Kisah Kejayaan Philippe Senderos di Arsenal, Raksasa Swiss

"Momen menanduk dahi Ronaldinho."

Biografi | 16 February 2022, 17:53
Kisah Kejayaan Philippe Senderos di Arsenal, Raksasa Swiss

Libero.id - Philippe Senderos memiliki karier sepakbola yang cukup baik. Tetapi, untuk satu musim yang indah di Arsenal, bek itu begitu tak terkalahkan.

Dengan satu atau dua peringatan di tangan, mungkin untuk mengatakan bahwa 2005/2006 menjadi musim paling berkesan bagi Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger.

Di dalam negeri, tim Wenger yang pernah mengalami kekalahan 7-0 sampai 2-3 akhirnya finis keempat.

Itu adalah transisi yang canggung antara Dennis Bergkamp yang terlalu tua dan Robin van Persie yang tidak terlalu tangguh, dan separuh tim yang pergi di akhir musim.

Namun, di tengah kegilaan itu, seorang pria berdiri tegak. Seorang pemain bermain selama 630 menit di Liga Champions, menghadapi beberapa penyerang terbaik di era itu dan beberapa pemain terbaik yang pernah ada tanpa kebobolan satu gol pun. Pria itu adalah Legenda asal Jenewa, Swiss, bernama Philippe Senderos.

Senderos adalah prospek terpanas dan masuk ke tim utama Servette pada usia 17 tahun. Bek tengah itu menarik minat beberapa klub terbaik Eropa, dan dia menolak tawaran Real Madrid, Bayern Muenchen, dan Manchester United pada pada Desember 2002. Dia melakukan itu demi menandatangani kontrak dengan Arsenal, meskipun bertentangan dengan keinginan ayahnya.

“Tentu saja saya lebih suka dia bergabung dengan Real Madrid,” kata Julian Senderos yang kecewa.
Setelah menonton musim Invincibles Arsenal pada 2004 dari meja perawatan, Senderos junior melakukan debutnya di Piala Liga pada Oktober 2004 dan pertandingan Liga Premier beberapa bulan kemudian.

Pada akhir musim, dia menjadi pemenang Piala FA, mengambil keuntungan dari cedera Sol Campbell untuk bermain di final melawan Manchester United.

Pemain berusia 20 tahun itu dipuji karena berhasil masuk ke tim utama dan menyatakan tekadnya untuk tidak berpuas diri. “Saya selalu menjadi pekerja keras di sekolah,” katanya kepada The Independent.

“Saya selalu ingin menyelesaikan sesuatu. Ayah saya sering berkata kepada saya, 'Waktu yang tidak Anda gunakan sekarang tidak akan kembali besok,' dan saya tidak pernah melupakan itu. Saya selalu bekerja keras untuk sepakbola, karena saya bukan Ronaldinho. Saya adalah pemain lain.”

Empat tahun kemudian, saat bermain bersama Ronaldinho untuk AC Milan, Senderos secara tidak sengaja melakukan sundulan ke dahi pemain Brasil itu.

Senderos tidak pernah bermain melawan Ronaldinho di level klub, meskipun mungkin dia seharusnya melakukannya. Karena selama musim 2005/2006, anak muda Swiss menghadapi beberapa penyerang terbaik dekade ini dan keluar sebagai yang teratas.

Itu adalah musim yang aneh bagi The Gunners. Di Liga Premier, inkonsistensi mereka mencegah tim membuat tantangan gelar.

Di Eropa mereka menemukan ceritanya sendiri, memukul jauh raksasa benua Eropa dan melakukan beberapa penampilan defensif terbaik dari seluruh pemerintahan Wenger.

Senderos awalnya bukan bagian dari petualangan itu. Untuk empat pertandingan penyisihan grup pertama Arsenal, Campbell dan Kolo Toure bergabung untuk mengalahkan FC Thun, Ajax, dan Sparta Prague dua kali. Duo pemain berpengalaman itu kebobolan dua kali dalam empat pertandingan itu.

