10 Pemain Asal Afrika dengan Banderol Harga Termahal

"Hakim Ziyech ada di peringkat 9 dengan harga Rp 778 miliar. Kalidou Koulibaly di peringkat 3 dengan harga Rp 1,04 triliun."

Feature | 28 February 2021, 13:12
10 Pemain Asal Afrika dengan Banderol Harga Termahal

Libero.id - Harus diakui bahwa benua Afrika telah menghasilkan banyak pemain sepak bola yang sangat berbakat selama empat dekade terakhir. Kebanyakan para pemain berbakat tersebut berposisi sebagai penyerang, namun belakangan, posisi kiper juga menjadi tempat primdona untuk pemain asal benua hitam menunjukan kemampuannya di liga top dunia.

Samuel Eto'o, George Weah, Didier Drogba, Roger Milla dan Yaya Toure hanyalah beberapa pemain Afrika ikonik yang menghiasi lapangan sepak bola dan hingga sekarang hanya ada satu pemain Afrika yang pernah memenangkan trofi Ballon d'Or.

Lalu siapa saja pemain Afrika yang termahal saat ini? Dilansir dari sportskeeda.com, ada setidaknya 10 pemain, berikut ulasannya;

10. Wilfred Ndidi – 45 juta Euro

Didatangkan oleh Leicester City dari Genk dengan mahar 17 juta Poundsterling, tidak ada yang menyangka pemain asal Nigeria itu akan menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di tanah eropa saat ini. Ndidi membuat tekel suskes sekitar 3,5 % per pertandingan, membuat 2,2 intersepsi per 90 menit dan memenangkan lebih dari 2 kali duel udara setiap pertandingan. Bahkan, ketika sang pemain tidak turun bersama The Foxes, Vardy dan kawan-kawan kira-kira hanya mengambil 50% poin dalam permainan.

9. Hakim Ziyech - 45 juta Euro

Maroko memiliki skuat yang sangat kuat saat ini, terutama dalam lini serang. Salah satu bintang cemerlang The Atlas Lions adalah gelandang Chelsea saat ini, Hakim Ziyech.

Bersama nama-nama muda seperti Matthijs De Ligt, Donny Van de Beek dan Frenkie De Jong, Ziyech sukses mencuri perhatian dunia berkat kemampuannya. Yang paling fenomenal adalah bagaimana tim muda Ajax mengalahkan Real Madrid dan Juventus di Liga Champions untuk mencapai semifinal pada musim 2018/19, tentu saja Ziyech memainkan peran yang sangat besar.

8. Riyad Mahrez - 48 juta Euro

Aljazair adalah jawara benua Afrika saat ini, setelah memenangkan Piala Afrika yang diadakan di Mesir pada tahun 2019, tentu saja nama Riyad Mahrez menjadi sorotan utama.

Pemain sayap Manchester City itu memiliki salah satu sentuhan terbaik di Liga Premier dan meskipun penampilannya terbatas untuk pasukan Pep Guardiola, mantan penggawa Leicester itu selalu tampil konsisten dan secara rutin membukakan peluang untuk Gabriel Jesus dan kawan-kawan guna mencetak gol.

Salah satu kekuatan terbaik Mahrez adalah kaki kirinya, dengan itu ia bisa menciptakan umpan silang yang berbahaya serta tendangan keras dari luar kotak penalti yang akurat. Ia kini telah berusia 30 tahun tetapi masih memiliki nilai transfer sebesar 48 juta Euro.

7. Victor Osimhen - 50 juta Euro
Meski Victor Osimhen sering dianggap sebagai salah satu talenta paling menjanjikan dari Afrika, ia belum membuktikan hal tersebut bersama Napoli, dimana dalam 16 pertandingan bersama Gli Azzurri diseluruh kompetisi, ia baru mencetak 2 gol dan 1 assist. Sejak 2017, Osimhen telah menjadi bagian dari timnas Nigeria dan dalam10 penampilan, ia sukses mencetak lima gol. Semua golnya untuk timnas tercipta dalam dua tahun terakhir.

6. Achraf Hakimi - 50 juta Euro

Dalam sepakbola modern, bek sayap memainkan peran penting. Banyak manajer top di seluruh Eropa telah mengadopsi formasi tiga bek sayap, yang memungkinkan seorang bek sayap unutk membantu dalam hal menyernag dengan mengandalkan kecepatan.

