8 Rekor Fantastis Dani Alves Pada Periode Pertama di Barcelona

"Menanti periode kedua Alves di Camp Nou."

Biografi | 15 November 2021, 00:50
8 Rekor Fantastis Dani Alves Pada Periode Pertama di Barcelona

Libero.id - Setelah bermain bersama Juventus, Paris Saint-Germain, dan Sao Paulo, Legenda hidup Barcelona, Dani Alves, pada akhirnya kembali ke Camp Nou. Pemain asal Brasil itu telah bergabung kembali dengan klub pertama kali dia bela pada musim 2008.

Alves hengkang dari Barcelona pada musim 2016. Selama kariernya di klub Catalunya, Alves mencetak periode paling sukses dalam sejarah Barcelona.

Alves turut serta membuat beberapa catatan dan statistik menakjubkan dan tampaknya pemain berusia 38 tahun itu masih sanggup untuk melanjutkan kiprah apiknya di bawah pelatih baru, Xavi Hernandez, yang tak lain adalah rekan setimnya dulu.

Akan menarik melihat bagaimana bek sayap veteran itu bermain. Dan, untuk merayakan kembalinya Alves, berikut adalah delapan rekor dan statistik terbaik dari periode pertama Alves bersama Barcelona.

1. Selama delapan tahun di Barcelona, daftar penghargaan Alves sebagai berikut: 6 gelar La Liga, 4 Copa del Rey, 4 Supercopa de Espana, 3 Liga Champions, 3 Piala Super UEFA, 3 Piala Dunia Antarklub.

2. Rekor di atas berarti juga rekor fantastis lebih rinci bagi Alves lainnya,  yakni  2,8 trofi per musim. Itu artinya juga satu trofi terangkat setiap 17 pertandingan di Barcelona.

3. Trofi lebih lanjut yang dimenangkan bersama Brasil, Bahia, PSG, Juventus, Sevilla, dan Sao Paolo menjadikannya pesepakbola pria paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah olahraga. Total 46 trofi – dan lebih dari setengahnya diperoleh di Barca.

4.  43 dari 672 gol Messi di Barcelona dibantu oleh Alves. Andres Iniesta (44) dan Luis Suarez (54) adalah satu-satunya pemain yang memberikan lebih banyak assist untuk gol pemain Argentina itu.

5.  Alves rata-rata tampil 30 kali di La Liga (48 di semua kompetisi) dalam satu musim di Barcelona.

6. Pemain Brasil itu duduk di urutan ke-13 dalam pembuat penampilan terbanyak sepanjang masa di Barcelona. Lionel Messi adalah satu-satunya pemain asing yang menghasilkan lebih banyak.

7. Rekrutan pertama Guardiola adalah Alves. Pada usia 38, dia juga menjadi rekrutan pertama bagi Xavi.

8. Dalam 208 penampilan di bawah Pep Guardiola, Alves mencatatkan 68 assist dan 15 gol. Itu berhasil sebagai kontribusi gol langsung setiap 214 menit – untuk bek kanan. Untuk menempatkan itu dalam konteks, Trent Alexander-Arnold yang setara era modern rata-rata mencetak gol atau assist setiap 255 menit di bawah asuhan Juergen Klopp di Liverpool.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network