10 Tahun Lalu, 25 Pesepakbola Ini Pernah Dianggap The Next Cristiano Ronaldo

"Bagaimana kabarnya sekarang. Apakah mereka mengonfirmasi ramalan itu. Atau malah jadi pecundang?"

Feature | 04 December 2020, 12:48
10 Tahun Lalu, 25 Pesepakbola Ini Pernah Dianggap The Next Cristiano Ronaldo

Libero.id - Bintang Tottenham Hotspur Gareth Bale dan pemain sayap Real Madrid, Eden Hazard termasuk di antara 25 pemain yang diprediksi akan menjadi The Next Cristiano Ronaldo. Tentu dalam beberapa aspek permainan, penilaian tersebut tak sepenuhnya salah.

Ronaldo mulai bersinar ketika bergabung dengan Manchester United, lalu pada  musim 2009 ia pindah ke Real Madrid dengan rekor transfer rekor dunia sebesar 80 juta pounds.

Kini Ronaldo berusia 35 tahun dan superstar Portugal itu telah memenangkan lima Ballon d'Or, satu di Old Trafford dan empat di Santiago Bernabeu.

Selain itu ia juga mengangkat tiga gelar Liga Premier dan Liga Champions bersama Setan Merah. Namun di Real Madrid lah nama Ronaldo makin terangkat. Bersama Los Blancos, ia memenangi empat gelar Liga Champions atas namanya. Dan kini ia telah berganti seragam dengan menjadi superstar di Juventus.

Di luar semua itu, pertanyaan yang krusial ialah, lepas dari Cristiano Ronaldo siapa kira-kira yang berhak jadi 'pewaris takhta' Ronaldo. Sebetulnya ini bukan bahasan baru, sebab satu dekade ke belakang atau 10 tahun yang lalu ada banyak pihak yang coba untuk memprediksi  hal tersebut.

Di antaranya ialah Bleacher Report, dimana pada tahun 2010 mereka pernah berusaha mengumpulkan daftar 25 pemain yang diperkirakan  bisa menjadi The Next Cristiano Ronaldo.

Dalam daftar di bawah ini, bergabung dengan Bale dan Hazard, termasuk para pesepakbola yang dulunya potensial, sebutlah seperti mantan gelandang Arsenal, Jack Wilshere, pemain Manchester United yang gagal, Alexis Sanchez dan gelandang Barcelona kini Miralem Pjanic.

Sebelum kita bahas, bagiamana kabar mereka saat ini, lebih dulu kita lihat daftarnya, dengan catatan, daftar ini disusun secara acak, tidak menunjukkan tingkat kehebatan dan lain sebagainya.

25. Pavel Mamayev -  Rostov
24. Toni Kroos - Real Madrid
23. Xherdan Shaqiri - Liverpool
22. Gael Kakuta - Lensa RC
21. John Bostock - Toulouse
20. Giovani dos Santos - American
19. Theo Walcott - Southampton
18. Steven Defour - KV Mechelen
17. Jack Wilshere - Free Agent
16. Alexis Sanchez - Inter Milan


Boleh jadi, nama-nama di atas masuk dalam bursa yang diperhitungkan karena beberapa catatan. Salah satunya kecepatan. Misalnya 'si lincah' Theo Walcott, saat muda Walcott diharap-harapkan sebagai masa depan sepakbola Inggris, ia punya skill dan keseimbangan berlari yang cepat. Tapi sayang, cedera membuatnya kerap tampil tak konsisten.

Begitu juga dengan Alexis Sanchez yang bermain angin-anginan, satu ketika Sanchez tampil impresif saat berseragam Barcelona, kali lain di Manchester United, ia hanya jadi ampas. Dan yang jauh lebih buruk dalam daftar ini adalah Jack Wilshere, usai tak memperkuat Arsenal, kariernya makin tak jelas, bahkan kini riwayatnya tak ada klub manapun yang menaungi.

15. Leroy Fer - Feyenoord
14. Josh McEachran - Birmingham City
13. Alan Dzagoev - CSKA Moskow
12. Samir Nasri - Free Agent
11. Gareth Bale - Tottenham Hotspur
10. Stevan Jovetic - As Monaco
9. Jonjo Shelvey - Newcastle United
8. Adem Ljajic - Besiktas
7.  Aaron Ramsey -Juventus
6. Gai Assulin - Politehnica Iasi

Daftar ini sebetulnya adalah perdebatan apakah yang dimaksud dengan The Next Cristiano Ronaldo adalah yang sebenar-benarnya bisa menggantikan kehadiran Ronaldo pasca pesepakbola Portugal itu pensiun atau ini hanya soal kemampuan pesepakbola satu angkatan atau sedikit di bawahnya yang dianggap mendekati dan berpotensi untuk menyaingi Ronaldo.

Jika berpatok pada hal yang terakhir disebutkan, maka untuk saat ini nama Gareth Bale adalah pesaing utama yang paling sepadan dengan Cristiano Ronaldo. Mereka pernah satu tim dan Bale punya kelengkapan alias atribut sebagai pelari sekaligus predator depan gawang.

5. Jano Ananidze - Free Agent
4. Sergio Canales - Real Betis
3. Levan Kenia - Saburtalo
2. Miralem Pjanic - Barcelona
1. Eden Hazard - Real Madrid

Yang paling menarik perhatian dari daftar ini menurut sebagian besar orang adalah Eden Hazard, sebab kapten Timnas Belgia itu punya posisi yang hampir persis sama dengan Cristiano Ronaldo yakni sayap kiri.

Dan karena itu  Hazard juga diberkahi kecepatan dan kelincahan untuk melakukan penetrasi ke barisan pertahanan lawan.

Saat Ronaldo hengkang dari Real Madrid, Los Blancos mendatangkan Hazard dengan niat sebagai pengganti posisi yang ditinggalkan Ronaldo. Namun sayang, mantan bintang Chelsea itu masih belum menemukan bentuk terbaik dari permainannya, akibat sejumlah masalah, diantaranya berat badan dan cedera kambuhan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network