Harta Kekayaan 20 Pemilik Klub Liga Premier, Siapa Paling Tajir?

"Harta kekayaan pemilik Liverpool hanya ada di peringkat 13, sementara pemilik Manchester United cuma ada di peringkat 8."

Feature | 21 November 2020, 05:25
Harta Kekayaan 20 Pemilik Klub Liga Premier, Siapa Paling Tajir?

Libero.id - Pandemi COVID-19 benar-benar memberikan mimpi buruk untuk kesehatan finansial tim-tim sepak bola, terutama dengan tidak adanya penonton yang hadir ke stadion.

Liga Premier sebagai salah satu kompetisi paling tenar di dunia tentu memiliki banyak pemasukan dari hak siar televisi dan sponsor, namun istilah si kaya dan si miskin agaknya tetap berlaku di tanah Ratu Elizabeth tersebut karena uang pribadi dari pemilik klub berbeda-beda.

Keputusan Roman Abramovich untuk membeli Chelsea telah memberikan revolusi baru di Liga Premier sedangkan pengambilalihan Manchester City pada tahun 2008 silam telah membuat anak-anak The Citizens sukses memenangi Liga Premier sebanyak empat kali dalam 12 tahun terakhir.

Stasiun radio olahraga asal Inggris, talkSPORT telah mengumpulkan daftar pemilik klub Liga Premier terkaya saat ini, lalu siapa saja miliarder serta pengusaha tersebut? berikut rangkumannya;

20. Burnley - Mike Garlick (62 juta Poundsterling)

19. Sheffield United - Pangeran Abdullah bin Musa’ed (198 juta Poundsterling)

Anak dari pangeran Musa'id bin Abdulaziz Al Saud ini adalah pemilik dari Sheffiled United. Pada bulan September 2013, pangeran Abdullah bin Musa’ed memboyong The Blades dengan memegang 50% dari saham klub.

18. Leeds - Andrea Radrizzani ( 450 juta Poundsterling)

Libero.id

Kredit: leedsunited.com

Selain menjadi pendiri Eleven Sports, pria kelahiran kota Milan itu juga menjadi pemilik dari tim asuhan Marcelo Bielsa, Leeds United.

17. Brighton - Tony Bloom (1,3 miliar Poundsterling)

16. West Ham - David Sullivan dan David Gold (1,56 miliar Poundsterling)

15. Everton - Farhad Moshiri (1,9 miliar Poundsterling)

Libero.id

Kredit: evertonfc.com

Salah satu alasan kenapa Everton di awal musim ini begitu impresif adalah adanya sosok Farhad Moshiri di balik layar. Pengusaha Inggris-Iran itu telah memberikan dana segar untuk Ancelotti dalam memilih pemain yang ia inginkan musim ini.

14. West Bromwich Albion - Lai Guochuan (2,2 miliar Poundsterling)

13. Liverpool - John Henry (2,35 miliar Poundsterling)

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Pria Amerika itu telah menjadi pemilik The Reds sejak 2010. Bekerjasama dengan Jurgen Klopp, kini Liverpool telah kembali menjadi salah satu raksasa Inggris dan eropa.

12. Newcastle - Mike Ashley (2,66 miliar Poundsterling)

11. Leicester - Aiyawatt Srivaddhanaprabha (3 miliar Poundsterling)

Libero.id

Kredit: lcfc.com

Nama pengusaha asal Thailand itu mulai naik ketika klub miliknya berhasil menjadi jawara Liga Premier musim 2015/16, dimana tak ada yang menduga hal tersebut.

10. Southampton - Gao Jisheng (3,1 miliar Poundsterling)

9. Crystal Palace - Joshua Harris (3,6 miliar Poundsterling)

8. Manchester United - The Glazers (3,6 miliar Poundsterling)

Terdiri dari 3 orang, yakni Joel, Bryan dan Avram Glazer, kesemuanya saling bahu membahu dalam membangun branding Setan Merah hingga menjadi tim dengan pemasukan paling tertinggi di dunia sampai sekarang kendati prestasi klub mengalami fluktuasi sejak ditinggalkan oleh Alex Ferguson.

7. Tottenham - Joe Lewis (3,6 miliar Poundsterling)

6. Wolves - Guo Guangchang (5 miliar Poundsterling)

Ia adalah pendiri dari Fosun International Limited dan juga pemiliki dari tim yang didominasi pemain Portugal, Wolverhampton Wanderers.

5. Aston Villa - Nassef Sawiris (5,5 miliar Poundsterling)

4. Fulham - Shahid Khan (5,8 miliar Poundsterling)

Libero.id

Kredit: fulhamfc.com

Selain dikenal sebagai pemilik Fulham, pria dengan kumis tebal itu juga pemilik dari tim American Football, Jacksonville Jaguars.

3. Arsenal - Stan Kroenke ( 6,8 miliar Poundsterling)

2. Chelsea - Roman Abramovich (8,5 miliar Poundsterling)

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Mungkin bisa dikatakan pengusaha Rusia itu adalah pencetus dari harga  tranfer yang ‘gila’. Sejak membeli The Blues pada tahun 2003, setidaknya Abramovich  rela menghabiskan lebih dari 165 juta euro untuk membeli pemain.

1. Manchester City - Sheikh Mansour (23,3 miliar Poundsterling)

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseafc

Sudah jelas posisi pertama akan dipegang oleh Sheikh Mansour, pemilik dari Abu Dhabi United Group, City Football Group dan tentunya Manchester City. Untuk melihat betapa banyaknya uang dari pria Uni Emirat Arab itu, kita cukup perhatikan saja bursa transfer musim panas lalu, dimana City Football Group sudah siap untuk memenuhi klausul pelepasan Lionel Messi dari Barcelona yang mencapai 700 juta Euro.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network