Selamat Ulang Tahun!

Kisah Messi dan Guardiola Mengubah Sejarah Sepakbola pada El Clasico 2009

"Messi memainkan sebuah peran paling penting yang kemudian merevolusi taktik."

Feature | 10 April 2021, 13:15
Kisah Messi dan Guardiola Mengubah Sejarah Sepakbola pada El Clasico 2009

Libero.id - Barcelona membuat sejarah dengan kemenangan tandang menakjubkan, 6-2, saat menghadapi Real Madrid pada Mei 2009.

Di musim tersebut, Blaugrana dinobatkan sebagai pemenang treble saat Pep Guardiola menjalani debut sebagai pelatih. Tidak diragukan lagi hasil itu merupakan pemecahan rekor mereka di Bernabeu.

Namun, selain mempermalukan rival terberatnya, permainan legendaris di Ibu Kota Spanyol itu juga memiliki keistimewaan mengubah lanskap sepakbola modern seperti yang kita kenal sekarang.

Messi Menjadi False Nine

Kami mengatakan itu karena keputusan luar biasa Guardiola memainkan Messi di posisi false nine, pemain yang dapat berperan sebagai target man. Skema yang dianggap punah itu bisa dibilang melahirkan periode kesuksesan terbesar bagi duo antara pelatih-pemain mana pun dalam sejarah.

Selain itu, strategi tersebut membuka jalan bagi Messi untuk memimpin lini depan Barcelona dalam periode yang membuatnya memenangkan empat trofi Ballon d'Or berturut-turut. Mereka juga mencetak rekor dunia untuk gol terbanyak yang dicetak dalam satu tahun kalender.

Jadi, adil untuk mengatakan bahwa panggilan taktis Guardiola adalah sesuatu yang menginspirasi dan Anda dapat mendengar kisah dimulainya dari Messi sendiri dalam wawancara dengan DAZN pada 2020.

“Saya ingat itu adalah kejutan bagi saya, karena saya dipanggil sehari sebelum pertandingan. Saya disuruh pergi ke kantor Guardiola di Ciutat Esportiva, dan saya diberitahu bahwa dia sering menonton pertandingan Madrid, karena dia melakukannya dengan setiap lawan,” ujar Messi.

"Dia telah berbicara dengan Tito Vilanova dan mereka meminta saya bermain sebagai false nine. Dia akan menempatkan Samuel (Eto’o) dan Thierry Henry di luar, dan saya akan bermain sebagai penyerang tengah (palsu),” timpalnya.

"Saya tidak akan tinggal (bermain di depan) di sana, tapi keluar dan bergabung dengan lini tengah. Idenya adalah bahwa bek tengah Madrid akan mengikuti saya, dan dua pemain sayap cepat yang kami miliki akan berada di belakang,” sebut pemain yang dijuluki La Pulga tersebut.

"Faktanya, salah satu gol Henry seperti itu. Itu merupakan kejutan bagi kami dan Madrid. Saya ingat bahwa kami memiliki banyak penguasaan bola, dan kami selalu memiliki pemain tambahan di tengah-tengah lapangan,” ujarnya.

"Saya tidak pernah bermain sebagai penyerang tengah, tapi saya tahu posisi itu yang berarti datang dari dalam untuk maju, tanpa menjadi pemain statis nomor 9. Itu bukan perubahan besar bagi saya. Saya terus bermain di luar selama bertahun-tahun, jadi saya tahu tentang apa posisi itu," paparnya.

Sorotan Messi vs Real Madrid

Cukup mempesona, bukan? Tapi jangan hanya mengambil kata-kata Messi karena rekaman dari strategi bersejarah Guardiola telah menua seperti anggur yang bagus dan terus mengumpulkan penayangan besar-besaran di YouTube.

Faktanya, sorotan yang mengubah permainan dari Bernabeu telah ditayangkan lebih dari empat juta kali sejak 2015 lewat akun YouTuber 'Αντωνης Τσικακης'. Tayangan itu dengan sempurna menggambarkan kejeniusan dari strategi false nine.

Jadi, bantulah diri Anda sendiri hadirin sekalian dengan menyaksikan momen penting dalam sejarah sepakbola saat Messi menghancurkan Madrid dengan taktik yang pada akhirnya akan menentukan puncak kariernya.

Bisakah seseorang menggantungnya di Louvre?

Keputusan yang mengubah sepakbola selamanya

Seperti yang dikatakan Messi sendiri, Anda dapat melihat bagaimana posisi unik Guardiola tentang dirinya menciptakan ruang untuk Thierry Henry melebar, yang pada akhirnya memicu hujan gol untuk Barcelona.

Selain itu, mudah untuk melupakan bahwa Los Blancos benar-benar memimpin pada sore yang menentukan itu melalui Gonzalo Higuain, hanya karena taktik Guardiola akhirnya membuat pertahanan mereka berantakan.

Meskipun Messi 'hanya' mencetak dua gol di Bernabeu, gema dari penampilannya mengirimkan gelombang kejutan melalui olahraga yang masih kami rasakan hingga hari ini.

Saya tidak ragu sedetik pun bahwa Messi masih akan menghasilkan statistik manusia super tanpa perubahan ini, tapi panggilan terinspirasi Guardiola memberinya leg terakhir menuju kehebatan.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan