10 Transfer Termahal dalam Sejarah Manchester United

"Perekrutan besar ini justru terjadi setelah era Sir Alex Ferguson. Angel di Maria peringkat 4, Bruno Fernandes peringkat 6."

Feature | 15 March 2021, 14:07
10 Transfer Termahal dalam Sejarah Manchester United

Libero.id - Mancester United merupakan salah satu tim tersukses dalam sejarah Liga Premier. Tim berjuluk Setan Merah tersebut telah menjadi rumah bagi beberapa pemain terhebat yang sukses tampil di podium papan atas Inggris selama beberapa dekade terakhir.

Tidak mengherankan jika MU terkenal, apalagi melihat daya beli mereka yang sangat besar. Faktanya, MU telah merekrut beberapa pemain termahal dalam sejarah Liga Premier.

Namun, ketika melihat 10 pemain termahal MU, sungguh menakjubkan mengetahui bahwa semua pemain mahal Setan Merah itu datang setelah berakhirnya era Sir Alex Ferguson.

Seperti yang diketahui banyak orang, MU belum pernah meraih gelar Liga Premier sejak Ferguson hengkang dari klub pada 2013. Jadi, tanpa basa-basi lagi. Inilah 10 rekrutan termahal MU sepanjang masa.

Semua biaya yang dikutip di sini diambil dari TalkSPORT.com.
 

10. Anthony Martial

Libero.id

Kredit: instagram.com/martial_9

AS Monaco ke MU senilai 36 juta pounds, September 2015

Anthony Martial menjadi remaja termahal dalam sejarah sepak bola Inggris ketika MU menebusnya dari Monaco sebesar 36 juta pounds untuk jasanya pada September 2015.

Faktanya, ketika MU berhasil memboyong pemain muda tersebut, nilai asli transfernya justru menelan biaya lebih banyak lagi bagi Setan Merah hingga total sebanyak 57,6 juta pounds.

Jadi, apakah striker Prancis itu menjadi hit sejak tiba di Old Trafford lebih dari setengah dekade lalu? Sejujurnya, anak muda itu telah banyak menorehkan pencapaian yang cukup gemilang selama kariernya bersama Setan Merah.

Martial bertugas sebagai penyerang sayap, penyerang lubang, dan penyerang tengah selama waktunya bersama MU. Selama lima setengah musim bersama klub, dia membuat 256 penampilan dan mencetak 78 gol, di mana 55 gol diraihnya di Liga Premier.

Martial berperan atas beberapa serangan luar biasa di MU, termasuk gol debut melawan Liverpool. Dia juga mencetak gol kemenangan saat melawan Everton di semifinal Piala FA pada 2016.

Pemain Prancis itu telah memenangkan total tiga trofi besar bersama Setan Merah. Namun, banyak penggemar MU sering melampiaskan kekesalan melihat buruknya kemampuan penyelesaian akhir Martial di lapangan.

Dia dinilai kurang agresif dan hal ini berarti dia belum bisa dianggap sukses secara langsung. Namun, pada usia 25 tahun, dia masih punya banyak waktu untuk terus memperbaiki performanya.


9. Juan Mata

Chelsea ke MU senilai 37 juta pounds, Januari 2014

Juan Mata tiba di MU pada Januari 2014 dengan nilai transfer sebesar 37 juta pounds. Perekrutan itu merupakan langkah mengejutkan pada saat itu.

Playmaker asal Spanyol ini telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Chelsea pada musim 2011/2012 dan 2012/2013. Namun, dia sempat dibekukan oleh Jose Mourinho pada paruh pertama musim 2013/2014.

Kedatangannya di MU seharusnya menjadi katalisator untuk membalikkan citra baik kepemimpinan David Moyes, namun tragis karena mereka tetap menemui kehancuran sampai detik akhir perjuangan. Sayangnya, bagaimanapun, itu tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Mata mencetak enam gol dalam 15 pertandingan pertamanya bersama MU. Fakta itu tidak dapat membantu mereka finis lebih tinggi dari posisi ketujuh di Liga Premier karena Moyes secara mengejutkan dipecat.

Periode terbaik playmaker asal Spanyol tersebut bersama Setan Merah terjadi di bawah bos mereka berikutnya, Louis van Gaal. Dia membuat total 71 penampilan selama dua musim berikutnya di Old Trafford, di mana Mata mencetak total 20 gol dalam prosesnya.

Namun, meski beberapa momen bersinar, Mata tidak pernah bermain bagus di Old Trafford. Itu berbeda dengan penampilannya saat membela The Blues.

Pemain Spanyol itu tetap di Old Trafford hingga hari ini. Namun, peran pentingnya di bawah Jose Mourinho dan kemudian Ole Gunnar Solskjaer telah berkurang ke titik di mana dia akan dianggap kurang berperan sekarang.

