8 Pemain yang Tak Disangka Jebolan La Masia, Ada Pepe Reina

"La Masia adalah akademi yang menghasilkan pemain berkualitas, walau semua tak menyadari pemain ini adalah hasilnya."

Feature | 03 February 2021, 06:09
8 Pemain yang Tak Disangka Jebolan La Masia, Ada Pepe Reina

Libero.id - La Masia adalah akademi sepak bola Barcelona yang melahirkan pemain hebat. Sebut saja Lionel Messi, Andres Iniesta, hingga yang lulus dari akademi terkenal tersebut.

Akademi ini secara konsisten melahirkan sejumlah bintang lain, macam Cesc Fabregas dan Gerard Pique. Bahkan, La Masia mencapai rekor sebagai akademi pertama yang menghasilkan ketiga finalis Ballon d'Or di tahun yang sama pada 2010. Finalis itu adalah Iniesta, Messi, dan Xavi.

Walau tercatat sebagai akademi terkenal, tak semua pemain lulusan akademi di Catalunya itu dikenal banyak orang. Setidaknya ada delapan lulusan terbaik yang tak disangka merupakan jebolan La Masia.

8. Keita Balde

Libero.id

Kredit: instagram.com/keitabaldeofficial

Keita Balde lahir di Catalonia dari orang tua asal Senegal. Dia bergabung dengan La Masia pada usia sembilan tahun. Disebut-sebut sebagai bintang masa depan, Balde naik pangkat dengan cepat sampai sebuah insiden enam tahun kemudian. Insiden itu mengubah peruntungannya bersama Barcelona.

Cerita berawal saat Balde bersama rekannya melakukan tur ke Qatar. Balde meletakkan es batu di tempat tidur rekan setimnya sebagai lelucon, yang membuatnya dipinjamkan ke UE Cornella sebagai hukuman.

Anak muda itu merupakan pemain yang sangat produktif di tim junior Cornella. Dia mencetak 47 gol hingga dirinya menolak kembali ke Barcelona sebelum hijrah ke Lazio. Namun, pemain berusia 25 tahun itu dilarang mewakili Lazio secara kompetitif karena dia tidak diberikan kewarganegaraan Spanyol.

Setelah masalah hukum diselesaikan, Balde melakukan debut seniornya sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-0 Lazio atas Chievo pada September 2013. Balde kemudian memulai debut pertamanya melawan Legia Warsawa di Liga Europa. Terlepas dari penampilannya yang luar biasa untuk klub, Lazio merosot ke posisi 9 dan mengakhiri musim yang mengecewakan.

Sejak saat itu performanya terus meredup hingga puncaknya terjadi pada 2015. Balde memutuskan pindah dari Italia, sebuah momentum yang dibutuhkan Balde untuk menata kembali kariernya. Dia saat ini bermain bersama AS Monaco dan telah mencatatkan 30 laga pertandingan dengan Senegal hingga saat ini.

7. Nayim
Salah satu nama yang paling tidak populer dalam daftar ini adalah Mohammad Ali Amar, yang lebih dikenal sebagai Nayim. Dia pindah ke La Masia pada usia 12 tahun. Dia naik pangkat di akademi, tapi mendapati waktu bermain yang sangat terbatas di Barcelona hingga beralih ke Tottenham.

Nayim paling dikenang karena hattrick-nya melawan Manchester City di perempat final Piala FA 1993. Secara keseluruhan, dia membuat 144 penampilan liga bersama tim London Utara tersebut. Nayim kemudian memutuskan kembali ke Spanyol bersama Real Zaragoza. Momen paling terkenalnya sebagai pemain adalah pada menit terakhir kemenangan Zaragoza atas Arsenal di Piala Winners 1995. Dia mencetak gol cantik melalui bola lob sejauh 45 yard.

Sementara di level tim nasional Spanyol, Nayim membantu Spanyol U-20 meraih Piala Dunia U-20 1985. Itu merupakan prestasi terbaiknya di level timnas, walau tidak pernah bermain di tingkat senior.

