10 Momen Paling Mengejutkan dalam Sejarah Piala Dunia

"Masih ingat? Ini daftarnya.."

Feature | 20 November 2022, 15:25
10 Momen Paling Mengejutkan dalam Sejarah Piala Dunia

Libero.id - Piala Dunia selalu memiliki momen-momen mengejutkan dan pasti akan ada lebih banyak lagi yang akan datang tahun ini.

Piala Dunia 2022 akhirnya kick-off setelah dinantikan para penggemar sepakbola dari seluruh dunia. Ini jadi Piala Dunia yang unik karena digelar bukan di musim panas, melainkan musim dingin.

Selain itu, ada banyak kontroversi yang menghiasi gelaran tahun ini yang tidak ada hubungannya dengan sepakbola. Itu terkait politik, HAM, hingga larangan mengkonsumsi minumal beralkohol.

Meski ada banyak hal unik, Piala Dunia 2022 berpotensi memunculkan banyak momen mengejutkan yang layak dikenang seperti pada edisi-edisi sebelumnya. Contohnya, 10 momen berikut ini:

1. Gol hantu Frank Lampard di Piala Dunia 2010

Inggris tertinggal 1-2 dari Jerman dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Sepakan Frank Lampard kemudian melewati kepala kiper Jerman, Manuel Neuer, membentur bagian bawah mistar gawang dan melambung di atas garis gawang.

Tapi, ofisial mengatakan bola tidak masuk dan gol tidak diberikan. Keputusan itu banyak membuat semua orang bingung. Beberapa tahun kemudian, teknologi garis gawang diperkenalkan.

2. Roy Keane meninggalkan Piala Dunia 2002

Kapten Republik Irlandia, Roy Keane, dipulangkan dari Piala Dunia 2002 setelah berselisih dengan pelatih saat itu, Mick McCarthy. Roy Keane telah mengkritik fasilitas dan program pelatihan tim menjelang turnamen dan emosinya meluap dalam pertemuan dengan pelatihnya.

3. Diving Rivaldo di Piala Dunia 2002

Rivaldo memenangkan Piala Dunia 2002 bersama Brasil. Tapi, dia didenda FIFA dan memicu kemarahan karena melakukan diving yang memalukan dalam pertandingan grup  melawan Turki.

Saat itu, Hakan Unsal menembakkan bola ke lutut Rivaldo saat akan melakukan tendangan sudut. Dia jatuh secara dramatis sambil memegangi wajahnya. Hakan Unsal dikeluarkan dari lapangan, dan Brasil menang 2-1. Rivaldo mencetak gol penalti kemenangan pada menit 87.

4. Handball Luis Suarez di Piala Dunia 2010

Asamoah Gyan gagal mengeksekusi penalti di menit ketiga waktu tambahan, di akhir perpanjangan waktu. Lalu, Uruguay menang 4-2 dalam adu penalti untuk mencapai semifinal Piala Dunia 2010. Penalti itu diberikan setelah Luis Suarez secara kontroversial menghalau bola sundulan Dominic Adiyiah dengan tangan di garis gawang.

Luis Suarez menonton penalti itu dari terowongan menuju ruang ganti. Ketika tahu penalti Ghana gagal, dia dengan liar merayakannya.

5. Frank Rijkaard meludahi Rudi Voeller di Piala Dunia 1990

Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 1990 antara Jerman Barat dan Belanda dimeriahkan Frank Rijkaard yang meludahi Rudi Voeller setelah keduanya dikeluarkan dari lapangan. Jerman Barat kemudian menang 2-1 dan memenangkan turnamen .

6. Gigitan Luis Suarez di Piala Dunia 2014

Luis Suarez menggigit bahu bek Italia, Giorgio Chiellini, pada Piala Dunia 2014. Giorgio Chiellini menarik bajunya ke bawah untuk memperlihatkan bekas gigi. Sementara Luis Suarez menutup mulutnya dalam upaya untuk terlihat seperti seolah-olah menjadi korban.

Dia lolos begitu saja dalam permainan. Bahkan, tidak mendapat kartu kuning saat Uruguay menang 1-0. Tapi, FIFA kemudian melarang Luis Suarez dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepakbola selama empat bulan.

7. Diego Maradona positif narkoba di Piala Dunia 1994

Pada Piala Dunia 1994, superstar Argentina, Diego Maradona, dinyatakan positif efedrin dan dikeluarkan dari turnamen. Dia harus melakukan tes doping setelah FIFA curiga dengan ekspresinya saat merayakan gol melawan Yunani.

8. Gol tangan Tuhan di Piala Dunia 1986

Diego Maradona mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Inggris di perempat final Piala Dunia 1986. Dia mencetak gol individu yang benar-benar brilian saat berlari dari tengah lapangan. Dia juga mencetak gol dengan tangan, yang terkenal sebagai "Gol Tangan Tuhan".

9. Zinedine Zidane vs Marco Materazzi di Piala Dunia 2006

Zinedine Zidane telah mengumumkan pensiun setelah Piala Dunia 2006. Dia berencana menutupnya dengan Piala Dunia. Sayang, meski Prancis ke final, tandukannya kepada Marco Materazzi mengubah segalanya. Zizou dikartu merah, dan Prancis dikalahkan Italia melalui adu penalti.

10. Misteri Ronaldo sebelum final Piala Dunia 1998

Striker legendaris Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima, pernah menjadi pemain bintang selama Piala Dunia 1998. Tapi, dia menderita kejang beberapa jam sebelum final melawan Prancis. Dia dibawa ke rumah sakit dan dikeluarkan dari tim, hanya untuk dipulihkan pada menit terakhir. Brasil kemudian kalah 0-3.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network