Bek kanan Inter Milan saat ini, Achraf Hakimi  adalah pemain terbaik dalam posisinya di seluruh Eropa, jika kita mempertimbangkan keterlibatan gol, dan jelas ia sangat cocok dengan sistem Antonio Conte. Kecepatannya memberinya keuntungan besar di lapangan dan hampir mustahil bagi lawan untuk menghentikan pergerakan Hakimi jika sudah menggiring bola.

Harga transfernya telah meningkat dari 40 juta Euro yang dibayarkan oleh Inter ke Real Madrid menjadi 50 juta Euro, sekaligus menobatkan dirinya sebagai  bek Afrika paling mahal saat ini.

5. Thomas Partey - 50 juta Euro

Pemain berusia 27 tahun itu dikontrak oleh Arsenal pada awal musim ini dengan mahar 50 juta Euro dari Atletico Madrid, sebagai gantinya, Lucas Torreira pindah ke Spanyol bersama Atletico dengan status pinjaman. Sayang masalah cedera telah menghentikannya untuk menunjukkan potensi sebenarnya di Liga Premier di musim debutnya. Akibatnya, nilai transfernya tetap sama sejak Oktober dan saat ini ia dihargai 50 juta Euro.

4. Wilfred Zaha - 50 juta Euro

Meski telah membela timnas Inggris mulai dari level U-19, U-21 dan bahkan membuat beberapa penampilan untuk tim senior dalam pertandingan persahabatan, pada tahun 2017 Zaha akhirnya lebih memilih Pantai Gading sebagai negara yang akan dibelanya hingga pensiun.

Mantan pemain Manchester United itu adalah salah satu penyerang paling terampil di papan atas Inggris dan secara konsisten menempati urutan teratas dalam daftar pemain dengan dribel terbanyak setiap musim. Zaha adalah satu dari 10 pemain Liga Premier yang telah diberi peringkat keterampilan bintang lima oleh game sepak bola kenamaan dunia, FIFA 21.

3. Kalidou Koulibaly - 60 juta Euro

Berperan hampir sama seperti Virgil van Dijk di Liverpool, Kalidou Koulibaly adalah salah satu bek yang sering membantu tim dari belakang dengan tekel keras dan intersepsi pada waktu yang tepat untuk Napoli. Pemain jebolan akademi Metz itu adalah sosok kunci dalam perjalanan I Partenopei memenangkan gelar di Coppa Italia musim lalu.

Koulibaly adalah bagian dari tim nasional Senegal yang saat ini dinilai mampu merepotkan negara-negara besar seperti Jerman dan Argentina, ia juga menjadi kapten dan ia adalah sosok yang menonjol setiap kali The Lions of Teranga bermain.

2. Sadio Mane - 120 juta Euro

Meningkatnya keterampilan Sadio Mane untuk menjadi pemain sayap kiri terbaik di dunia di Liverpool sangat fenomenal, dan jika melihat lagi ke belakang, menajemen The Reds hanya membayar 40 juta Euro kepada Southampton pada 2016 dan jika melihat harganya saat ini, maka itu naik menjadi tiga kali lipat. Selama lima musim bersama The Reds, Mane telah memenangkan empat gelar bergengsi. Ia juga membantu Senegal mencapai final Piala Afrika pada 2019. 

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Mane sering kali dikaitkan dengan tim kaya raya, Real Madrid, tetapi klub mana pun yang ingin merekrutnya harus menggali lebih dalam pundi-pundi mereka untuk pemain yang saat ini bernilai 120 juta Euro.

1. Mohamed Salah - 120 juta Euro

Sering disebut 'Messi dari Afrika', Mo Salah adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Pemain sayap Mesir itu sangat produktif sejak bergabung dengan Liverpool asuhan Jurgen Klopp pada 2017.

Salah  telah menembus angka 100 gol untuk The Reds, menjadi satu-satunya pemain sejak Steven Gerrard yang mencapai angka tersebut. Ia saat ini berada di musim keempat bersama klub dan telah memenangkan Sepatu Emas dua kali serta saat ini menjadi pencetak gol terbanyak  Liga Premier musim 2020/21. Tidak seperti banyak pemain depan Liverpool, mantan pemain AS Roma itu dengan sangat baik tampil konsisten di Anfield dan merupakan salah satu pemain terpenting bagi mereka saat ini.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network