4 Eks Timnas Indonesia yang Menganggur di Awal Musim 2023/2024

"Mereka nama kondang di eranya. Siapa saja?"

Feature | 05 July 2023, 14:04
4 Eks Timnas Indonesia yang Menganggur di Awal Musim 2023/2024

Libero.id - Pepatah mengatakan: hidup ibarat roda yang berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Inilah yang dijumpai pada beberapa mantan pemain nasional Indonesia di Liga 1 2023/2024. Sejumlah nama top lapangan hijau itu untuk sementara menjadi pengangguran.

Indonesia sering melahirkan pemain-pemain muda berbakat. Sayang, usia karier mereka tidak panjang. Beberapa pemain yang moncer di usia belasan tahun sudah tenggelam ketika memasuki pertengahan 20-an tahun.

Selain star syndrome, persaingan di klub-klub sepakbola Indonesia memang ketat. Pemain baru yang berusia muda dan lebih bagus datang silih berganti setiap tahun. Mereka membuat banyak pemain senior. Apalagi yang pernah menjadi pemain nasional tergusur perlahan-lahan.

Siapa saja mereka? Berikut ini 4 eks pemain nasional yang menganggur di awal musim ini:

1. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay pernah menjadi wonderkid Indonesia saat membela Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya. Penampilannya cukup bagus dan konsisten dengan skill di atas rata-rata. Dia ikut dalam sejumlah pertandingan timnas junior. Contohnya, SEA Games 2019.

Tapi, karier Osvaldo Haay meredup setelah dicoret Shin Tae-yong karena indisipliner. Keputusan pindah ke Persija Jakarta juga semakin menenggelamkan pemain yang memiliki orang tua dari Papua dan Banyuwangi itu. Kini, dia sama sekali belum memiliki klub.

2. Andik Vermansah

Andik Vermansah pernah membuat sepakbola Asia Tenggara heboh. Itu karena klaim sepihak seorang pelatih asal Portugal yang bekerja di Indonesia, yang menyebut Andik Vermansah dilirik Benfica. Julukan Lionel Messi dari Indonesiajuga disematkan jebolan.

Tapi, hingga berita ini diturunkan, Benfica memang tidak pernah benar-benar menghubungi atau melirik Andik Vermansah. Sebaliknya, dia justru bermain di Malaysia dengan Selangor FC dan Kedah Darul Aman. Lalu, dia kembali ke Indonesia dengan Madura United dan Bhayangkara FC.

Kini, pemain berusia 31 tahun itu tanpa klub setelah kontrak dengan Bhayangkara Presisi Indonesia tidak dilanjutkan.

3. Irfan Bachdim

Irfan Bachdim sempat menjadi fenomena di sepakbola Indonesia. Keturunan Indonesia-Belanda, jebolan Jong Ajax itu ganteng, tinggi, keren, dan memiliki keterampilan bagus. Itu membuat Irfan Bachdim digilai banyak kaum hawa. Apalagi, dia moncer di Piala AFF 2010 bersama timnas Indonesia.

Irfan Bachdim kemudian berkarier di Persema Malang, termasuk ketika main di Liga Primer Indonesia (LPI). Kemudian, sempat berkelana ke Jepang sebelum kembali ke Indonesia membela Bali United. Selanjutnya, PSS Sleman, dan terakhir berseragam Persis Solo.

Kini, ketika klub-klub Indonesia sedang menjalani musim baru Liga 1, Irfan Bachdim dan keluarga justru berlibur di Eropa.

4. Ilham Udin Armayn

Ilham Udin Armayn mencuri perhatian ketika bersama Evan Dimas Darmono membela timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013. Penampilan di usia muda mengantarkan pemuda asal Ternate bermain di Malaysia, untuk Selangor FC. Dia juga main untuk Bhayangkara FC, Barito Putera, dan Arema FC.

Kini, winger berusia 27 tahun itu kembali menganggur setelah kontrak kerjanya tidak diperpanjang manajemen Singo Edan.

(andri ananto/ada)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network