Kisah Shin Tae-yong Bersama Timnas Korea Selatan di Piala Dunia U-17 1987, Jarang Diketahui!

"Coach Shin nih senggol dong..."

Feature | 29 June 2023, 03:24
Kisah Shin Tae-yong Bersama Timnas Korea Selatan di Piala Dunia U-17 1987, Jarang Diketahui!

Libero.id - Semasa aktif bermain Shin Tae-yong memang merupakan bintang lapangan. Tak mengherankan kalau beberapa waktu lalu pelatih Timnas Indonesia itu masuk dalam daftar legenda sepak bola Korea Selatan yang menerima penghargaan K-League Hall of Fame.

Kegemilangan Shin Tae-yong itu sudah terlihat sejak muda. Ternyata ayah dari Shin Jae-won pernah bermain di Piala Dunia U-17 1987 alias edisi kedua dari turnamen yang dalam waktu dekat akan digelar di Indonesia itu.

Lalu bagaimana kiprah Shin Tae-yong di Piala Dunia 1987 yang ketika itu digelar di Kanada? Sejauh mana Shin Tae-yong membawa Timnas Korea Selatan? Apakah hanya jadi bulan-bulanan atau sebaliknya?

Ketika itu Shin Tae-yong masih berusia 16 tahun dan berstatus sebagai pelajar di Daegu Technical High School.

Diketahui saat itu Shin Tae-yong mengenakan nomor punggung 10. Shin Tae-yong memegang peranan penting sebagai gelandang serang. Terbukti Shin Tae-yong selalu tampil sebagai starter di setiap laga Timnas Korea Selatan di Piala Dunia U-17 1987.

Shin Tae-yong mencetak dua gol dari empat pertandingan. Pada laga pembuka babak penyisihan Grup B, Shin Tae-yong mencetak satu-satunya gol untuk Korea Selatan saat  menghadapi Pantai Gading dimana skor akhirnya adalah 1-1.

Lalu di laga kedua, Korea Selatan terpaksa menerima kekalahan 0-1 dari Ekuador. Kemudian di laga ketiga Shin Tae-yong menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan Korea Selatan dengan skor 4-2 atas Amerika Serikat.

Hasil itu membuat Korea Selatan berhasil lolos dari babak penyisihan grup. Namun sayangnya mereka harus angkat koper setelah di fase gugur kalah 0-2 dari Italia.

Ketika itu turnamen tersebut masih diikuti oleh 16 tim. Kini Piala Dunia U-17 akan melakoni turnamen ke-19 dan akan diikuti oleh 24 tim termasuk tim besutan Bima Sakti.

Turnamen ini sudah melahirkan banyak bintang-bintang kenamaan lapangan hijau. Di era Shin Tae-yong sebut saja Gianluca Pessotto dari Italia, Sonny Anderson dari Brasil, dan Emmanuel Petit dari Prancis.

Pemain naturalisasi Timnas IndonesiaJordi Amat juga merupakan alumni dari Piala Dunia U-17 2009 lalu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network