Peringkat 5 Pemain Termuda yang Masuk Daftar Ballon d'Or di Abad 21

"Di usia muda pemain-pemain berikut ini sudah masuk daftar penghargaan bergengsi dunia."

Feature | 27 July 2021, 13:25
Peringkat 5 Pemain Termuda yang Masuk Daftar Ballon d'Or di Abad 21

Libero.id - Dalam satu dekade terakhir, Ballon d'Or didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tapi, seiring usia keduanya yang tak muda lagi, persaingan untuk memenangkan penghargaan individu paling bergengsi di dunia ini telah merembet ke mana-mana.

Banyak pesaing telah muncul untuk Ballon d'Or 2021. N'Golo Kante dianggap sebagai favorit setelah Chelsea memenangkan Liga Champions. Tapi, tersingkirnya Prancis lebih awal dari Euro 2020 dan Messi yang sukses membantu Argentina memenangkan Copa America 2021, telah mengubah konfigurasi.

Nama Jorginho juga menjadi perbincangan setelah memenangkan Liga Champions bersama Chelsea dan Euro 2020 bersama Italia.

Ketika banyak bintang mapan dinominasikan untuk penghargaan tersebut, ada juga sejumlah talenta muda yang terpilih dalam daftar 30 pemain terhebat setiap tahunnya. Nama-nama seperti Ronaldo dan Messi juga cukup muda ketika mereka pertama kali dinominasikan untuk  Ballon d'Or.

Tapi, seberapa muda mereka dibandingkan dengan yang lain? Jadi, berikut ini 5 pemain termuda yang masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or di abad 21:


5. Neymar (19 tahun 339 hari pada 2011)

Neymar menjadi terkenal saat bermain untuk Santos pada 2009. Dia melakukan debut profesionalnya pada usia 17 tahun. Dia berhasil memamerkan bakatnya dan dengan cepat menjadi pemain reguler tim utama di musim keduanya. Pemain Brasil itu segera melakukan debut internasional dalam pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat pada 2010.

Musim berikutnya, Neymar menjadi sensasional bagi Santos saat memimpin klub meraih gelar Copa Libertadores pertama dalam 48 tahun. Dia mencetak enam gol dan memberikan tiga assist saat dia juga mengantongi penghargaan Player of the Tournament. Neymar juga brilian di Liga Brasil dengan mencetak 13 gol dan memberikan lima assist.

Neymar kemudian terpilih dalam daftar 23 pemain untuk penghargaan Ballon d'Or tahun itu. Dia menjadi satu-satunya pemain yang bermain di luar Eropa. Meski finish di urutan 10, Neymar memenangkan Puskas Award 2011 untuk golnya melawan Flamengo.


4. Cristiano Ronaldo (19 tahun 313 hari pada 2004)

Ronaldo memainkan musim pertamanya dengan mencetak enam gol dan memberikan sembilan assist di semua kompetisi, termasuk saat memenangkan Piala FA. Ronaldo juga membela Portugal untuk Euro 2004. Dia membantu timnya mencapai final dan membuat total empat gol.

Penampilan untuk klub dan negara membuat Ronaldo masuk daftar nominasi Ballon d'Or 2004. Dia berada di urutan 12. Dia baru memenangkan penghargaan Ballon d'Or pertamanya pada 2008 setelah membantu Manchester United memenangkan Liga Premier dan Liga Champions.


3. Lionel Messi (19 tahun 157 hari pada 2006)

Lionel Messi memiliki musim mengesankan pada 2005/2006 untuk Barcelona. Di musim tersebut Messi yang mencetak delapan gol dan mencatatkan lima assist, serta berhasil membantu Barcelona meraih gelar La Liga dan Liga Champions.

Messi masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2006. Dia berada di urutan 20 sebelum akhirnya meraih penghargaan pertama pada 2009.

Messi telah membuat 778 penampilan untuk Barcelona di semua kompetisi, mencetak 672 gol dan membuat 305 assist. Dia telah memenangkan banyak trofi individu dan klub dan baru-baru ini memenangkan Copa America bersama Argentina.


2. Wayne Rooney (19 tahun 51 hari pada 2004)

Wayne Rooney adalah salah satu pemain termuda bersama Cristiano Ronaldo yang dinominasikan untuk penghargaan Ballon d'Or 2004. Saat itu, Rooney terkenal setelah melakukan eksploitasi yang luar biasa di Euro 2004. Meski baru 18 tahun, Rooney berhasil mencetak empat gol sebelum Inggris tersingkir oleh Portugal di perempat final.


1. Kylian Mbappe (18 tahun 353 hari pada 2017)

Kylian Mbappe melejit pada 2017 bersama AS Monaco. Di sana, dia menyumbangkan 40 gol hanya dalam 44 penampilan dan membantu klubnya memenangkan Ligue 1 dengan mengalahkan PSG.

Anak muda itu memecahkan beberapa rekor bersama Monaco musim itu. Dia mencetak 18 gol dalam banyak pertandingan berturut-turut, sekaligus menjadi pemain termuda di lima liga top Eropa yang mencetak setidaknya 14 gol dalam satu musim di abad 21.  Dia juga menjadi pemain termuda yang mencetak lima gol dalam satu musim Liga Champions.

Mbappe kemudian pindah ke PSG di musim berikutnya. Dia berkembang bersama superstar Brasil, Neymar. Masih berusia 22 tahun, Mbappe memiliki karier panjang di depannya dan disebut-sebut oleh banyak pengamat sebagai pemenang Ballon d'Or masa depan.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network