6. Jordi Cruyff
Tidak setenar ayahnya, Johan Cruyff, Jordi bergabung dengan akademi Barcelona dan melakukan debut bersama Barcelona B pada 1992. Jordi melakukan debut tim seniornya dua tahun kemudian dan membantu Barcelona meraih posisi keempat di La Liga.

Setelah beberapa musimnya yang sukses, Jordi memutuskan pindah ke Manchester United. Pria asal Belanda itu membuat lebih dari 30 penampilan liga, hingga kemudian bermain untuk beberapa klub termasuk Alaves, Espanyol, Mettalurh Donetsk, dan Valletta. Dia juga membela De Oranje sebanyak sembilan laga. Jordi pensiun pada 2010 dan saat ini menjadi pelatih tim nasional Ekuador.

5. Pepe Reina

Libero.id

Kredit: instagram.com/preinaofficial

Putra mantan kiper Atletico Madrid dan Barcelona, Miguel Reina, Pepe Reina punya sejarah unik saat berada di La Masia. Dia mengawali pendidikannya sebagai striker, sebelum memutuskan mengubah posisinya sebagai kiper.

Reina bergabung dengan akademi La Masia pada usia 13 tahun dan naik ke jajaran pemain muda. Dia akhirnya menemukan dirinya di tim cadangan pada 1999. Setahun kemudian, atau pada usia 18 tahun, dia menerima panggilan pertamanya ke tim utama Barcelona. Reina melakukan debutnya saat Barcelona bermain imbang 3-3 melawan Celta Vigo.

Reina kemudian membuat 19 penampilan di liga dan menjadi pilihan pertama klub di Piala UEFA. Reina terus menjadi pelapis selama dua musim berikutnya sebelum pindah ke Villarreal pada 2002.

Dalam tiga musimnya di Villarreal, dia membuktikan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Reina memimpin klub ke tempat kualifikasi Liga Champions pertama The Yellow Submarine.

Liverpool kemudian merekrutnya setelah menyelesaikan kepindahan ke Anfield. Pemain Spanyol itu kemudian membuat lebih dari 400 penampilan bersama The Reds, mengklaim Sarung Tangan Emas dalam tiga musim Liga Premier berturut-turut. Reina juga memegang rekor clean sheet terbanyak untuk Liverpool. Di klub Merseyside, Reina mengelola empat trofi sebelum dipinjamkan ke Napoli.

Setelah permanen di Bayern, dia pindah ke Napoli lagi dan saat ini bermain untuk Aston Villa dengan kesepakatan pinjaman selama satu musim dari AC Milan.

Yang cukup menarik, terlepas dari kepahlawanannya di level tersebut, bersama tim nasional Spanyol dia paling sukses memenangkan Piala Dunia 2010 serta sukses meraih dua Piala Eropa.

4. Giovani Dos Santos

Libero.id

Kredit: instagram.com/oficialgio

Giovani adalah salah satu prospek paling cemerlang dalam sepak bola saat masih muda.

Giovani Dos Santos memiliki reputasi sebagai pemain yang tampil untuk negaranya, tapi gagal di level klub. Pemain Meksiko ini meraih runner-up di Piala Dunia U-17 2005 serta tempat ketiga di Piala Dunia U-20 2007.

Dia juga dinobatkan sebagai Player of the Tournament di Piala Emas CONCACAF 2009. Dia telah membuat 106 penampilan untuk negaranya dan mencetak 19 gol dalam prosesnya.

Dos Santos tidak terlalu mengesankan dalam warna klub. Dos Santos memulai karier mudanya di Barcelona sebelum dipromosikan ke tim utama, di mana dia hanya membuat 20 penampilan aneh dan dikirim ke Tottenham setelah satu musim. Meskipun dinobatkan sebagai salah satu dari 50 pesepakbola remaja paling menyenangkan (bersama Barcelona) musim itu, dia memutuskan pindah ke Inggris untuk mencari lebih banyak waktu bermain.

Di Spurs, dia hanya tampil 15 kali di liga dan gagal mencetak satu gol pun. Apa yang diikuti oleh pemain Meksiko berbakat itu adalah masa pinjaman di Ipswich, Galatasaray, dan Racing Santander.

