8 Fakta Menarik Skuad Jerman di Euro 2020

"Jamal Musiala pemain termuda dan paling unik karena memiliki latar belakang Inggris dan Nigeria."

Feature | 23 May 2021, 20:35
8 Fakta Menarik Skuad Jerman di Euro 2020

Libero.id - Joachim Loew sudah menunjuk skuad terakhirnya sebagai pelatih kepala tim nasional Jerman. Dia memilih 26 pemain untuk Euro 2020. Ada sejumlah fakta menarik tentang anggota Der Panzer kali ini.

Tergabung bersama juara Euro 2016, Portugal, dan juara Piala Dunia 2018, Prancis, membuat Jerman benar-benar serius mempersiapkan para pemain terbaiknya menghadapi Euro 2020. Apalagi, ini menjadi ajang terakhir Loew sehingga harus meninggalkan kesan membanggakan bagi suporter.

Manuel Neuer, Kevin Trapp, Bernd Leno akan menjadi tiga penjaga gawang Jerman. Lalu, Antonio Ruediger, Mats Hummels, Matthias Ginter, Niklas Suele, Emre Can, Lukas Klostermann, Robin Gosens, Robin Koch, Christian Guenter, serta Marcel Halstenberg di belakang.

Untuk gelandang dan penyerang terdapat sejumlah nama top. Sebut saja Joshua Kimmich, Ilkay Guendogan, Serge Gnabry, Kai Havertz, Toni Kroos, Leon Goretzka, Timo Werner, Thomas Mueller, Leroy Sane, Jonas Hofmann, Jamal Musiala, Florian Neuhaus, hingga Kevin Volland.

"Saya senang bisa kembali membela Jerman," kata Hummels di Twitter ketika mengetahui namanya kembali masuk skuad nasional setelah lama absen.

Selain pemanggilan Hummels, tidak masuknya nama Julian Draxler juga menjadi perbincangan menarik di Jerman. "Saya berbicara dengannya. Dia sangat kecewa. Dia telah hadir di semua turnamen sejak 2014 dan saya selalu memiliki hubungan yang sangat spesial dengannya," ujar Loew, dikutip Bild.

"Dia merupakan kapten tim saya selama Piala Konfederasi. Dia memiliki kualitas yang luar biasa. Tapi, saya melihat dalam dua atau tiga tahun terakhir, dia tidak bermain reguler bersama klub. Dia juga mengalami cedera beberapa kali. Tidak membawa Draxler adalah keputusan yang sangat sulit," tambah Loew.

Berikut ini 8 fakta menarik skuad Jerman di Euro 2020:


1. Banyak pemain debutan

Dari 26 pemain dalam skuad, sebanyak 19 diantaranya belum pernah memainkan pertandingan di Kejuaraan Eropa, dengan Bernd Leno satu-satunya dari 19 pemain yang pernah bergabung di Euro 2016 di Prancis.

Pemain-pemain seperti Robin Gosens, Christian Guenter, Marcel Halstenberg, Lukas Klostermann, Robin Koch, Serge Gnabry, Kai Havertz, Jonas Hofmann, Jamal Musiala, Florian Neuhaus, dan Kevin Volland siap untuk ambil bagian dalam turnamen besar pertama mereka.


2. Memiliki perpaduan yang bagus

Dari 26 pemain yang dipanggil, rata-rata memiliki 31 caps. Sementara usia rata-rata adalah 27 tahun. Dengan kondisi seperti itu, pengganti Loew ke depan bisa dipastikan lebih mudah untuk memanggil pemain karena dasarnya sudah diletakkan sejauh jauh hari.


3. Christian Guenter hanya punya 1 caps

Satu-satunya penampilan senior Guenter untuk Jerman adalah sebagai pemain pengganti saat bermain imbang 0-0 dengan Polandia di Hamburg, 13 Mei 2014. Penampilan satu-satunya juga membuatnya menjadi pemain yang paling tidak berpengalaman di skuad.


4. Jamal Musiala pemain termuda dan paling unik

Pada usia 18 tahun, Jamal Musiala dari Bayern Muenchen adalah pemain termuda di skuad. Jika dia mendapatkan kesempatan di Euro 2020, dia akan menjadi pemain Jerman termuda yang pernah tampil di turnamen besar.

Musiala juga unik karena memiliki latar belakang Inggris dan Nigeria. Lahir di Stuttgart, dia pernah membela Inggris U-15, U-16, U-17, hingga U-21. "Dia telah dengan jelas memberi isyarat kepada kami bahwa dia saat ini melihat masa depannya bersama tim nasional Inggris. Kami menerima keputusannya dan mendoakan yang terbaik untuk kariernya," kata Pelatih Inggris U-21, Meikel Schonweitz, saat itu.

Hanya berselang bulan, Musiala balik badan. Dia bertemu Loew dan mengutarakan keinginan membela Jerman. Loew menyambut dengan tangan terbuka.


5. Manuel Neuer pemain tertua

Pada usia 35 tahun, Manuel Neuer adalah pemain tertua di skuad. Debutnya terjadi lebih awal daripada pemain Jerman lainnya yang terpilih untuk Euro 2020, yaitu dalam kemenangan 7-2 atas Uni Emirat Arab pada 2 Juni 2009.


6. Mengikuti jejak Bastian Schweinsteiger

Manuel Neuer dan Thomas Mueller adalah pemain paling berpengalaman di Kejuaraan Eropa. Keduanya memiliki 11 penampilan Euro. Jika Jerman mencapai final di Wembley dan pasangan itu tampil di setiap pertandingan dalam perjalanannya, mereka akan mengikuti jejak Bastian Schweinsteiger sebagai pemegang rekor penampilan Euro untuk Jerman.


7. Pencetak gol terbanyak

Tidak ada pemain di skuad Euro 2020 yang pernah mencetak gol di Kejuaraan Eropa. Mereka hanya pernah mencatk gol di Piala Dunia. Sebab, pemain yang mencetak gol di Euro 2016 tidak dipanggil masuk skuad ini.


8. Turnamen terakhir Loew untuk Jerman

Joachim Loew telah memimpin tim nasional  dalam 17 pertandingan Kejuaraan Eropa. Itu adalah rekor untuk semua pelatih di Euro 2020. Dari tiga turnamen yang pernah dimainkan Loew, Jerman sudah dua kali mencapai semifinal (2012 dan 2016). Mereka juga sekali kalah di final pada 2008.

Satu-satunya tim yang pernah mencapai setidaknya semifinal empat kali berturut-turut adalah Uni Soviet, yaitu pada Euro 1960, 1964, 1968, dan 1972.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network