Kisah Christopher Atherton, Bocah 13 Tahun Jadi Pemain Termuda di Britania Raya

"Di Indonesia ada nggak ya?"

Biografi | 15 September 2022, 16:50
Kisah Christopher Atherton, Bocah 13 Tahun Jadi Pemain Termuda di Britania Raya

Libero.id - Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun telah membuat sejarah setelah menjadi pesepakbola senior termuda di Inggris Raya.

Christopher Atherton masih duduk di kelas 9 sekolah menengah, tetapi diperkenalkan sebagai pengganti tim semi-pro Irlandia Utara, Glenavon, dalam kemenangan 6-0 atas Dollingstown pada Selasa (13/9/2022) malam waktu setempat.

Dia berusia 13 tahun 329 hari ketika pemain-manajer Glenavon, Gary Hamilton, memberinya debut di Mourneview Park untuk menggantikan Jack Malone pada menit ke-75.

Keputusan itu terbukti menjadi keputusan yang menginspirasi saat Atherton mendapat assist dengan sentuhan pertamanya setelah masuk dalam pertandingan Piala Liga.

Atherton membantu Matthew Snood untuk mencetak gol keenam dan terakhir dalam kemenangan tersebut. Klubnya memberi selamat kepada Atherton atas pencapaian bersejarahnya, yang memecahkan rekor 42 tahun lalu yang dibuat oleh Eamon Collins.

Dia hanya membuat satu penampilan untuk Blackpool pada usia 14 dan 323 hari dalam pertandingan Piala Inggris-Skotlandia melawan Kilmarnock pada 9 September 1980.

Sementara Collins menjadi pemain internasional Republik Irlandia U-21, kemudian bermain untuk tim seperti Southampton dan Portsmouth.

Atherton telah menghabiskan waktu di klub Skotlandia, Dundee United, dan tampaknya dinilai tinggi.
Di Liga Premier, pemain termuda yang pernah ada adalah bintang Liverpool, Harvey Elliott, yang bermain untuk Fulham saat berusia 16 tahun 30 hari.

Dia juga pemegang rekor membanggakan lainnya setelah menjadi pemain termuda yang tampil di Piala Liga pada September 2018 dan 174 hari.

Dalam hal rekor dunia, Eric Godpower Marshall yang berusia 11 tahun menjadi berita utama tahun lalu ketika dia menjadi pesepakbola termuda saat tampil untuk Gar'ou melawan Haifa FC di Liberia.

Mengenakan sepatu dengan ukuran anak-anak dan dengan kemeja dan celana pendeknya yang terlalu besar untuknya, Marshall ditempatkan di lini tengah dan tidak menunjukkan tanda-tanda perbedaan usia.

Pemain yang memegang rekor sebagai pemain termuda yang tampil dalam permainan profesional adalah pemain Bolivia, Mauricio Baldivieso, yang masuk untuk Club Aurora melawan La Paz pada 2009 ketika baru berusia 12 tahun.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network