Walau begitu, Mata tetap populer di kalangan penggemar MU. Dampak awalnya, dia tidak bisa dianggap gagal. Tapi, akan sulit untuk langsung menganggapnya sukses.
 

8. Nemanja Matic

Chelsea ke MU senilai 40 juta pounds, Juli 2017

Alis penggemar MU terangkat ketika manajemen mengeluarkan 40 juta pounds untuk membawa gelandang Nemanja Matic dari Chelsea ke Old Trafford pada musim panas 2017.

Pada waktu itu, dana itu dianggap cukup sepadan meminang Matic. Dia dianggap tampil luar biasa bersama The Blues musim 2014/2015. Matic turut membantu tim London Barat itu memenangkan gelar Liga Premier dan masuk dalam PFA Team of the Year dalam prosesnya.

Tapi, dalam dua musim berikutnya, sihir pemain Serbia itu tampaknya hilang. Sama seperti Mata, dia belum memberikan kontribusi maksimal ketika kembali bereuni dengan mantan pelatihnya, Mourinho, di Old Trafford.

Namun, Matic menikmati musim debut yang luar biasa bersama Setan Merah pada 2017/2018. Dia tampil dalam 36 dari 38 pertandingan Liga Premier pada periode itu, bahkan mencetak Gol Terbaik Musim Ini saat mencetak gol menakjubkan melawan Crystal Palace.

MU akhirnya finis kedua di musim itu dalam penampilan terbaik mereka di Liga Premier sejak kepergian Sir Alex Ferguson. Dan, Matic memainkan peran baik dalam menopang lini tengah timnya.

Dalam tiga musim berikutnya, Matic sebagian besar telah memudar ke pinggiran dan sekarang duduk di belakang Scott McTominay dan Fred dalam urutan kekuasaan.

Namun, dia telah menjadi pelayan yang solid untuk klub sejak tiba pada 2017 dan sebagian besar telah membayar biaya transfer yang besar.


7. Fred

Shakhtar Donetsk ke MU senilai 47 juta pounds, Juni 2018

Pada satu titik, MU berhasil meyakinkan gelandang Brasil, Fred, yang pindah ke MU seharga 47 juta pounds pada musim panas 2018. MU belum meyadari perekrutan itu merupakan salah satu kegagalan terbesar Liga Premier sepanjang masa.

Fred datang dari Shakhtar Donetsk. Meskipun memiliki banyak pengalaman di Eropa dan panggung internasional, Fred dianggap belum dapat beradaptasi dengan atmosfer Liga Premier.

Namun, begitu bos Jose Mourinho dibebastugaskan pada Desember 2018, gelandang asal Brasil itu perlahan mulai memperbaiki penampilannya.

Fred hanya membuat 17 penampilan Liga Premier di musim debutnya bersama Setan Merah. Namun, dia sekarang menjadi salah satu pemain starter Solskjaer. Fred membuat 22 penampilan di Liga Premier musim ini.

Masih ada banyak tanda tanya seputar posisi terbaik Fred dan apakah dia benar-benar pemain kaliber Liga Champions. Dia jarang mencetak gol, dan penampilannya melawan Paris Saint-Germain musim ini begitu mengerikan.

Namun, dia adalah pekerja yang sangat keras dan tampaknya telah memenangkan hati Solskjaer berkat semua aksinya. Untuk saat ini, setidaknya tidak adil untuk sepenuhnya mencoret pemain Brasil itu sebagai kegagalan Setan Merah.


6. Bruno Fernandes

Libero.id

Kredit: instagram.com/brunofernandes.10

Sporting CP ke MU senilai 47 juta pounds, Januari 2020

Perekrutan Fernandes dari Sporting senilai 47 juta euro sempat diremehkan. Faktanya, ada argumen yang menunjukkan bahwa penyerang Portugal itu adalah rekrutan terpenting MU pasca era Ferguson.

Debut Fernandes bersama Setan Merah cukup tenang, yakni saat timnya bermain imbang tanpa gol dengan Wolverhampton Wanderer. Namun, setelah itu, pemain timnas Portugal itu menjadi inspirasi mutlak.

Dia mencetak delapan gol dan mencatatkan tujuh assist saat MU sempat naik ke puncak klasemen Liga Premier. Mereka mengamankan tempat di Liga Champions setelah 14 pertandingan tak terkalahkan - berkorelasi sempurna dengan kedatangan Fernandes di Old Trafford.

Kampanye musim ini menjadi bukti Fernandes tampil di level yang lebih tinggi. Dalam 28 penampilan Liga Premier, dia mencetak 16 gol dan mencatatkan 10 assist.

Fernandes merupakan spesialis titik penalti. Dia mampu menyelesaikan dan menciptakan peluang di setiap pertandingan. Fernandes telah menambahkan keunggulan yang kurang dimiliki MU selama bertahun-tahun.

