Luis Milla Mundur, Kisah Persib Bandung Punya 13 Pelatih dalam 13 Tahun

"Sir Alex Ferguson tepuk jidat lihat ini.."

Feature | 15 July 2023, 14:37
Luis Milla Mundur, Kisah Persib Bandung Punya 13 Pelatih dalam 13 Tahun

Libero.id - Persib Bandung kembali menjadi perbincangan penggemar sepakbola Indonesia setelah keputusan yang diambil untuk berpisah dengan Luis Milla. Itu berarti, sejak 2010, Maung Bandung memiliki 13 pelatih. Baik pelatih permanen maupun caretaker. Mayoritas dipecat!

Luis Milla hanya mampu bertahan 3 pertandingan Liga 1 2023/2024. Akibat imbang tiga kali melawan Madura United, Arema FC, dan Dewa United; LegendaReal Madrid dan Barcelona itu berhenti.

Manajemen Persib Bandung menjelaskan perpisahan dengan Luis Milla diambil dengan berat hati. "Persib harus menyampaikan bahwa pertandingan melawan Dewa United semalam menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda," tulis Persib Bandung di situsnya.

Dengan berhentinya Luis Milla, sebuah fakta unik terungkap. Sejak 2010, klub kebanggaan Bobotoh itu sudah memiliki 13 pelatih. Artinya, setiap tahun Maung Bandung punya 1 pelatih.

Sejak Jaya Hartono berhenti pada pertengahan musim 2009/2010, tepatnya pada 9 April 2010 akibat serentetan hasil yang mengecewakan, Persib Bandung langsung menunjuk Robby Darwis. Legenda Maung Bandung itu memimpin skuad sebagai pengganti pada 17 April 2010, dan bekerja hingga akhir musim.

Di awal musim 2010/2011, Persib Bandung menunjuk Darko Janackovic dari Prancis. Tapi, hanya bertahan beberapa pekan; asisten pelatih, Jovo Cuckovic, menggantikan Darko Janackovic. Tapi, pelatih Serbia itu juga tidak bertahan lama karena Daniel Roekito mengambil alih bench hingga akhir musim.

Memasuki musim 2011/2012, Persib Bandung menunjuk Drago Mamic (Kroasia). Tapi, beberapa bulan kemudian, Robby Darwis kembali ditunjuk jadi pelatih setelah Drago Mamic dipecat.

Tongkat estafet kepelatiha Persib Bandung selanjutnya diterima Djajang Nurjaman. Kali ini, durasinya cukup lama, sekitar 4 tahun. Di era Djadjang Nurdjaman inilah Maung Bandung mendapatkan gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014. Ini gelar kedua di era Liga Indonesia setelah 1994/1995.

Era kejayaan Djadjang Nurdjaman berakhir saat Persib Bandung menunjuk Dejan Antonic untuk Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Tapi, pelatih Serbia itu tidak bertahan lama karena dipecat, dan digantikan Herrie Setyawan, sebelum akhirnya menunjuk Djadjang Nurdjaman lagi.

Tapi, Djadjang Nurdjaman kembali dipecat dan digantikan Herrie Setyawan pada 2017. Kemudian, Roberto Carlos Mario Gomez ditunjuk untuk Liga 1 2017 sebelum Persib Bandung mempekerjakan Miljan Radovic untuk Liga 1 2019.

Pencarian Persib Bandung terhadap pelatih yang diyakini bakal menghadirkan kesuksesan kembali dilakukan pada Liga 1 2019 daat Robert Alberts datang dari PSM Makassar. Tapi, setelah 2,5 musim menukangi Maung Bandung, pelatih Belanda itu diganti Budiman Yunus sebelum Luis Milla datang pada pertengahan musim lalu.

Jadi, dari 13 tahun terakhir Persib Bandung tampil di kompetisi kasta tertinggi Indonesia, 13 pelatih sudah bekerja. Mayoritas dipecat!

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network