Jenius, Cara Burger King Iklan di Klub Kasta Bawah

"Metode yang membuat iklan dilihat ribuan kali setiap pekannya."

Feature | 02 August 2021, 12:50
Jenius, Cara Burger King Iklan di Klub Kasta Bawah

Libero.id - Sepakbola tak bisa lepas dari sponsor. Kalau Anda melihat berbagai brand menempel di jersey klub, maka itulah cara bisnis dan sepakbola bertemu.

Seperti promosi berjalan. Mari ambil contoh beberapa, salah satunya Liverpool memiliki kesepakatan jutaan dolar dengan bank internasional Standard Chartered. Manchester City memiliki afiliasi dengan maskapai penerbangan terkenal dunia, Etihad Airways.

Tahun lalu Chelsea mengumumkan kemitraan mereka dengan perusahaan telekomunikasi, Three. Dan, semua orang tahu bahwa Arsenal berjalan beriringan dengan Emirates.

Iklan Genius Perusahaan Makanan

Tapi, yang paling mencuri perhatian baru-baru ini adalah raksasa makanan cepat saji Burger King, yang bekerja sama dengan pemain Liga Dua Stevenage FC, kami semua menggaruk-garuk kepala.

Tapi, seperti yang sekarang kita ketahui. Itu semua adalah bagian dari strategi pemasaran jenius yang mengambil alih dunia game dan membantu melontarkan kedua belah pihak ke level baru.

Kembali pada Juni 2019, rantai makanan cepat saji Amerika itu memutuskan untuk bekerja sama dengan tim sepakbola Inggris, Stevenage, dalam kemitraan yang akan membuat Burger King mendukung klub secara finansial dengan imbalan tempat di jersey kandang dan tandang mereka.

Tetapi, karena Stevenage duduk di posisi terbawah Liga Dua, tidak sulit untuk mengetahui bahwa tim tersebut tidak benar-benar menarik banyak perhatian.

Sebagian besar permainan mereka bahkan tidak ditayangkan di televisi, ditambah basis penggemar mereka sangat kecil.

Tapi, tidak seperti prediksi kita semua, Burger King telah menemukan sesuatu yang sebagian besar terlewatkan oleh klub lain.

Stevenage bukan hanya tim sepakbola biasa yang berlatih tiga atau empat kali seminggu dan bermain setiap Sabtu pukul 3 sore.

Tidak, Stevenage - bersama dengan sebagian besar klub profesional lainnya di dunia - juga eksis secara virtual melalui video game EA Sports yang populer, FIFA.

Jika Anda belum pernah bermain FIFA, pada dasarnya ini hanyalah permainan sepakbola virtual di mana pengguna dapat bermain sebagai tim atau pemain mana pun yang mereka suka. Artinya, Stevenage yang kecil dapat bermain melawan raksasa sepakbola seperti Barcelona atau Real Madrid dalam pertandingan persahabatan.

Dan, tidak butuh waktu lama bagi Burger King untuk mencatat ini.

Jadi, dengan mensponsori klub yang relatif tidak dikenal, Burger King berhasil agar logo mereka juga ditampilkan di FIFA - sebuah video game yang dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Burger King kemudian meluncurkan tantangan media sosial di mana para penggemar didesak untuk bermain sebagai tim divisi empat di FIFA dan mengirimkan gol, keterampilan, atau momen terbaik mereka dari permainan dengan imbalan hadiah.

Dengan gerakan #TheStevenageChallenge, skema ini akan melihat setiap pengguna menerima hadiah untuk mencetak gol dengan Stevenage dan mempostingnya di media sosial dengan tagar yang relevan.

Dan, tidak mengherankan, itu menjadi suguhan dengan penggemar dari seluruh penjuru dunia yang membanjiri online untuk bermain sebagai Stevenage - dan karena itu melihat logo besar Burger King yang mengkilap di kaus merah dan putih mereka juga.

Ketika kemitraan dimulai pada akhir 2019, CEO Stevenage FC Alex Tunbridge mengatakan. "Kami senang dapat bekerja dalam kemitraan dengan Burger King di Stevenage Challenge yang merupakan konsep inovatif yang bertujuan untuk mengubah klub menjadi tim online terbesar melalui kekuatan video game dan media sosial."

"Kami berharap dapat melihat jutaan orang berinteraksi dengan klub dan menunjukkan dukungan mereka baik secara langsung maupun online. Anda tidak harus menjadi klub besar untuk berpikir besar," ujar Tunbridge.

Tidak butuh waktu lama bagi para fanatik sepakbola untuk jatuh cinta pada klub tak dikenal itu.

Dari Ultimate Team hingga Career Mode, diketahui bahwa lebih dari 25.000 gol dibagikan secara online oleh para gamer dengan penjualan kaus Stevenage mencapai puncaknya pada saat yang bersamaan.

Akibatnya, Stevenage FC akhirnya membangun pengikut kultus di dunia game dan logo Burger King dilihat oleh jutaan orang setiap minggu.

Bagian pemasaran yang jenius melihat Burger King meraih beberapa penghargaan bergengsi, sementara Stevenage masih menjadi salah satu tim paling populer di FIFA hingga hari ini.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

    Artikel Pilihan


    Daun Media Network