Sangat mungkin dia bisa dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Premier musim ini. Jika dia melakukannya, itu akan menjadi penghargaan yang pantas untuk salah satu pemain terbaik.


5. Aaron Wan-Bissaka

Crystal Palace ke MU senilai 50 juta pounds, Juni 2019

Aaron Wan-Bissaka merupakan pemain yang sudah memiliki reputasi sebagai salah satu bek sayap terbaik Liga Premier. MU menyanggupi mahar Wan-Bissaka dengan nilai sebesar 50 juta pounds untuk membawanya ke Old Trafford pada musim panas 2019.

Dan, sebagian besar, pemain internasional Inggris U-21 ini telah memenuhi reputasi itu dengan beberapa penampilan luar biasa bersama Setan Merah.

Wan-Bissaka membuat 35 penampilan musim lalu. Penampilannya sebagian besar bertanggung jawab membawa MU tercatat sebagai tim dengan pertahanan terketat ketiga di Liga Premier - hanya kebobolan 36 gol.

Mantan pemain Crystal Palace itu mendapat beberapa kritik karena kurangnya semangat menyerang jika dibandingkan dengan full-back Liga Premier lainnya, seperti Trent Alexander-Arnold.

Namun, dia meningkatkannya musim ini. Dia memiliki dua gol dan dua assist atas namanya dalam 26 penampilannya di Liga Premier.

Yang lebih penting, skill bertahan Wan-Bissaka tetap fantastis. Dia membuat rata-rata hampir tiga tekel yang berhasil per pertandingan. Dia tampaknya tidak mungkin dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Situasi terkadang mengecewakannya dan menyebabkan MU kebobolan beberapa gol yang dipertanyakan. Tapi, dia masih berusia 23 tahun dan masih memiliki ruang untuk berkembang.

Wan-Bissaka sudah dalam perjalanan untuk membayar kepercayaan atas biaya 50 juta pounds yang sudah dikeluarkan, dan kemungkinan besar pemain yang sangat berbakat ini akan segera merealisasikannya.

 

4. Angel di Maria

Real Madrid ke MU senilai 60 juta pounds, Agustus 2014

Pada saat itu, kepindahan Angel di Maria sebesar 60 juta pounds ke MU tampaknya masuk akal di dunia pada saat itu. Pemain Argentina itu tiba di Old Trafford dengan reputasi sebagai salah satu penyerang paling menarik di dunia.

Dia memenangkan enam trofi besar bersama Real Madrid. Sayangnya, Di Maria gagal memenuhi reputasi itu selama waktunya di Old Trafford. Dia sekarang dikenal luas sebagai kegagalan termahal terbesar Setan Merah.

Mewarisi nomor punggung 7, Di Maria sebenarnya mengawali kariernya dengan baik. Dia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Setan Merah untuk September 2014. Itu terjadi setelah dirinya mencetak dua gol dan mencatatkan dua assist dalam empat pertandingan pertamanya bersama klub.

Capaian itu merupakan prestasi terbaik pemain Argentina itu, walau cedera hamstring menggagalkan musim terbaiknya. Ketika dia kembali, Di Maria tidak bisa memaksakan kembali ke starting XI.

Titik nadirnya datang ketika dia diusir keluar lapangan karena kalah dari Arsenal di Piala FA. Fans MU sudah kehilangan kesabaran kepada Di Maria saat itu.

Musim Di Maria berakhir dengan hanya 27 penampilan dan tiga gol di Liga Premier. Maka, tidak mengherankan ketika dia lantas dijual ke Paris Saint-Germain dengan harga sekitar 44 juta pounds di musim panas 2015.

Pemain Argentina itu telah melihat lebih banyak kesuksesan sejak pindah ke PSG, tapi dia tetap menjadi salah satu rekrutan terburuk Manchester United.
 

3. Romelu Lukaku

Everton ke MU senilai 75 juta pounds, Juli 2017

Sangat sulit untuk memahami apa pun dari karier singkat Romelu Lukaku di Manchester United. Direkrut dengan bayaran besar 75 juta pounds dari Everton, striker asal Belgia itu dianggap sukses besar.

Dia mencetak 27 gol dalam 51 pertandingan pada musim pertamanya di Old Trafford. Lukaku berakhir sebagai pencetak gol terbanyak Manchester United saat klub finis di tempat kedua di Liga Premier.

Itu adalah penyelesaian terbaik mereka sejak kepergian Sir Alex Ferguson, dan Lukaku berperan besar dalam hal itu. Di sisi lain, dia dikontrak untuk membantu MU menghadapi tantangan gelar Liga Premier. Dan, itu tidak terjadi di salah satu musim yang dia habiskan di klub.

