Siapa Dia? Wasit Polandia Pimpin Pertandingan Argentina vs Prancis

"Pendukung Liverpool pasti tahu wasit yang satu ini."

Biografi | 17 December 2022, 23:17
Siapa Dia? Wasit Polandia Pimpin Pertandingan Argentina vs Prancis

Libero.id - Diluar dugaan, FIFA tidak menunjuk wasit-wasit dari liga-liga papan atas Eropa seperti Inggris, Spanyol, atau Italia. Pria yang akan bertanggung jawab saat tim nasional Argentina menghadapi Prancis di Lusail Iconic Stadium, Doha, Minggu (18/12/2012) malam WIB, adalah Szymon Marciniak dari Polandia.

Keluhan beberapa peserta Piala Dunia 2022 terkait kualitas wasit yang kurang bagus ternyata didengarkan FIFA. Mereka memulangkan beberapa nama kontroversial seperti Antoni Mateu Lahoz dari Spanyol.

Kemudian, FIFA menunjuk beberapa pengadil lapangan yang kurang populer, tapi punya reputasi bagus. Salah satu yang mendapat kehormatan besar itu adalah  Szymon Marciniak. Dia akan dibantu Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz. Mereka mengukir sejarah dengan menjadi wasit Polandia pertama yang memimpin final Piala Dunia.

Penunjukan Szymon Marciniak akan menjadi pukulan telak bagi dua wasit elite Liga Premier, Anthony Taylor, yang masih berada di Qatar, dan Michael Oliver, yang sudah dipulangkan FIFA. 

Lalu, apa alasan  Szymon Marciniak bertugas memimpin Lionel Messi vs Kylian Mbappe? Menurut Sports Center, alasan utamanya ada pada Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina. Wasit legendaris Italia itu terkesan dengan aksi pria kelahiran 7 Januari 1981 itu selama turnamen di Qatar.

Szymon Marciniak dianggap bagus saat memimpin pertandingan Prancis vs Denmark (2-1) di babak grup dan Argentina vs Australia (2-1) di babak 16 besar.

Tapi, bukan hanya itu.  Szymon Marciniak memiliki banyak pengalaman pertandingan internasional. Salah satunya pada 2020 ketika memimpin kekalahan 0-1 Liverpool dari Atletico Madrid. Saat itu, fans The Reds kurang terkesan dengan penampilan  Szymon Marciniak. Mereka berkomentar pedas di media sosial. 

Menurut mereka, ada keputusan  Szymon Marciniak yang kurang bagus. Salah satunya memberikan kartu kuning kepada Joe Gomez karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap Alvaro Morata.

Pada akhir pertandingan, Juergen Klopp juga terlihat memprotes  Szymon Marciniak untuk mempertanyakan sejumlah hal.

Tapi, hal itu ternyata tidak cukup meyakinkan Pierluigi Collina dan timnya untuk mengajak  Szymon Marciniak ke Piala Dunia 2022. Bahkan, kini sejarah akan dicetak pengadil lapangan yang sudah berkarier di level atas sepakbola Polandia sejak 2009 itu.
 

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network