Profil Faiq Bolkiah, Pemain Terkaya di Bumi Gabung Klubnya Jonathan Khemdee Ratchaburi FC

"Dari namanya sudah bisa ditebak siapa dia."

Biografi | 18 June 2023, 09:54
Profil Faiq Bolkiah, Pemain Terkaya di Bumi Gabung Klubnya Jonathan Khemdee Ratchaburi FC

Libero.id - Masih ingat Faiq Bolkiah? Pesepakbola asal Brunei Darussalam itu baru menandatangani kontrak dengan Ratchaburi FC. Itu adalah klub Thai League 1 yang masih diperkuat pemain kontroversial Thailand di SEA Games 2023, Jonathan Khemdee.

Bermain di Negeri Gajah Putih bukan hal asing untuk pemilik nama lengkap Ahmed Shah Riyaz Jefri Mozud Faiq Bolkiah Firozul. Sebelumnya, pemain berusia 25 tahun tersebut membela Chonburi FC.

Bergabungnya Faiq Bolkiah dianggap sebagai media promosi yang bagus untuk Ratchaburi FC. Pasalnya, reputasi sang pemain sudah mendunia. Faiq Bolkiah dikenal media sebagai pesepakbola terkaya di bumi.

Meski medioker, kekayaan Faiq Bolkiah mengalahkan pesepakbola-pesepakbola papan atas dunia masa lalu maupun masa kini. Konon, uang Faiq Bolkiah melewati orang-orang seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Thierry Henry, David Beckham, atau Mathieu Flamini.

Kok, bisa? Itu karena status Faiq Bolkiah. Lahir di Los Angeles, 9 Mei 1998, dia bukan sembarang pesepakbola.

Dari nama belakangnya kita bisa melacak garis keturunan dan keluarga Faiq Bolkiah yang merupakan bangsawan. Dia merupakan putra kandung Jefri Bolkiah ibni Omar Ali Saifuddien III. Dalam piramida kekuasaan negeri di Kalimantan Utara itu, Jefri Bolkiah adalah adik kandung Sultan Hassanal Bolkiah.

Dengan status itu, Faiq Bolkiah memiliki harta yang diperkirakan mencapai USD19 miliar (Rp284,2 triliun).

Meski kaya raya dan sebenarnya bisa menjadi pemilik klub Eropa, Faiq Bolkiah justru memilih memulai karier sebagai pesepakbola profesional. Berposisi sebagai winger, Faiq Bolkiah memulai karier dari tim junior AFC Newbury. Kemudian, gabung Southampton, Chelsea, dan Leicester City.

Debut profesional Faiq Bolkiah dimulai di Portugal dengan Maritimo B pada 11 April 2021. Tapi, beberapa bulan kemudian, dia memilih kembali ke ASEAN untuk bermain di Thailand membela Chonburi FC.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network