8 Pemain Euro 2020 yang Sukses Tampil di Posisi Berbeda dari Klub

"Situasi dan kondisi membuat mereka bermain tidak sesuai peran aslinya. Hebatnya, berhasil."

Feature | 02 July 2021, 05:57
8 Pemain Euro 2020 yang Sukses Tampil di Posisi Berbeda dari Klub

Libero.id - Bukan hal yang aneh jika peran seorang pesepakbola bisa berbeda antara klub dan negara. Pasalnya, pelatih tim nasional tidak memiliki hak untuk membeli pemain di transfer window. Tugasnya hanya memaksimalkan bakat yang tersedia di setiap negara.

Di level klub, pelatih top seperti Pep Guardiola atau Juergen Klopp berkembang pesat karena dapat merekrut pemain yang disukai. Tidak peduli asal negara, setiap pemain yang memehuni syarat untuk merumput di Liga Premier akan disodorkan transfer dan kontrak. Singkatnya, tidak ada batasan di pasar pemain bagi para pelatih klub.

Namun, hal yang sama tidak dapat dilakukan pelatih timnas. Kehebatan sebuah skuad ditentukan bakat-bakat yang tersedia. Dia tidak bisa membajak pemain dari negara lain dengan transfer atau kontrak besar. Sebab, itu tidak ada dalam regulasi FIFA terkini.

Pelatih memilih pasukannya, menerapkan sistemnya, dan memasukkan ide-ide briliannya. Artinya, pelatih dituntut untuk menyesuaikan diri dengan materi pemain yang dimiliki. Karena itu, seringkali mengapa sepakbola pragmatis berkuasa di turnamen sekelas Euro atau Piala Dunia.

Salah satu contoh pemain yang sukses memerankan dua posisi di klub dan timnas adalah Javier Mascherano. Mantan pemain belakang itu terkenal karena mempertahankan peran lini tengah defensif yang menentukan bersama Argentina. Sebaliknya, di Barcelona, Mascherano bermain sebagai bek tengah. Semuanya sukses di jalankan.

Bagaimana dengan Euro 2020? Turnamen tahun juga tidak terkecuali dengan tren tersebut. Ketika pelatih mengutamakan kemenangan, tidak ada pilihan untuk "memaksa" pemain beroperasi di wilayah yang sebenarnya bukan miliknya.

Berikut ini 8 pemain Euro 2020 yang tampil tidak sesuai posisinya di klub dan berhasil:


1. David Alaba (Austria)

David Alaba sering ditempatkan lebih jauh di atas lapangan untuk Austria, biasanya di lini tengah atau sayap kiri, dan pada kesempatan yang aneh, dalam peran No.10. Tapi, pada musim panas ini dia telah dimanfaatkan sebagai libero dalam dua pertandingan pertama melawan Macedonia Utara dan Belanda dalam skema 3-1-4-2. Lalu, pindah ke bek kiri melawan Ukraina dan Italia dalam 4-2-3-1.

Terlepas dari posisinya yang sedikit lebih dalam untuk Austria, peran Alaba adalah untuk mengekspresikan dirinya ke depan. Dia menunjukkan kehadiran yang berat di sepertiga akhir.

Faktanya, Alaba menyelesaikan fase grup sebagai playmaker paling produktif di turnamen. Dia mencatatkan sembilan peluang. Itu tertinggi Euro 2020. Dia juga menghasilkan dua assist.


2. Joshua Kimmich (Jerman)

Sekarang sebagai gelandang tengah yang mapan, Joshua Kimmich secara teratur bolak-balik antara bek kanan dan peran playmaker sepanjang kariernya. Dia terkenal mengambil peran No.2 dalam kemenangan Bayern Muenchen di Liga Champions. Tapi, dia bermain hanya 99 menit sebagai fullback musim.

Untuk Jerman, dia telah dibawa kembali ke sayap dalam skema 3-4-2-1 ala Joachim Low, dengan Ilkay Guendogan dan Toni Kroos sebagai pasangan lini tengah.

Sebagai bek sayap kanan, Kimmich memiliki tugas yang tidak menyenangkan untuk menjaga Kylian Mbappe di pertandingan pertama Jerman. Di sana, dia mendapat kartu kuning. Tapi, meningkat saat melawan Portugal dengan memberikan umpan kepada Robin Gosens untuk membawa kemenangan 4-2.


3. Oleksandr Zinchenko (Ukraina)

Setelah awalnya bergabung dengan Manchester City sebagai gelandang serbabisa, Oleksandr Zinchenko telah dikondisikan dan dibentuk menjadi bek kiri oleh Guardiola untuk mengatasi masalah cedera yang telah mengganggu di Etihad Stadium dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, untuk Ukraina, kualitas teknis Zinchenko paling baik disajikan lebih jauh di atas lapangan, dengan sesekali kapten digunakan di lini tengah sebagai pengatur kecepatan semua aksi.


