Kisah Jorja Fox, Bek Tangguh Tim Wanita Chelsea

"Keinginan terpendam Fox."

Biografi | 16 March 2022, 19:36
Kisah Jorja Fox, Bek Tangguh Tim Wanita Chelsea

Libero.id - Chelsea bukan cuma punya tim pria yang hebat, mereka juga punya tim wanita yang luar biasa. Jika di tim pria ada sosok bernama Antonio Rudiger yang menjadi palang pintu tanggung di lini belakang, maka tim wanita Chelsea memiliki Jorja Fox.

Lantas, seperti apakah kisah Fox sehingga bisa berada dalam skuad Chelsea wanita dan memainkan peranan penting. Saat itu musim panas 2012, Fox berusia delapan tahun dan ayahnya, Dave, membawanya ke akademi Chelsea untuk melakukan trial.

Meskipun menurut pengakuan sang ayah putrinya bermain buruk, tapi kenyataannya segalanya berjalan lebih baik daripada yang dipikirkan Dave. Chelsea menyukai apa yang mereka lihat dan memanggil Fox untuk masa trial lain. 

Dan, semuanya berjalan mulus setelah itu.

Setelah bermain untuk akademi, Fox melakukan debut seniornya di Liga Super Wanita pada Januari 2021. Dia merupakan bagian dari skuad yang memenangkan treble musim itu, sekaligus mencapai final Liga Champions Wanita.

Tapi, sebetulnya karier Fox tidak serta-merta mentereng. Kisah Fox adalah salah satu ketekunan dan kerja keras. Seperti halnya semua pesepakbola muda, dia harus mengorbankan kenyamanan pribadinya. Liburan keluarga yang besar secara khusus dianggap sebagai sesuatu yang "sangat sulit" karena jadwal sepakbolanya sangat padat.

Tapi, sebagai penebusnya. Dia berhasil masuk tim nasional dan itu juga tidak mudah. Apalagi, secara alami dirinya tergolong anak lebih pendiam ketimbang rekan-rekannya.

Ketika dia dipanggil untuk memperkuat timnas Inggris, kerinduan akan kampung halaman adalah hambatan lain yang perlu dia diatasi.

Tetapi, tekad yang keras untuk menjadi pesepakbola profesional telah membuatnya berhasil melewati setiap tantangan yang ada. Yang jelas, Fox adalah seseorang yang tidak menyerah pada apa pun, tidak peduli seberapa besar atau kecil.

Sikap itu telah membantunya masuk ke dalam skuad Chelsea yang bertabur bintang. Seorang full-back yang berpikiran menyerang dengan etos kerja yang hebat.

Dia sekarang mendapatkan pengalaman reguler tim utama dengan status pinjaman di Charlton di Championship, sambil kembali ke klub induknya seminggu sekali, di mana dia belajar dari beberapa pemain terbaik dunia.

“Sam Kerr seperti seorang ibu bagi saya tahun lalu, yang sangat membantu. Dia selalu mencoba membuat lelucon. Saya suka itu tentang dia. Saya pikir itu banyak membantu saya beradaptasi dengan tim musim lalu," kata Fox.

“Pernille (Harder), terutama Magda (Eriksson), saya merasa mereka selalu memastikan saya baik-baik saja. Mereka selalu menanyakan kabarku dan hal-hal seperti itu. Itu adalah keseimbangan yang bagus.”
Piala Eropa U-19 Wanita musim panas ini bisa menjadi pengalaman besar lainnya dalam karier Fox yang masih muda.

“Saya pikir untuk musim ini, saya hanya ingin terus fokus pada pengembangan pribadi saya di Championship dan membawa diri saya ke titik musim depan di mana saya bisa bersaing di Chelsea untuk pra-musim dan menempatkan diri saya pada level di mana saya bisa bersaing di WSL,” katanya.

“Tahun depan, saya ingin bermain di WSL, entah itu di Chelsea atau dipinjamkan ke klub lain.”
“Dalam jangka panjang, saya ingin menjadi pemain Chelsea dan hanya itu yang saya inginkan,” tutupnya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network