50 Gelandang Tengah Terbaik yang Pernah Berlaga di Liga Premier

"Perdebatan terkerasnya adalah Steven Gerrard, Frank Lampard atau Paul Scholes. Nomor satu bukan satu dari tiga nama maestro itu."

Feature | 18 November 2020, 10:53
50 Gelandang Tengah Terbaik yang Pernah Berlaga di Liga Premier

Libero.id - Siapa gelandang terbaik di Liga Premier menjadi pertanyaan yang susah dijawab. Para penggemar telah terlibat dalam perdebatan sengit tentang siapa gelandang Liga Premier terbaik, apakah ikon Liverpool, Steven Gerrard, pahlawan yang kini menukangi Chelsea, Frank Lampard atau  Legenda Manchester United, Paul Scholes.

Tapi, seorang Roy Keane dengan penuh rendah hati, berdiri di antara semua perdebatan itu, ia telah menegaskan bahwa di antara ketiganya, ia bukan siapa-siapa, "Mereka jauh lebih baik dari saya."

Namun, situs olahraga Read Premier League justru menempatkan pemain legendaris Irlandia itu di daftar teratas untuk kategori gelandang tengah terbaik sepanjang masa dalam sejarah kompetisi sepakbola Inggris.

Libero.id

Roy Keane. Kredit: manutd.com

Para jurnalis sepakbola mengatakan bahwa Keane adalah 'kekuatan pendorong di belakang tim Manchester United yang brilian selama 12 tahun bermain di Old Trafford.'

Tak sampai di situ, Read Premier League terus memuji mantan bintang Nottingham Forest itu dengan kalimat pendek yang menggambarkan kemampuannya, seperti misal, 'mentalitas kemenangan' dan 'keterampilan kepemimpinannya yang luar biasa'.

Lalu, siapa saja yang masuk dalam daftar 50 besar gelandang tengah terbaik versi Read Primer League. Di bawah ini rangkumannya:

50. Tugay Kerimoglu

49. Mikel Arteta

48. John Obi Mikel

47. Scott Parker

46. Dietmar Hamann

45. Danny Murphy

44. Tim Cahill

43. Dimitri Payet

42. Moussa Dembele

41. Christian Eriksen

Beberapa nama di atas tentu tak lagi asing dalam kamus para penggemar Liga Premier, yang paling familiar tentu saja adalah Mikel Arteta, legenda sekaligus pelatih Arsenal. Lalu ada nama Tim Cahill dari Everton dan Christian Eriksen yang lekat dengan Tottenham Hotspur.

Tak perlu banyak penjelasan, cukup saksikan ulang laga-laga klasik yang mana mereka masih bermain di atas lapangan hijau, Anda bakal tau, betapa spesialnya mereka.

40 Puluh Besar:

40. Aaron Ramsey

39. Gary McAllister

38. Javier Mascherano

37. Mesut Ozil

36. Juan Mata

35. Santi Cazorla

34. Juninho

33. Paul Ince

32. Philippe Coutinho

31. Nemanja Matic

Sedikit maju ke ere berikutnya, daftar ini hampir merangkum nama-nama terbaik pada medio 2008-2017, sebab diantara rentang waktu itulah, kita melihat betapa menggiurkannya seorang Mesut Ozil, Juan Mata, Santi Cazorla dan lain seterusnya.

30 Puluh Besar:

30. Michael Ballack

29. Paul Pogba

28. Gary Speed

27. Jordan Henderson

26. Emmanuel Petit

25. Darren Fletcher

24. Jay-Jay Okocha

23. Gareth Barry

22. Bernardo Silva

21. Nicky Butt

20. David Batty

Tanpa mengesampingkan nama-nama legenda seperti Ballack, Fletcher, atau Nicky Butt, atau yang datang dari generasi yang lebih muda, Paul Pogba dan Bernardo Silva. Dalam daftar 30 besar ini, mari kita persembahkan untuk kapten Liverpool : Jordan Henderson.

Libero.id

Jordan Henderson. Kredit: liverpoolfc.com

Bisa dibilang bahwa Jordan Henderson adalah salah satu gelandang yang paling kurang diapresiasi  di Liga Premier, padahal dirinya adalah kunci dalam era kejayaan Liverpool saat ini. Bahkan, jika boleh jujur, kemerosotan performa The Reds dalam beberapa kesempatan adalah karena absennya Henderson dari skuad.

Dengan sikapnya yang ngotot, passing jauh yang akurat, dan keinginan untuk terus berlari dan berlari, adalah paket komplit seorang gelandang modern.

19. James Milner

18. Michael Essien

17. Matt Le Tissier

16. Xabi Alonso

15. Gilberto Silva

14. Luka Modric

13. Michael Carrick

12. Claude Makelele

11. Cesc Fabregas

Di lini tengah, dalam daftar ini, tersedia semua gelandang penuh bakat dengan kemampuan mengalirkan bola alias umpan dengan sangat visioner.

Misalnya saja, nama terakhir dalam daftar ini, Cesc Fabregas, punya andil besar di Liga Primer, entah itu ketika bersama Arsenal maupun Chelsea.

Libero.id

Cesc Fabregas. Kredit: arsenal.com

Dengan catatan 350 penampilan dan 50 gol yang dilesakkan, tak ketinggalan atribut umpan-umpan terobosan yang luar biasa mengesankan selama masa bermainnya, Fabregas lebih dari layak untuk masuk dalam daftar ini.

10 Besar:

10. N'Golo Kante

9. Fernandinho

8. Kevin De Bruyne

7. Yaya Toure

6. David Silva

Tidak diragukan lagi bahwa Manchester City sangat terbantu karena deretan gelandang pilih tanding mereka, mulai dari Kevin De Bruyne, David Silva, dan dari generasi sebelumnya, ada Fernandinho, dan Yaya Toure.

Daftar lima besar ini dikuasai oleh mereka, kecuali N'golo Kante. Bisa dibilang, deretan pemain di atas adalah gelandang tengah terbaik di dunia, bukan hanya sekedar di Liga Premier. Mereka memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi pemain tengah kelas wahid. Hanya pengalaman yang dapat meringkas semua itu\

Mereka yang Terbaik :

5. Paul Scholes

4. Patrick Vieira

3. Frank Lampard

2. Steven Gerrard

1. Roy Keane

Seperti yang disinggung pada awal tulisan ini, Scholes, Vieira, Lampard, hingga Gerrard memang punya kemampuan menakjubkan, dan mereka semua telah gantung sepatu.

Tapi ketika disandingkan dengan satu nama berikut, Roy Keane, mereka dianggap masih kalah saing. Meski Keane lebih dikenal karena sosoknya yang eksentrik dan temperamental di atas lapangan hijau. Namun mantan kapten Manchester United ini, adalah gelandang dengan reputasi yang paling disegani

Sepanjang karirnya, bersama Setan Merah laki-laki Irlandia ini mencicipi 7 trofi Liga Primer Inggris. Dari total 366 laga yang ia jalani, Keane  tercacat mengumpulkan  220 kemenangan dan 39 gol. Luar biasa.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network