Profil Marsela Awi, Penerus Zahra Musdalifah di Skuad Garuda Pertiwi

"Calon bintang masa depan Indonesia."

Biografi | 08 July 2023, 04:30
Profil Marsela Awi, Penerus Zahra Musdalifah di Skuad Garuda Pertiwi

Libero.id - Piala AFF Wanita U-19 2022 yang sedang diselenggarakan di Palembang memunculkan sejumlah pemain wanita masa depan Indonesia. Salah satunya Marsela Awi.

Marsela Awi mencetak dua gol ketika timnas wanita Indonesia U-19 mengalahkan Timor Leste 7-0 pada pertandingan pertama. Akibatnya, dia terpilih menjadi Player of the Match. Cara bermain yang bagus dan kemampuan mengolah bola yang baik membuat masa depan Marsela Awi diramal cerah.

Bernama lengkap Marsela Yuliana Awi, pemain berposisi penyerang ini lahir di Manokwari, 10 Mei 2003. Sebagai anak Papua, Marsela Awi memang tertarik dan menggemari sepakbola sejak masih kanak-kanak.

Saat anak-anak perempuan lainnya bermain dengan boneka, Marsela Awi justru memilih menekuni sepak bola. Kesukaannya itu dengan pasti berubah menjadi cita-cita yang langsung direalisasikan.

"Saya menyukai sepakbola dari umur 5 tahun. Awalnya memang sepakbola yang membuat saya tertarik. Saya punya niat masuk tim nasional. Dan, puji Tuhan, dari usia 5 tahun, saya sudah mengenal sepakbola dan mulai belajar," ujar Marsela Awi di situs resmi PSSI.

Pemain yang mengidolakan Luis Suarez itu secara serius berlatih di SSB di kampung halamannya. "SSB awal saya adalah  SSB Batik di Jayapura. Saat usia 5 tahun. Di situ mereka melatih saya, mulai dari teknik, mental, hingga posisi-posisi ideal sepakbola," beber Marsela Awi.

Lama berlatih di SSB Batik, Marsela Awi kemudian mewakil tim bentukan Asprov PSSI Papua di berbagai kompetisi lokal maupun nasional. Akhirnya, bakat potensialnya itu dilirik Rudy Eka Priyambada selaku pelatih kepala timnas wanita Indonesia.

Selain memperkuat timnas Indonesia Marsela Awi juga sudah mendapatkan kontrak dari salah satu klub Liga 1 2023/2024 yang punya tim wanita. "Dari SSB Batik, saya dipanggil tim nasional. Lalu, dikontrak Persis Solo (Putri), hingga saat ini," beber Marsela Awi.

"Dari situ saya menyadari kalau sepakbola adalah hal yang luar biasa. Sepakbola sudah menjadi pekerjaan sekaligus hobi yang dapat membiayai hidup," ucap Marsela Awi.

Melihat potensi sepakbola wanita Indonesia yang bergerak ke arah yang positif, pemain yang dijuluki Naruto oleh rekan-rekannya itu juga memberikan semangat untuk para wanita-wanita muda Indonesia lain yang ingin mulai atau bahkan berkarier di sepakbola.

"Intinya, buat kalian yang bercita-cita mau menjadi pesepakbola, terus berlatih dengan semangat, dan berdoa," pungkas Marsela Awi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network