Bukan Messi, Ini 5 Alasan Jorginho Layak Raih Ballon d'Or

"Jorginho memiliki beberapa keunggulan dari capaian Messi tahun ini"

Feature | 12 August 2021, 22:31
Bukan Messi, Ini 5 Alasan Jorginho Layak Raih Ballon d'Or

Libero.id - Jorginho adalah pesaing yang layak untuk berebut penghargaan Ballon d'Or tahun ini bersama dengan Lionel Messi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama telah mendominasi perebutan Ballon d'Or dalam satu setengah dekade terakhir, dengan La Pulga meraih  enam gelar Ballon d'Or, sementara Cristiano Ronaldo mengkoleksi lima Ballon d'Or.

Meski begitu, seiring dengan bertambahnya usia dan performa yang mulai menurun, terutama di tahun ini, ada beberapa pemain yang bisa dikatakan memiliki keunggulan ketimbang capaian Messi dan Ronaldo sepanjang musim 2020/2021, pemain itu adalah Jorginho dan ya pemain Chelsea itu memiliki alasan tersendiri kenapa ia layak memenangkan penghargaan Ballon d'Or tahun ini, penasaran ? berikut ulasannya:

5.Jorginho adalah pencetak gol terbanyak Chelsea di Liga Premier

Jorginho mengakhiri musim 2020/2021 sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea di Liga Premier, yakni dengan 7 gol,  namun di satu sisi ia adalah pemain yang paling rendah rasio golnya dalam satu musim di Liga Premier. Memang mantan pemain Hellas Verona itu bukan pemain utama yang ditugaskan untuk mencetak banyak gol, namun dengan catatan 7 gol dari lini tengah di musim ini, itu adalah hal yang cukup membanggakan.

Ia mencetak delapan gol dan memberikan dua assist untuk The Blues dalam 43 penampilan di semua kompetisi di musim 2020/2021, yang perlu kita ketahui adalah, mencetak gol serta memberikan assist bukan tugas utama Jorginho di Stamford Bridge.

4.Jorginho adalah salah satu pemain terbaik Euro 2020

Jorginho melakukan tugasnya dengan sangat baik untuk Italia sepanjang turnamen Euro 2020. Satu hal yang menarik tentang Jorginho, ia adalaha pesepakbola yang mampu menyesuaikan permainannya sesuai dengan kebutuhan timnya.

Dikenal luas karena distribusi dan ketenangannya pada bola, Jorginho sukses besar dalam menjalankan tugas bertahan di kompetisi paling bergengsi di benua biru tersebut. Catatan statistik mulai dari intersepsi (25), pemulihan (48) dan pelanggaran yang ditarik (19) di Euro 2020, itu semua merupakan bukti ia adalah pemain yang cerdas.

3.Jorginho adalah pemain untuk turnamen besar

Eksekusi penalti krusialnya saat Gli Azzurri beradu penalti dengan Spanyol di babak semifinal Euro 2020, memang salah satu momen terbaik dalam kariernya. Dan ia  mengulangi prestasi itu saat Chelsea melawan Villarreal di Piala Super Eropa. Jorginho tidak kesulitan mengirim bola ke bagian belakang gawang dan memenangkan pertandingan untuk The Blues.

Eks pemain Napoli itu sangat jarang menyia-nyiakan kesempatan besar dan mampu secara konsisten tampil di level tinggi meskipun ada tekanan.  Mitra lini tengah Jorginho, N'Golo Kante memang menuai banyak pujian atas aksinya, namun pria Prancis itu hanya mampu berkembang di lini tengah Chelsea karena kebebasan dan stabilitas yang diberikan Jorginho dan hanya pemain dengan mental juara yang mampu melakukan tugas seperti pria Italia berketurunan Brasil itu.

2.Jorginho unggul di lini tengah Chelsea & Italia meskipun gaya bermainnya kontras

Di Chelsea, Jorginho bermain sebagai gelandang pengangkut air bersama Kante. Berkat jangkauan operan dan pergerakannya yang cerdas, Jorginho mampu mendobrak lini pertahanan lawan dengan bermain melewati satu lini ke lini lain.

Untuk Italia, pemain berusia 29 tahun itu bermain sebagai gelandang bertahan tunggal serta dibiarkan sedikit bermain terbuka oleh Roberto Mancini.

Permainan Jorginho sangat jarang dilirik penggemar dan tugasnya adalah tim yang dibelanya untuk tetap pada permainan sambil mencuri kesempatan untuk mencetak gol semain mendukung fakta bahwa ia merupakan salah satu gelandang terbaik di benua Eropa saat ini.

1. Jorginho telah memenangkan banyak trofi bergengsi tahun ini

Penghargaan individu seperti Ballon d'Or sering kali ditentukan oleh capaian prestasi berupa trofi bergengsi yang diraih seorang pemain. Itu sebabnya pencetak gol dan penyerang sering kali memenangkan penghargaan ini, terlebih yang bermain bersama tim top eropa.

Namun, prestasi Jorginho adalah kasus yang berbeda dan tahun ini ia memenangkan lebih banyak trofi prestisius ketimbang La Pulga. Jorginho adalah roda penggerak vital di tim Chelsea yang memenangkan Liga Champions tahun ini dan di tim Italia yang memenangkan Euro 2020. Dan baru saja, Jorginho membantu Chelsea memenangkan Piala Super Eropa. 

Sementara Lionel Messi sendiri hanya memenangkan gelar Copa Del Rey dan Copa America.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network