Tak Ada Opsi Indonesia, Malaysia Lawan China dan Taiwan di FIFA Matchday

"Malaysia memang mencari poin FIFA, bukan lawan tangguh."

Feature | 27 June 2023, 09:21
Tak Ada Opsi Indonesia, Malaysia Lawan China dan Taiwan di FIFA Matchday

Libero.id - Wacana mempertemukan timnas Malaysia dengan timnas Indonesia pada FIFA Matchday edisi September 2023 dipastikan tidak akan terwujud. Pasalnya, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) memastikan Harimau Malaya akan pergi ke Beijing untuk menghadapi timnas China setelah menghadapi timnas Taiwan.

Keinginan mempertemukan Indonesia dengan Malaysia di pertandingan uji coba internasional dalam kalender FIFA sempat mencuat setelah FIFA Matchday edisi Juni 2023.

Ketika itu, banyak pendukung Indonesia di media sosial menantang Malaysia bertandingan pada September 2023. Ada berbagai macam alasan yang diungkapkan. Salah satunya karena lawan yang dihadapi Malaysia di FIFA Matchday cukup ringan seperti Kepulauan Solomon dan Papua Nugini.

Perbincangan di dunia maya kemudian sampai ke telinga para petinggi PSSI dan FAM. Jika PSSI menyambut gembira rencana itu, FAM buru-buru menolaknya. Mereka menganggap peringkat Indonesia tidak layak untuk melawan Malaysia.

Penolakan itu kemudian direalisasikan dengan keputusan FAM yang memastikan terbang ke Negeri Tirai Bambu untuk menghadapi China. China diharapkan menjadi lawam tangguh anak-anak asuh Kim Pan-gon agar bisa meneruskan catatan positif di dua pertandingan FIFA Matchday sebelumnya.

Pertandingan melawan China diharapkan bisa semakin memperbaiki peringkat Harimau Malaya di rangking FIFA. Sebab, China berada jauh diatas Malaysia, yaitu peringkat 81 FIFA. Sedangkan Malaysia berada di peringkat 136 FIFA.

Uniknya, jika timnas China sudah pasti, maka timnas Taiwan sedang dalam penjajakan. Pasalnya, Malaysia ingin pertandingan melawan Taiwan digelar di kandang. Sementara Taiwan tidak ingin bermain tandang. Jadi, ini masih belum pasti, meski kemungkinannya sangat besar.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network