Selamat Ulang Tahun!

Wijnaldum dan Darah Jawa yang Mengalir dalam Tubuhnya

"Ada darah Jawa di Tubuh Wijnaldum"

Biografi | 11 November 2021, 15:26
Wijnaldum dan Darah Jawa yang Mengalir dalam Tubuhnya

Libero.id - Kepindahan Georginio Gregion Emile Wijnaldum dari Liverpool ke Paris Saint Germain (PSG) memang memantik drama. Sebab, Gini mengaku masih betah dan ingin berjuang dengan The Kops. Sayang, pihak manajemen tak memperpanjang kontraknya. 

"Orang-orang di Liverpool menghujani saya dengan cinta kasih selama lima tahun. Saya akan merindukan mereka. Saya berharap bisa bermain lebih lama lagi di sini. Namun, nasib berkata lain. Saya harus memulai petualangan baru," kata Wijnaldum seperti dikutip Skysport.

Wijnaldum lahir di Rotterdam Belanda, hari ini 31 tahun yang lalu. Dia memang dikenal sebagai pemain asal Belanda. Namun, ada darah Indonesia, khususnya Jawa, di dalam tubuhnya. Sebab, kedua orangtua Wijnaldum merupakan keturunan Suriname yang menetap dan hidup di Belanda. 

Seperti kita ketahui, Suriname merupakan tanah lain dari Indonesia. Pada 1809-1939, terjadi migrasi besar-besaran masyarakat Jawa ke sana, dibawa Belanda. Kakek Wijnaldum, satu diantara mereka. 

Hal itu juga yang membuat Wijnaldum berkesempatan bermain untuk Timnas Suriname. Namun ia memutuskan tampil bersama Timnas Belanda yang merupakan tempat kelahirannya.Selain itu, juga bisa membuka akses menuju Eropa lebih mudah, dibanding Suriname. 

Ia pertamakali mengenal sepakbola melalui Akademi Sparta Roterdam pada 1997 silam. Lalu, ia juga pernah berlatih ke Feyenoord. Ia mencatat debut bermain bersama tim senior Feyenord pada 8 April 2007, saat Feyenoord berhadapan dengan FC Groningen. Kala itu, Wijnaldum berusia 16 tahun 148 hari.

10 Foto Daniella Semaan, Istri Cesc Fabregas yang Dijuluki Queen of the WAGs

10 Foto Daniella Semaan, Istri Cesc Fabregas yang Dijuluki Queen of the WAGs

Pada bursa transfer musim panas 2011, Wijnaldum hengkang dari Feyenoord untuk bergabung dengan PSV Eindhoven. Lalu pada musim panas 2015 pindah ke Inggris untuk bergabung dengan Newcastle United, sebelum pindah ke Liverpool pada 2016.

Dan di Liverpool, Wijnaldum menjadi pemain cukup moncer. Selama berseragam Liverpool, ia tampil dalam 237 pertandingan di semua kompetisi. Dari 237 pertandingan tersebut Wijnaldum membukukan 22 gol dan 16 assist.

Saat ini, Wijnaldum memilih berlabuh ke tim para bintang Prancis, Paris Saint Germain (PSG). Wijnaldum jadi satu dari beberapa pemain bintang yang baru didatangkan PSG musim ini. Selain Wijnaldum, PSG berhasil mendatangkan Achraf Hakimi, Sergio Ramos, dan Gianluigi Donnarumma.
 
Selamat ulang tahun, Wijnaldum. 

(wahyu rizkiawan/zq)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan