Siap Unjuk Kehebatan, 5 Pemain Debutan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

"Ada banyak muka baru di skuad Garuda kali ini."

Feature | 13 June 2023, 03:09
Siap Unjuk Kehebatan, 5 Pemain Debutan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Libero.id - Timnas Indonesiaakan menghadapi pertandingan melawan timnas Palestina, Rabu (14/6/2023), dan timnas Argentina, Senin (19/6/2023). Ada lima pemain debutan yang ditunggu penampilannya dan diharapkan bisa membuat pasukan Garuda semakin solid.

Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk FIFA Matchday kali ini. Lima di antaranya merupakan pemain debutan.

Meski baru dipanggil membela seragam berlogo Garuda, keputusan ada di tangan Shin Tae-yong. Apakah pelatih asal Korea Selatan itu memberikan kesempatan masuk starting line-up, duduk di bangku cadangan, atau sama sekali tidak bertanding.

Jadi, layak kita nantikan bagaimana kiprah 5 pemain debutan timnas Indonesia berikut ini:

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh menjadi pemain yang paling ditunggu penampilannya oleh para pendukung timnas Indonesia. Dirinya juga sangat bersemangat karena debut untuk Merah-Putih sudah tertunda lama setelah menanti 7 tahun. Itu karena cedera ketika melawan timnas Burundi dan tidak diiizinan ikut Piala AFF 2022.

Sayang, saat semuanya terlihat nyata di depan mata, kabar buruk datang. Sandy Walsh kembali cedera saat TC di Surabaya. Bahkan, dia sudah membuat pernyataan bahwa tampaknya mustahil untuk bermain melawan Palestina atau Argentina.

2. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama akhirnya berhasil menyelesaikan urusan administrasi terkait perpindahan asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia). Status sebagai pemain intik Viking FK di Liga Norwegia menjadikan Shayne Pattynama punya potensi bintang di timnas Indonesia.

Berposisi bek sayap kiri, Shayne Pattynama berpotensi jadi ancaman serius untuk Pratama Arhan. Tapi, tampaknya Shin Tae-yong sudah punya skenario untuk membuat kedua pemain top ini bermain di waktu bersamaan.

3. Ivar Jenner

Ivar Jenner adalah satu dari dua pemain naturalisasi terbaru milik Indonesia. Diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023, pemain Jong Utrecht itu sekarang justru mendapatkan kesempatan bermain di timnas senior. Tidak tanggung-tanggung, dirinya berpotensi menghadapi Argentina.

Pengalaman Ivar Jenner di Belanda akan sangat berharga. Meski dari 13 pertandingan liga musim lalu belum mencatatkan gol atau asisst, Ivan Jenner punya prospek cerah di sepakbola internasional.

4. Rafael Struick

Rafael Struick punya nasib yang sama dengan Ivar Jenner. Sama-sama batal ke Piala Dunia U-20 2023, dirinya memilih tetap setia dengan Indonesia. Hasilnya, panggilan dari Shin Tae-yong untuk memperkuat pasukan Garuda didapatkan.

5. Reza Arya Pratama

Reza Arya Pratama adalah satu-satunya pemain yang bukan berstatus keturunan atau naturalisasi. Produk didikan PSM Makassar itu populer ketika membantu Juku Eja menjuarai Liga 1 2022/2023. Dirinya sangat tangguh di bawah mistar gawang sehingga membuat Shin Tae-yong jatuh hati.

Dari 33 pertandingan Liga 1 musim lalu yang diikuti (hanya absen sekali), Reza Arya Pratama mencatatkan 14 clean sheets. Tapi, di timnas Indonesia, dia harus bersaing dengan Syahrul Trisna dan Ernando Ari Sutaryadi, yang sudah jadi langganan.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network