Lukaku memulai debutnya dengan mencetak dua gol melawan West Ham dan mencetak 10 gol dalam sembilan penampilan pertamanya bersama Setan Merah. Capaian itu memecahkan rekor yang dipegang oleh Bobby Charlton.

Namun, meski menjadi favorit Jose Mourinho, Lukaku dengan cepat tidak disukai ketika Ole Gunnar Solskjaer menggantikan pelatih asal Portugal itu.

Pemain Belgia itu memiliki performa yang baik, termasuk mencetak dua gol penting MU atas PSG di Liga Champions. Sayang, Solskjaer masih kurang memberinya kesempatan lebih.

Di akhir musim 2018/2019, Lukaku secara mengejutkan dijual ke Inter Milan dengan bayaran sekitar 80 juta euro. Dia mencetak 58 gol hanya dalam 84 pertandingan bersama tim raksasa Italia tersebut. Fakta itu menunjukkan bahwa MU mungkin telah memindahkannya terlalu cepat.


2. Harry Maguire

Leicester City ke MU senilai 80 juta pounds, Agustus 2019

Ketika Manchester United mengontrak Harry Maguire dari Leicester City dengan bayaran 80 juta pounds, pria Inggris itu langsung menjadi bek termahal dalam sejarah sepak bola.

Label harga itu terkadang tampak seperti momok besar yang menimbulkan tanya, apakah harganya sebanding dengan kemampuannya? Namun, meski mendapat banyak kritik, Maguire sebagian besar tampil bagus bersama Setan Merah.

Dia membantu MU finis di posisi ketiga Liga Premier pada musim pertamanya di Old Trafford. Dia tidak melewatkan satu pertandingan pun saat MU hanya kebobolan 36 gol sepanjang musim.

Situasi itu membuat Maguire sempat dinobatkan sebagai kapten Setan Merah, meski Maguire mendapat kritikan atas kesalahan yang diperbuat saat MU kalah secara memalukan dari Tottenham Hotspur, 1-6, musim ini.

Apakah pemain internasional Inggris itu dapat memenuhi label harga yang sudah dikeluarkan manajemen? Pasalnya, Maguire tidak memiliki dampak yang sama seperti yang dilakukan Virgil van Dijk ketika tiba di Liverpool.

Namun, mengabaikan bayaran transfernya sedetik pun, tak dapat disangkal bahwa Maguire telah membuat pertahanan Manchester United semakin kuat. Dan dalam hal itu, dia adalah penandatanganan yang bagus, meski sangat mahal.


1. Paul Pogba

Libero.id

Kredit: instagram.com/paulpogba

Juventus ke MU senilai 89 juta pounds, Agustus 2016

Salah satu pemain paling kontroversial, hingga ramai beredar tentang isunya di banyak artikel. Dia dianggap sebagai pemain termahal MU sepanjang sejarah.

Dengan besaran biaya tersebut, banyak pihak justru merasa ragu. Apakah benar kualitasnya sebanding dengan harganya yang fantastis itu? Pertanyaan itu pantas mengemuka mengingat Pogba awalnya muncul dari akademi MU sebelum pindah ke Juventus pada 2012.

Tapi, pemain Prancis itu telah membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik dunia selama waktunya di Kota Turin, seperti memenangkan empat scudetto bersama Juventus saat itu.

Namun, sejak kembali ke Old Trafford, Pogba belum mampu mengantarkan era baru dominasi yang diharapkan para penggemar Setan Merah.

Dia menunjukkan kilasan potensi besarnya pada waktu-waktu tertentu, mencetak beberapa gol spektakuler, dan membantu MU memenangkan Piala Liga Inggris dan Liga Europa pada 2016/2017.

Dan, pada 2018/2019, dia menikmati musim terbaiknya sebagai pemain Manchester United. Dia mencetak 16 gol di semua kompetisi hingga finis sebagai pencetak gol terbanyak Setan Merah.

Namun, dia juga berselisih dengan Jose Mourinho, yang berujung pada kontribusinya pada pemecatan bos asal Portugal itu pada Desember 2018. Dan terkadang, terbukti sulit untuk menguraikan dengan tepat apa peran terbaiknya di lapangan.

Baru-baru ini, Pogba sebagian besar dibayangi oleh Bruno Fernandes, yang menghabiskan lebih dari setengah biaya pemain Prancis itu.

Apakah Pogba tetap di Old Trafford untuk kesempatan mendatang - atau pindah ke padang rumput baru bersama klub lain, sampai detik ini, itu adalah tanda tanya besar saat ini.

Pada titik ini, akan sulit untuk mengklaim bahwa dia telah memenuhi ekspektasi dari harganya. Tapi, dengan sejumlah pemain di daftar ini, dia masih punya waktu untuk membuktikan keraguan tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network