4. Georginio Wijnaldum (Belanda)

Untuk Belanda, Georginio Wijnaldum adalah gelandang pencetak gol. Dia memproduksi 25 gol dalam 78 penampilan. Jumlah itu tiga lebih banyak dari yang dia capai dalam 237 pertandingan untuk Liverpool.

Bukan berarti Wijnaldum tidak menghasilkan di sepertiga akhir di Anfield. Jangan lupakan dua golnya dalam kemenangan 4-0 atas Barcelona. Tapi, dia memiliki peran yang sangat berbeda di bawah Klopp.

Di Liverpool, Wijnaldum mengelola ruang mesin, memberikan dinamisme, dan dorongan yang mendukung pendekatan Klopp yang penuh semangat. Sistem Liverpool saat ini sebagian besar dibangun di sekitar menciptakan peluang dengan memenangkan bola kembali melalui counter-pressing, dan hanya sedikit yang menutup dengan suka seperti Wijnaldum.


5. Kalvin Phillips (Inggris)

Beberapa pelatih akan berani menentang ajaran esoteris Marcelo Bielsa. Tapi, Gareth Southgate sebagian besar telah berpaling dari pengaruh Argentina di West Yorkshire. Kalvin Phillips telah dengan cermat dikondisikan untuk menjadi metronom Bielsa di Leeds United, poros mewah yang mendaur ulang kepemilikan dan terus bermain, maka muncullah julukan "The Yorkshire Pirlo".

Namun, untuk Inggris, Phillips lebih banyak mengambil peran No.8 atau, secara teknis, peran "mezzala". Itu memungkinkan dia mendorong lapangan, mengeksploitasi setengah ruang, dan menyerahkan pembersihan kepada Declan Rice.

Ini adalah pendekatan yang lebih kuat dan berpikiran maju dibandingkan pendekatan yang biasa dia lakukan di Elland Road. Tapi, sejauh ini Phillips terkesan dengan eksploitasinya yang berpikiran menyerang di Euro.


6. Dani Olmo (Spanyol)

Sistem Julian Nagelsmann di RB Leipzig sebagian besar menolak gagasan tradisional tentang pemain sayap, alih-alih menempatkan penekanan besar pada bek sayap yang tumpang tindih. Artinya, Dani Olmo sebagian besar digunakan dalam peran lini tengah menyerang bersama dengan Emil Forsberg, sebagai bagian dari skema 3-4-2-1.

Namun, untuk Spanyol, Olmo telah banyak ditempatkan di sayap. Dia mengambil peran sebagai penyerang kiri-dalam, dengan instruksi untuk memotong dan menciptakan ruang bagi Jordi Albah.

Sesuai dengan DNA La Furia Roja yang sudah diterapkan dalam lebih dari 15 tahun terakhir, Luis Enrique telah menempel pada 4-3-3, yang tidak memiliki tempat tetap untuk No.10. Jadi, Olmo harus melebar. Dia menjalankan tugas dengan baik saat menjadi pemain pengganti lewat dua assist di extra time saat bertemu Kroasia.


7. Serge Gnabry (Jerman)

Sesuatu yang menekan ke depan untuk Jerman, rekor gol Serge Gnabry di tingkat internasional berbicara banyak untuk peran yang dia ambil di bawah Loew. Kembalinya 16 gol dalam 25 caps tentu saja membenarkan pemilihannya sebagai No.9 di depan Timo Werner pada Euro 2020.

Namun, untuk Bayern, seperti banyak orang dalam daftar ini, dia memiliki peran yang berbeda. Gnabry sering ditempatkan di sayap kanan sebagai penyerang dalam, dengan tugasnya untuk memotong dan mendatangkan malapetaka. Kadang-kadang dia bermain di sebelah kanan sebagai pemain sayap tradisional, berusaha memberi ruang untuk Robert Lewandowski yang haus gol.


8. Scott McTominay (Skotlandia)

Bagi Manchester United, Scott McTominay adalah gelandang tengah yang ulet dan tangguh. Bahkan, dia membuat perbandingan dengan Darren Fletcher di mata Sir Alex Ferguson. 

Namun, Steve Clarke terutama menggunakan gelandang yang menjulang tinggi di pertahanan tengah sebagai bagian dari tiga beknya. Itu tampak membawa beberapa semangat teknis dan kompetensi bermain bola ke barisan belakangnya. Dia terlihat berperan dalam kebuntuan clean sheets saat melawan Inggris. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network