Tim Tertua dan Termuda Euro 2020 Akhirnya Terungkap

"Zlatan Ibrahimovic gagal memecahkan rekor Lothar Matthaus."

Feature | 05 June 2021, 21:00
Tim Tertua dan Termuda Euro 2020 Akhirnya Terungkap

Libero.id - Euro 2020 yang ditunggu-tunggu sudah dekat dan para pelatih tim nasional telah mengumumkan skuad mereka untuk mengikuti turnamen akbar tersebut.

Untuk alasan terkait Covid-19, negara-negara peserta diharuskan menyebutkan 26 pemain, bukan 23 pemain lagi. Ini kemungkinan akan mengurangi beban kerja pemain dan mempersiapkan pelatih jika pemain yang disertakan dinyatakan positif virus Corona.

Posisi pelatih tentu saja sangat diuntungkan dengan kebijakan ini, karena keberadaan 26 pemain berhasil meredakan ketegangan mereka dengan tambahan tiga pemain yang masuk skuad. Para pemain memang tidak akan menerima panggilan dalam kondisi normal, tapi pelatih seperti Gareth Southgate paling diuntungkan dengan keputusan UEFA ini.

Pelatih Inggris itu menyertakan banyak pemain dari Manchester City dan Chelsea (masing-masing 15 pemain). Mereka akan memperkuat The Three Lions di Euro 2020. Sementara itu, raksasa Jerman Bayern Muenchen menjadi runner-up dengan mengutus 14 pemain membela Der Panzer di Euro 2020. Juventus menempati posisi ketiga setelah mengutus 12 pemain Nyonya Tua membela skuad Italia.

Tidak mengherankan jika melihat pemain Chelsea dan Man City diminati Southgate. Mereka berada di final Liga Champions bulan lalu. Namun, salah satu hasil paling menarik dari pemilihan skuad adalah pemain tertua dan termuda di turnamen.

Skuad Termuda di Euro 2020

Skuad termuda dalam turnamen tersebut adalah tim nasional Spanyol asuhan Luis Enrique dengan rata-rata usia 24,1 tahun. Gelandang Barcelona Pedri adalah pemain termuda di tim La Furia Roja dengan usia 18 tahun.

Sementara itu, rekan setim Pedri di Barcelona, Sergio Busquets dan Jordi Alba, adalah pemain tertua di skuad Spanyol dengan usia 32 tahun. Sayang, Enrique tak dapat menyertakan Ansu Fati dan Sergio Ramos.

Turki berada di urutan kedua dengan usia rata-rata skuad 24,6 tahun. Turki memiliki kekuatan potensial dari pemain muda mereka, seperti Merih Demiral, Zeki Celik, Hakan Calhanoglu, Caglar Soyuncu, Ozan Kabak, dan kapten Burak Yilmaz.

Sedangkan tim asuhan Southgate menyusul di posisi ketiga dengan rata-rata usia 24,8 tahun. Mantan pemain sensasional Birmingham City, Jude Bellingham, adalah pemain termuda Inggris yang dipanggil ke Euro 2020. Dia berusia 17 tahun. Bintang muda terkemuka lainnya termasuk Phil Foden (21), Jadon Sancho (21), Bukayo Saka (19), Mason Mount (22), dan gelandang bertahan Declan Rice (22).

Skuad Tertua di Euro 2020

Tim Belgia asuhan Roberto Martinez dan Swedia tanpa Zlatan Ibrahimovic adalah tim tertua di edisi kejuaraan Eropa kali ini.

Skuad Belgia, dengan usia gabungan 28,7 tahun dan lebih dari 1300 caps internasional adalah tim paling berpengalaman di Euro 2020. Eden Hazard, Dries Mertens, Axel Witsel, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, dan Toby Alderweireld semuanya berusia 30-an . Sementara itu, Kevin de Bruyne, Romelu Lukaku, dan Thibaut Courtois berusia akhir 20-an.

Ini juga bisa menjadi kesempatan terakhir bagi generasi emas sepak bola Belgia untuk mengklaim gelar. Belgia akan menghadapi Finlandia, Denmark, dan Rusia di babak penyisihan grup Euro 2020.

Swedia hanya beberapa hari di belakang Belgia dalam menyusun tim turnamen paling berpengalaman. Skuad Janne Andersson akan tanpa pemain terbaik mereka sepanjang masa, Zlatan Ibrahimovic, karena pemain berusia 39 tahun itu absen karena cedera lutut.

Ini bisa menjadi kesempatan bagi Dejan Kulusevski untuk menjadi pusat perhatian negaranya. Pemain berusia 21 tahun itu sudah menjadi sosok integral bagi Juventus. Dia dianggap sebagai pemain pekerja keras, kuat secara fisik, dan serba bisa. Kulusevski mampu bermain di beberapa posisi di lini tengah dan menyerang.

Kacper Kozlowski dari Polandia adalah pemain termuda yang dipanggil untuk Euro 2020. Sementara itu, mantan Real Madrid dan bek tengah Portugal saat ini, Pepe, memegang perbedaan sebagai pemain outfield tertua yang disebutkan dalam skuad 26 pemain.

Seandainya Zlatan fit untuk Euro 2020, itu bisa menjadi kemungkinan baginya untuk menjadi pemain outfield tertua yang tampil di turnamen mengalahkan rekor Lothar Matthaus pada 39 tahun 91 hari.

Sementara itu, jika ada satu rekor terkait usia yang kemungkinan besar akan dipecahkan, itu adalah pemain termuda Inggris yang pernah tampil di Euro. Jude Bellingham, yang genap berusia 18 tahun sebelum 29 Juni, bisa memecahkan rekor rekan setimnya Marcus Rashford sebagai pemegang penampilan termuda untuk The Three Lions pada 18 tahun dan 229 hari.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network