar juara Bundesliga musim ini sangat dramatis. Sampai akhirnya Bayern Muenchen memastikan gelar dengan hanya keunggulan selisih gol. Itu karena Bayern Muenchen mengalahkan FC Koln dan Borussia Dortmund imbang dengan Mainz 05.

Itu adalah gelar Bundesliga untuk 11 kali berturut-turut. Tapi, itu justru jadi sesuatu yang buruk untuk Oliver Kahn.

Oliver Kahn tak sendiri, Hasan Salihamidzic juga didepak. Wakil ketua Bayern Muenchen, Jan-Christian Dreesen, akan mengambil alih posisi Olivier Kahn. Sementara pengganti Hasan Salihamidzic akan segera diputuskan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Uniknya, tidak terlalu lama dari kejadian di Bavaria, PSSI sedang berusaha mencari Direktur Teknik PSSI pengganti Indra Sjafri. Kualifikasinya, berasal dari Jerman.

Awalnya, sempat beredar rumor kalau posisi tersebut akan ditempati eks pelatih timnas Jepang, Akhira Nishino. Kabar itu muncul setelah Erick Thohir datang ke Tokyo untuk menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) terkait sepakbola wanita dan perwasitan.

Rumor itu kemudian dibantah Erick Thohir. Dia memastikan Direktur Teknik yang baru berasal dari Jerman. Pasalnya, PSSI akan mengadakan kerjasama dengan Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB). Salah satu poin kerjasama itu adalah Direktur Teknik.

"Meski saya belum menyebutkan nama, saya bisa pastikan Direktur Teknik PSSI nanti dari Jerman," ujar Erick Thohir kepada media.

Tentu saja, ada banyak pelatih Jerman yang saat ini sedang menganggur. Baik pelatih level bawah, menengah, atau dunia. Contohnya, Joachim Loew, Julian Nagelsmann, hingga Oliver Kahn. Bahkan, jika dipecat Liverpool, Juergen Klopp juga bisa menjadi opsi.

Pertanyaannya kemudian, jika nama-nama tenar itu yang dipilih, PSSI harus bersiap merogoh kocek dalam-dalam. Sebab, gaji bulanan pelatih-pelatih level galaxy itu jutaan euro.   

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network