Eks Direktur Barcelona: VAR Digunakan Untuk Legalisasi Kecurangan

"Barcelona terus menyerang kredibilitas wasit yang mereka sebut untungkan Real Madrid."

Feature | 22 June 2020, 22:39
Eks Direktur Barcelona: VAR Digunakan Untuk Legalisasi Kecurangan

Libero.id - Barcelona terus melancarkan serangan atas kredibilitas wasit. Setelah sebelumnya Gerard Pique menyebut Real Madrid diuntungkan wasit, serangan juga datang dari mantan Direktur Barcelona Toni Frexia. Dia mengatakan, VAR menjadi instrumen untuk melegalkan kecurangan.

Sebelum ini, pemain Barcelona Arturo Vidal tak kuasa menulis emoji tertawa di media sosial saat wasit membatalkan gol Valencia ke gawang Real Madrid setelah meninjau VAR.

Toni Frexia menilai, kemenangan Real Madrid atas Real Sociedad diwarnai kontroversi dengan VAR memainkan peran kunci dalam kemenangan Los Blancos.

Media sosial dipenuhi tudingan bahwa Real Madrid dibantu oleh teknologi.

Mantan Direktur Barcelona Toni Freixa termasuk di antara mereka yang tidak puas dengan implementasi teknologi dengan beberapa kata-kata keras yang disuarakan selama pertandingan.

"Berapa banyak kerusakan yang telah dilakukan dengan delapan gelar dari 11 musim liga,” tulis Freixa, merujuk pada keberhasilan domestik Barcelona baru-baru ini.

"Mereka telah mengubah VAR menjadi instrumen untuk melegalkan kecurangan.”

"Melihat dua hari terakhir akan sulit bagi Real Madrid untuk kehilangan poin," tambahnya, menggemakan komentar Gerard Pique baru-baru ini.

TANGGAPAN ZIDANE

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menyampaikan kekesalannya bahwa penampilan Real Madrid di lapangan dibayangi oleh obrolan tentang wasit.

Momen yang melibatkan Vinicius, Adnan Januzaj dan Karim Benzema disebut kontroversial dalam kemenangan 2-1 mereka atas Real Sociedad pada hari Minggu. Sang pelatih ditanya tentang tiga momen menentukan pertandingan itu dalam konferensi persnya.

"Saya belum melihat insiden itu, tetapi saya telah diberitahu ada penalti pada Vinicius dan bahwa gol Karim sah," kata Zidane usai pertandingan dikutip Marca, Senin (22/6).

"Saya tidak masuk ke kontroversi karena ada wasit yang dipilih untuk (menjalankan tugas) itu. Saya hanya ingin memikirkan kemenangan yang pantas kami dapatkan,” tegasnya.

"Ini membuat saya muak bahwa kita pada akhirnya hanya berbicara tentang wasit dan seolah-olah kita tidak melakukan apa pun di lapangan.

"Kami tidak akan mengendalikan apa yang diperbincangkan.

"Kami menang di lapangan dan itulah yang kami lakukan hari ini.

"Ini kemenangan yang pantas."

Kolumnis Marca Amalio Moratalla mencoba memandang dari sudut netral. Dia menulis:

Banyak yang lebih suka mendiskusikan insiden wasit daripada sepak bola itu sendiri, hampir melebihi sepak bola, itu adalah sesuatu yang saya temukan dari waktu ke waktu. Saya akan menyampaikan pandangan saya tentang tiga insiden menurut perkiraan saya, setelah melihat di TV ribuan kali. Tanpa mengenakan atribut dari tim mana pun, tanpa berpihak dengan berdasarkan pengalaman selama empat puluh tahun menonton sepak bola.

1. Bagi saya ada kontak dalam insiden yang melibatkan Vinicius dan, karenanya, itu penalti. Dan saya tidak masuk ke apakah itu soft penalti, banyak atau sedikit kontak, VAR bahkan akan memberikannya jika wasit tidak meniup penalti. Saya melihat ketidakseimbangan yang disebabkan oleh kontak dan saya mengerti mengapa wasit menunjuk titik putih.

2. Adnan Januzaj menembak dari luar kotak dan tidak bisa dihentikan Thibaut Courtois. Wasit menganggap bahwa Mikel Merino mengganggu permainan dan itu sangat masuk akal. Bagi saya, ia memiliki pengaruh dalam permainan itu. Dia berada di jalur tembakan dan saya berada di sisi wasit. Tetapi saya juga mengerti siapa pun yang berpikir dia tidak ikut campur.

3. Saya sudah mengatakan, bagian tubuh yang digunakan mengontrol bola itu bukan tangan Karim Benzema.

Jadi, di mana bantuan wasit? Madrid bukan hanya pemimpin karena mereka menang di San Sebastian, tetapi juga karena Barcelona bermain imbang melawan Sevilla, yang tidak boleh kita lupakan.

Saya tidak peduli, tetapi menanyai para wasit dan menuduh mereka tentang rencana semula sangat mengganggu saya. Saya selalu mengatakannya dan saya akan mengulanginya: pada hari saya tahu bahwa wasit memasuki lapangan untuk membela klub atau pemain tertentu, saya akan berhenti mengikuti olahraga.

Ada banyak kesalahan, tapi itu masalah yang berbeda. Menuduh wasit merampok terlalu mudah dilakukan.

Saya suka nada lain, kosa kata lain dan nilai-nilai yang banyak kita bicarakan. Saya ingin hidup dalam iklim yang lebih harmonis. Untuk dapat berdebat tanpa saling tidak hormat.

Mari kita terima bahwa kadang-kadang ada kesalahan, seperti yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dan mari kita terus menikmati apa yang kita sukai dari sepakbola.”

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network