10 Pelatih Paling Boros Sejagat Sejak 2000, Bukan Pep yang Teratas

"Lantas siapa pelatih paling royal?"

Feature | 19 August 2021, 14:43
10 Pelatih Paling Boros Sejagat Sejak 2000, Bukan Pep yang Teratas

Libero.id - Selama musim panas berlangsung, kita melihat Paris Saint-Germain menandatangani beberapa superstar seperti Lionel Messi, Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, Georginio Wijnaldum, dan Achraf Hakimi. Rekrutan itu dinyatakan sebagai salah satu jendela transfer terbesar sepanjang masa. Beberapa didatangkan dengan harga mahal, yang lain secara cuma-Cuma alias gratis.

Bicara soal itu, laman data Transfermarkt merilis tabel yang menunjukkan pelatih mana yang paling banyak menghabiskan uang untuk biaya transfer, tepatnya dimulai sejak 2000.

Anda mungkin sudah terbayang siapa-siapa namanya. Ya, tentu saja ada pelatih-pelatih yang pernah menangani klub-klub top Eropa seperti Jose Mourinho, Pep Guardiola, dan Carlo Ancelotti yang secara tidak mengejutkan memegang tiga tempat teratas dengan pengeluaran masing-masing senilai 1,76 miliar euro (Rp 29,6 triliun), 1,59 miliar euro (Rp 26,7 triliun), dan 1,37 miliar euro (Rp 23 triliun).

Karena itu, wajar apabila ketiganya terlibat dalam banyak mega transfer di klub elite Eropa termasuk Real Madrid, Barcelona, Manchester United, AC Milan, Chelsea, Manchester City, dan lainnya.

Salah satu kritik terbesar Mourinho selama waktunya menjadi pelatih di klub adalah kebutuhannya menghabiskan banyak uang untuk mencapai sukses.

Namun, beberapa penggemar sebaliknya memuji Guardiola yang relatif bisa lebih sukses dari Mourinho dan Ancelotti, meskipun Guardiola lebih belakangan soal pengalaman melatih.

"Ini bagus untuk dicatat, karier kepelatihan Pep (Guardiola) yang sebenarnya dimulai pada 2008 dengan tim senior Barcelona. Dia adalah pelatih dengan pengeluaran tertinggi kedua sejak 2000. Ini adalah definisi sebenarnya dari ketergantungan yang berlebihan pada kecemerlangan individu," tulis salah satu penggemar.

Guardiola, Ancelotti, dan Mourinho mungkin masih akan menambah jumlah nominal di atas musim panas ini. Apalagi, mereka ingin meningkatkan kedalaman skuad mereka masing-masing.

Salah satu nama yang paling mengejutkan di antara para penggemar adalah dimasukkannya Manuel Pellegrini dalam daftar ini, namun itu logis mengingat dia adalah bagian dari Real Madrid dan Manchester City ketika mereka merekrut pemain seperti Cristiano Ronaldo, Kevin de Bruyne, Kaka, dan Raheem Sterling.

Meskipun banyak penggemar sering menyarankan Arsenal tidak dapat menghabiskan dana seperti tim top lainnya dalam satu dekade setelah mereka pindah ke Stadion Emirates, Arsene Wenger nyatanya berada di urutan kedelapan dalam daftar dengan 891 juta euro (Rp 15 triliun).

Di bagian bawah daftar adalah Unai Emery yang menggantikan Wenger di Arsenal, namun yang paling menonjol adalah bagian dari transfer yang membawa Neymar ke PSG seharga 222 juta euro (Rp 3,7 triliun).

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network