Setelah memutuskan untuk meninggalkan Spurs, dia menyelesaikan kepindahan ke Mallorca pada 2012. Dia mendapatkan kariernya kembali saat membuat 32 penampilan sekaligus pencetak gol terbanyak mereka.

Dia kemudian diambil oleh Villarreal di mana dia membantu tim finis di urutan keenam musim 2013/14. Dia saat ini bermain di Liga MX bersama Club America.

3. Mikel Arteta
Arteta adalah bagian dari La Masia, walau tidak bisa menembus tim senior Barcelona. Pria yang kini didapuk sebagai pelatih Arsenal itu lahir di San Sebastian dan memulai karier mudanya di Antiguoko. Bersama dengan Xabi Alonso, Arteta mendapat kesempatan membela Barcelona B. Setelah gagal tampil mengesankan di akademi, dia dipinjamkan ke PSG setelah itu dia pindah ke Rangers.

Kepindahan ke klub masa kecil, Real Sociedad, kemudian terjadi. Setelah itu, dia pindah ke tim papan atas Inggris bermain dengan Everton hingga terkenal sebagai salah satu gelandang terbaik Liga Premier. Penampilan itu membawanya direkrut pelatih Arsenal saat itu, Arsene Wenger.

Arteta, yang sempat diangkat sebagai kapten The Gunners, kemudian membuat lebih dari 100 penampilan bersama Arsenal. Dia memenangkan dua Piala FA, serta dua Community Shields sebelum memutuskan pensiun.

2. Thiago Motta
Motta bergabung dengan akademi Barcelona pada usia 17 tahun dan membuat lebih dari 100 penampilan bersama tim Catalunya.

Awalnya, sebagai bagian dari tim Barcelona B, kerja keras dan ketabahan Motta membuatnya mendapatkan promosi ke tim utama.

Meskipun sangat rentan cedera, pemain Italia itu membuat lebih dari 100 penampilan di semua kompetisi, memenangkan La Liga dan juga Liga Champions selama enam tahun tugasnya.

Sejak saat itu, Motta sering bermain bersama sejumlah klub mulai Atletico, Genoa, Inter. Di klub terakhir, Motta meraih treble di bawah asuhan Jose Mourinho. Pemain berusia 37 tahun itu juga telah membuat 30 penampilan untuk Italia serta dua laga bersama Brasil.

Sejak pensiun, Motta ditunjuk sebagai manajer Genoa di Serie A, tapi kemudian dipecat setelah serangkaian hasil yang mengecewakan pada 2019.

1. Mauro Icardi

Libero.id

Kredit: instagram.com/mauroicardi

Pemain Argentina itu lahir di Rosario, kota yang sama dengan Lionel Messi. Icardi kemudian pindah ke Kepulauan Canary pada usia enam tahun. Icardi memulai karier sepak bolanya di Vecindario, di mana dia mencetak lebih dari 500 gol untuk tim yunior.

Menarik minat dari klub-klub top, Icardi menandatangani kontrak dengan Barcelona saat berusia 15 tahun setelah menolak tawaran Liverpool, Real Madrid, Arsenal, Sevilla, dan Espanyol. Pemain Argentina itu melanjutkan apa yang dia tinggalkan di Vecindario dan secara konsisten mencetak gol untuk tim U-16 dan U-19.

Icardi, sepertinya tidak senang dengan perannya di klub Catalunya dan memutuskan pindah ke Italia untuk mengasah bakatnya.

Perpindahan pinjaman ke Sampdoria pada 2011 menjadi permanen enam bulan setelah sukses bertugas di klub. Setelah mencetak gol pada debut profesionalnya, Icardi menjalani musim yang sangat sukses dengan membuat total 33 penampilan untuk klub sebelum pindah ke Inter dengan biaya 6,5 juta pounds pada 2013.

Sejak itu, dia mengukir namanya sebagai salah satu penyerang terkuat di dunia sepak bola dan pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2019, meski dengan status pinjaman. Icardi diperkirakan akan bergabung dengan klub Paris tersebut secara permanen.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network