Kelas! Momen Sundulan Terbang ala Robin van Persie di Piala Dunia 2014

"Seperti elang, sundulan sambil terbang itu membuat Belanda menghajar juara bertahan Spanyol 5-1!"

Feature | 16 June 2021, 00:31
Kelas! Momen Sundulan Terbang ala Robin van Persie di Piala Dunia 2014

Libero.id - Siapa yang tidak kenal Robin van Persie, pesepakbola berpaspor Belanda yang sangat tersohor karena aksinya? Salah satu bukti kehebatan Van Persie yang ikonik lahir pada Piala Dunia 2014.

Gol Giovanni van Bronckhorst yang menakjubkan pada 2010 membuat orang tercengang dan cara Arjen Robben melewati Sergio Ramos serta mempermalukan Iker Casillas pada 2014 seharusnya juga termasuk dalam gol yang brilian. Tapi, cara Van Persie menciptakan gol memang sangat unik dan di luar nalar. Itu berbeda dari seluruh rekan senegaranya tersebut.

De Oranje tidak berada di Piala Dunia 2018. Tapi, itu tidak akan menghentikan para penggemar sepakbola untuk mengenang salah satu gol paling menakjubkan dalam sejarah Belanda.

Itu terjadi pada 13 Juni 2014 di Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador de Bahia. Belanda menghadapi Spanyol di pertandingan pertama Grup B. La Furia Roja adalah juara bertahan, tapi De Oranje mampu tampil solid untuk menciptakan kemenangan bersejarah 5-1.

Gol pertama dari lima gol yang sukses menjebol gawang Spanyol adalah tandukan eksentrik dari Van Persie. Gol tersebut tampak sangat berkelas dan tak terlupakan. Gol itu sempat menjadi pembawa harapan bagi De Oranje saat harapan telah sirna ketika Spanyol memimpin setelah Xabi Alonso mengkonversi penalti menjadi gol pada menit 27.

Sebuah pertandingan yang cukup berbahaya bagi kedua belah pihak. Laga berlangsung sangat intensif di babak pertama, meski Spanyol sempat tampil lebih percaya diri lewat Alonso. David Silva melewatkan satu peluang emas untuk membawa La Furia Roja unggul dua gol pada menit 43 ketika Andres Iniesta memberi umpan terukur ke jantung pertahanan De Oranje.

Selalu luar biasa untuk melihat kembali momen-momen semacam ini dan mempertimbangkan dampaknya pada pertandingan dan olahraga secara keseluruhan.

Jika Silva mencoba untuk menempatkan tembakan di bawah Jasper Cillessen yang berdiri daripada melakukan chip, Spanyol bisa dengan mudah memimpin 2-0 di babak pertama, mengendalikan keuntungan psikologis, dan apa yang terjadi setelah istirahat mungkin tidak akan terjadi.

Selama bertugas di Arsenal dan Manchester United, Van Persie selalu dikenal sebagai finisher klinis. Entah itu tendangan voli dari jarak 20 meter atau tendangan dari sudut yang tajam, ambisi dan tekniknya patut dipuji.

Kesombongannya adalah karakteristik banyak orang dengan berbagi kemampuannya. Tapi, dia memiliki seringai seperti joker di wajahnya setiap kali dia melakukan sesuatu yang tidak dapat dipercaya di lapangan sepakbola.

Striker terbaik dalam permainan modern selalu sukses mencatatkan dirinya dalam prestasi besar. Dalam masa jayanya, Van Persie mengkhususkan diri sebagai pemain yang unggul melalui sisi kecepatan, meski bukan yang tercepat. Dia selalu memiliki ruang untuk mencetak gol.

Itu terbukti ketika melihat Van Persie menyambut umpan manis Daley Blind di laga itu. Bola diumpan dari sisi kiri dekat lini tengah, Van Persie terletak diantara bek kiri, Jordi Alba, dan bek tengah, Sergio Ramos. Anehnya, tidak disadari oleh satupun pemain belakang Spanyol, Van Persie meminta bola untuk diumpan lambung ke atas mengarah ke arah kotak pertahanan lawan.

Di sinilah kelalaian yang dilakukan Ramos dan Gerard Pique yang berperan penting dalam pertahanan buruk La Furia Roja. Mereka hanya mewaspadai Robben, sedangkan Van Persie dalam posisi on side ketika menyambut umpan manis Blind.

Ramos juga bersalah karena memberi Van Persie banyak kebebasan dan kesempatan untuk mendapatkan bola. Dia tampaknya berpikir dia cukup cepat untuk mengejar striker andalan De Oranje tersebut. Tapi, dengan Van Persie yang sudah di belakangnya dan dengan langkah penuh, dia menyambut bola, serangan Van Persie tak terbendung lagi.

Dengan bola diletakkan tepat di tempat yang dia butuhkan, Van Persie hanya perlu mengeksekusinya menjadi gol yang indah. Bahkan, keindahan golnya tersebut sukses membuat namanya ditempatkan dalam cerita paling legendaris selama Piala Dunia 2014.

Namun, tidak ada peregangan yang menyelesaikannya dengan mudah. Dipaksa memperlambat larinya untuk menemuinya pada waktu yang tepat, dia menanam dan melontarkan dirinya ke arah bola seperti dia melompat dari papan loncat ke kolam renang.

Dengan bola yang terlalu jauh untuk digapai Iker Casillas, penjaga gawang itu tidak berpikir bahwa Van Persie akan melakukan apa yang akan dia lakukan. Sial baginya, Van Persie melakukannya. Dia terbang seperti elang.

Sekarang, peran Blind dalam proses ini tidak boleh diremehkan. Jenis operan tanpa risiko. Hal terburuk yang akan terjadi adalah dia over atau under hit dan umpan gagal total melewati kepala Van Persie. Tapi, pemain Ajax Amsterdam itu harus mencobanya, dan dengan celah besar antara empat bek dan Casillas setidaknya ada beberapa ruang untuk kesalahan.

Bola menemukan Van Persie tepat sekitar 16 meter dari gawang dan terserah striker untuk melakukan sisanya. Itu semua terjadi dalam sekejap dan tidak ada keraguan pada diri Blind untuk mengumpan ke arah Van Persie.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak gol tercipta di Piala Dunia, gol-gol menakjubkan bisa hilang dalam sekejap. Saat itulah penting untuk meluangkan waktu sejenak dan mengingat kembali hal-hal yang mengingatkan kita mengapa kita mencintai sepakbola.

Bukan karena biaya transfer yang besar atau besaran gaji pemain yang sangat besar, melainkan karena gol mustahil yang masih kita bicarakan sampai hari ini dari Van Persie. Itu adalah salah satu hal yang membuktikan betapa menariknya sepakbola. Jutaan penggemar tidak akan pernah lupa bahwa pernah ada gol tandukan spektakuler yang dilakukan dengan cara terbang bak seekor elang.

(muhammad alkautsar/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network