Tapi, Campbell mengalami musim yang aneh. Pada 26 November 2005, pemain Inggris itu memberikan wawancara jujur kepada The Guardian dan menjelaskan bagaimana cedera serta masalah di luar lapangan memengaruhinya. “Terkadang Anda akhirnya berpikir, 'Mengapa ini tidak terjadi?' Hubungan dengan tubuh dan bola saya, posisi saya di lapangan, waktu dan sentuhan, tidak tepat.”

Beberapa hari sebelumnya, Senderos menggantikan posisi Campbell saat meraih kemenangan tandang 1-0 Arsenal atas FC Thun.

Menghadapi nama-nama besar seperti Wesley Sneijder, Robinho, Ronaldo, Zinedine Zidane, David Beckham, dan Raul mungkin akan menyebabkan sebagian besar pemain bertahan meringkuk atau kencing di celana mereka, bahkan memilih pensiun. Namun, tidak pada diri seorang Sol Campbell apalagi Philippe Senderos.

Antara November 2005 dan April 2006, selama 630 menit di Liga Champions, bek Arsenal itu menghadapi setiap superstar itu.

Dan, tidak satu pun dari mereka yang bisa mengotori clean sheet sang bek. Ini juga merupakan pertandingan besar. Di babak 16 besar, Arsenal menahan Real Madrid di kandang dan tandang, membuktikan bahwa Julian Senderos salah. Kemudian mereka melakukan hal yang sama kepada Juventus di perempat final.

Philippe yang berusia 21 tahun kemudian memainkan pertandingan kandang semifinal melawan Villarreal dan menutup kemenangan 1-0 atas Riquelme dkk.

#Karier Senderos yang terhenti

Sanderos telah membuat kemitraan dengan Brede Hangeland dalam perjalanan kariernya. Campbell kembali untuk leg kedua semifinal, kemudian kembali tampil dan mencetak gol di final.

Sementara Ronaldinho, pemain yang berbeda dengan Senderos, mengangkat trofi Liga Champions saat pemain muda Swiss itu menyaksikan timnya menderita kekalahan paling kejam.

Eksodus massal menyusul setelah Arsenal meninggalkan Highbury, dan sejumlah pemain senior seperti Bergkamp, Pires, Cole, Campbell mengikutinya.

Pengganti Campbell, pria yang bermitra dengan Toure dan membantu Senderos berkembang lebih jauh? William Gallas, seorang pria dengan semua keterampilan kepemimpinan interpersonal dari jam Highbury.

Senderos gagal menekan. Johan Djourou menggantikannya sebagai pemain magang di skuad utama Arsenal, dan bek tengah yang menjulang tinggi itu berjuang untuk memperkuat tempat tim utama.

Meskipun dia bermain 14 musim lagi, dia pensiun pada Desember 2019, dan hanya bermain dua kali dalam 20 pertandingan liga dalam satu musim pada kedua kesempatan itu bersama Fulham, antara 2011 dan 2013.

Kegagalan untuk memanfaatkan janji awal bukan sepenuhnya menjadi kesalahan Senderos. Mundur sedikit dari pernyataan tersirat tentang kehebatannya, pemain Swiss itu jelas merupakan bek tengah junior selama pertandingan Liga Champions yang ketat itu.

Dia tidak selalu terlihat meyakinkan, dan penampilan angkuh dari Toure dan Jens Lehmann tentu saja merupakan faktor yang lebih besar dalam clean sheet berturut-turut itu.

Tapi, Anda harus bertanya-tanya apakah bek dan kapten selain William Gallas mungkin lebih baik melayani karier Senderos setelah 2006.

Pada September 2018, pria Prancis berkelas itu mengungkapkan bagaimana mental Senderos yang hancur sebelum pertandingan besar. “Saya melihatnya melawan Chelsea, melawan Didier Drogba, di mana dia benar-benar panik, seperti sedang menjalani pertandingannya sebelum memainkannya."

“Sayangnya, ketika Anda melihatnya di lapangan, dia kehilangan kemampuan bermainnya, dia tidak bermain dengan baik,” ungkap Gallas.

Mengingat deretan talenta menyerang yang gagal melewati Senderos pada musim 2005/2006, sepertinya sesuatu atau orang lain mungkin menjadi masalah yang lebih besar.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network