Juan Sebastian Veron: Bakat Kelas Dunia yang Gagal di Man United!

"Visi, akurasi, kekuatan; tiga kata mendeskripsikan gaya Juan Sebastian Veron. Ini penyebab dia gagal di Inggris."

Biografi | 05 December 2020, 10:29
Juan Sebastian Veron: Bakat Kelas Dunia yang Gagal di Man United!

Libero.id - Visi, akurasi, kekuatan; tiga kata yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan gaya permainan Juan Sebastian Veron. Gelandang Argentina ini pernah dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik Eropa di akhir tahun 90-an/awal 2000-an.

Dengan kemampuan yang dia tunjukkan di Piala Dunia 1998 dan di Serie A, hanya masalah waktu sebelum Veron menghasilkan banyak uang. Dan benar saja, Sir Alex Ferguson lewat Manchester United waktu itu sukses mendatangkan Veron dan memecahkan rekor transfer Inggris, playmaker tersebut diboyong dengan harga 24,3 juta poundsterling pada tahun 2001.

Kuat dan terampil, Verón adalah pemain yang kemampuan membaca permainannya teruji. Dia adalah pemain yang mampu memahami arah gerak rekan satu timnya, ke mana harus bergerak dan kapan harus mengoper bola.

Dengan bola di kakinya, dia sangat menyenangkan untuk ditonton, sentuhan pertama yang tajam dikombinasikan dengan jarak umpan yang bagus, sepertinya dia akan berkembang di tahap awal karirnya di Manchester.

Banyak penggemar sepak bola di seluruh dunia selalu bertanya-tanya mengapa pemain yang begitu brilian setelah tiba di Inggris tampak seperti berjuang dan baru mau mengembangkan permainan kembali.

Banyak yang menilai, hal tersebut terjadi dikarenakan tempo sepak bola Inggris terlalu padat dan tinggi untuk pesepakbola yang tak terbiasa, jelas ini butuh adaptasi.

Veron terbiasa bermain di Italia dan di negara asalnya, di mana mereka mengalami istirahat di tengah musim. Liga Italia juga dikenal terutama karena temponya yang lambat, bebas dari segala jenis tekanan tinggi dan menghormati tradisi Catenaccio. Ini memberi Veron waktu untuk berpikir, yang membuatnya menjadi ancaman bagi setiap tim di Italia.

Pendeknya, kelelahan adalah mimpi buruk baginya. Tubuhnya tidak tahan bermain begitu banyak pertandingan, tampil di dua piala domestik, Liga Champions dan liga itu sendiri, tanpa istirahat selama periode Natal.

Yang pada akhirnya hal-hal itu melabeli karirnya di Inggris dengan satu kata: gagal. 

Tapi Ferguson pernah melakukan pembelaan pada Veron, ia membentak wartawan yang mempertanyakan kemampuan Veron. “Dia pemain yang sangat hebat. Kalian benar-benar idiot.“

Penampilan terbaik Veron selama memperkuat United sering kali muncul di Liga Champions, di mana tempo lebih lambat dan dia memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan bola. Ini juga berarti Veron tidak perlu banyak berlari, yang memungkinkannya untuk tetap berada di lapangan selama pertandingan penuh, sesuatu yang sering ia lakukan di Argentina.

Veron dan Masalah Kebugaran

Kurangnya kebugaran Veron diterjemahkan menjadi masalah cedera yang tak terhitung jumlahnya. Setelah dua musim di Manchester United, Ferguson kehilangan kesabaran dan pada ujungnya menjual Veron  ke Chelsea. Dan di klub barunya itu, Veron lagi-lagi berjuang dengan masalah kebugaran, di Stamford Bridge ia hanya bermain tujuh kali sebelum kembali ke Serie A dengan status pinjaman dan kemudian kembali ke Argentina bersama klub, Estudiantes.

Mungkin ini sedikit kasar, tetapi Veron jelas gagal memenuhi ekspektasi tinggi dari para penggemar dan pakar sepak bola, mereka melebeli Veron, “salah satu kegagalan terbesar di era Liga Premier.”

Dia dinilai sebagai pemain Chelsea terburuk yang pernah ada selama era Roman Abramovich di Chelsea.

Karir Gemilang Sebastian Veron

Libero.id

Juan Sebastian Veron saat membela Lazio. Kredit: instagram.com/juansebastian.veron

Italia dan Argentina adalah tempat di mana Veron menikmati kesuksesan paling besar, Veron telah menaklukkan Serie A, menikmati kesuksesan bersama Parma, Sampdoria dan Lazio sebelum bergabung dengan Inter Milan asuhan José Mourinho. Sven Goran Erikson juga memainkan peran kunci dalam karir Verón dan pengaruhnya dalam permainan saat bermain di Italia tidak perlu dipertanyakan lagi.

Mari kita juga ingat bahwa Serie A dianggap sebagai liga sepak bola terbaik di dunia pada awal tahun 2000-an – dimana Veron bermain di rentang waktu tersebut dan Verón merobeknya.

La Brujita selalu menjadi penggemar berat Estudiantes de La Plata. Ya, Veron saat ini melatih klub yang pernah ia bela itu. Setelah menghabiskan 7 tahun terakhir karirnya bermain untuk tim Argentina. Dia juga membantu mereka mencapai promosi ke Divisi Pertama selama tahap awal kariernya.

Penggemar Inggris mungkin melihatnya sebagai kegagalan, tetapi mereka yang beruntung melihatnya bermain di Italia dan di tanah airnya berpikir secara berbeda. Bisa dibilang, playmaker terbaik kedua yang dihasilkan Argentina dalam 20 tahun terakhir. Dialah Juan Sebastian Veron.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network