10 Klub Sepak Bola Afrika Terbaik, Tradisi Juara di Benua Hitam

"Kesuksesan yang diraih para pemain hebat Afrika semuanya berawal dari klub di negara asalnya."

Feature | 17 November 2020, 13:56
10 Klub Sepak Bola Afrika Terbaik, Tradisi Juara di Benua Hitam

Libero.id - Mungkin persepakbolaan benua Afrika tidak terlalu mendapat sorotan media, namun harus diakui bahwa banyak pemain top dunia lahir dari sana, lihat saja seperti Yaya Toure, Didier Drogba, Mohammed Salah atau Jay Jay Okcha, ke semuanya adalah pemain yang sangat sukses di klub-klub besar dunia, seperti Barcelona, Real Madrid hingga Liverpool.

Kesuksesan yang diraih para pemain hebat Afrika itu semuanya berawal dari klub di negara asalnya. Tetapi sedikit yang diketahui di Dunia Barat tentang klub-klub Afrika. Oleh karena itu, agaknya kini adalah waktu yang tepat untuk melihat tim terbaik yang ditawarkan oleh benua Hitam, berikut ulasannya;

1.Tout Puissant Mazembe -Kongo

Klub sepak bola dengan peringkat tertinggi saat ini di benua Afrika adalah Tout Puissant Mazembe. Berdomisili di ibu kota Kongo, Lubumbashi, klub berjuluk The Ravens ini memiliki jumlah kehadiran penonton terbaik di benua Hitam dengan 18.000 penonton hadir di stadion Stade TP Mazembe. Banyak orang akan mengenal Tout Puissant Mazembe dengan nama lama mereka, "FC. Englebert", sebuah perusahaan karet asal Belgia yang didirikan Oscar Englebert.

2. Al-Merrikh SC - Sudan

Di tempat ke-2 ada klub Afrika yang mungkin paling tertua dan masih aktif, yakni Al-Merrikh SC. Didirikan pada tahun 1908, Al-Merrikh bermarkas di Al-Merrikh Stadium Omdurman atau yang biasa disebut dengan "Kastil Merah"  oleh  para pendukung Al-Merrikh. Al-Merrikh adalah klub sepak bola pertama yang memenangkan Liga Premier Sudan pada tahun 1934 dan kini koleksinya sudah menjadi 22 trofi domestik.

3. Esperance de Tunis - Tunisia

Libero.id

Kredit: instagram.com/esperancedetunis

Esperance de Tunis  atau yang dikenal dengan nama singkatan EST layak mendapatkan tempat ke-3 dalam daftar ini dengan nilai pasar saat ini sebesar 12,75 juta Euro. Berbasis di kota Tunis, Tunisia, EST didirikan sejak tahun 1919 atau 101 tahun yang lalu. Sebelum adanya pandemi COVID-19, para penggemar selalu hadir setiap Minggu ke Stade Olympique d'El Menzah untuk menonton tim favorit mereka.

Esperance de Tunis telah memenangkan Liga Tunisia sebanyak 26 kali, Piala Tunisia 14 kali dan Piala Super Tunisia 2 kali, oleh karena itu, ini adalah salah satu tim paling sukses di tingkat domestik. Tapi mereka juga bersinar di luar negeri : Liga Champions CAF, Piala Super Arab dan Kejuaraan Klub Arab adalah semua kompetisi yang mereka menangkan di masa lalu.

4. Raja Casablanca - Maroko

Negara Afrika Utara lainnya memiliki salah satu tim paling terkenal di dunia, yakni Raja Casablanca. Raja Casablanca adalah salah satu klub sepak bola termuda di Afrika, didirikan pada tahun 1949.

Fakta yang menarik adalah, nama “Raja” dalam bahasa Arab berarti “harapan”. Yah - mereka penuh harapan dan sukses - Green Eagles adalah tim Afrika pertama yang ambil bagian dalam Kejuaraan Klub Dunia FIFA. Tetapi mereka juga sangat sukses di tingkat domestik. Secara total, mereka telah memenangkan kejuaraan Maroko 12 kali. Juga, nilai pasar mereka saat ini mencapai 8,13 juta Euro, yang menjadikan mereka salah satu tim paling berharga di Afrika.

5. Al Hilal Omdurman - Sudan

Libero.id

Kredit: instagram.com/alhilalsudanofficial

Klub sepak bola Sudan berikutnya, Al Hilal Omdurman, didirikan pada tahun 1930. Letaknya sama seperti yang ada di belakang penamaannya, yakni di kota Omdurman. Mereka telah memenangkan liga Sudan 7 kali hanya dalam 9 musim. Total, mereka memenangkan 27 kali kejuaraan.

6. El Zamalek – Mesir

Tim lain dalam daftar ini yang berasal dari Afrika Utara adalah El Zamalek. Klub ini terletak di kota Giza, Mesir. Mereka bisa bangga dengan beberapa trofi domestik dan internasional: Piala Mesir, Liga Mesir, Liga Kejuaraan CAF, Piala Super CAF dan Piala Afrika.

7. AS Vita Club - Kongo DRC

AS Vita Club adalah klub tersukses dalam sejarah persepakbolaan Republik Demokratik Kongo. Didirikan pada tahun 1935, The Black Dolphins telah memenangi kejuaran domesetik sebanyak 14 kali  dan memenangkan  Liga Kejuaraan CAF pada tahun 1973.

8. Kaizer Chiefs - Afrika Selatan

Kaizer Chiefs Football Club adalah klub sepak bola profesional Afrika Selatan yang berbasis di Naturena yang bermain di Premier Soccer League. Tim ini dijuluki Amakhosi yang berarti "Tuan" atau "Pemimpin" dalam bahasa Afrika. Chiefs telah memenangkan 12 gelar Liga (4 di era PSL) dan lebih dari 50 trofi klub. Mereka memegang rekor trofi tertinggi di antara klub lain di Premier Soccer League.

9. Al Ahly

Libero.id

Kredit: instagram.com/alahlyegypt

Saat ini, Al Ahly adalah klub Afrika dengan nilai pasar tertinggi (19,25 juta Euro). Al Ahly didirikan pada tahun 1907 dan telah menjadi salah satu klub sepak bola paling sukses di Afrika.  Pada tahun 2000 Al Ahly mendapat gelar sebagai “Africa Club of the Century” oleh CAF (Confederation of African Football).

Selain itu, Al Ahly telah memenangkan 114 gelar domestik dan 19 gelar internasional sejauh ini. Tepatnya 19 trofi internasional ini telah menjadikan Al Ahly resmi sebagai klub sepak bola paling sukses - tidak hanya di Afrika tetapi juga di seluruh dunia. Ini bahkan lebih baik daripada Boca Juniors atau AC Milan.

10. Dynamos Zimbabwe

Seperti namanya, klub ini berbasis di Zimbabwe dan merupakan gabungan dua tim sepak bola yakni Rhodesia dan Harare Township pada tahun 1963 yang melebur jadi satu. Prestasi terbesar mereka sejauh ini adalah memenangkan Piala Zimbabwe dan Liga Sepak Bola Utama Zimbabwe. Sejauh ini, mereka adalah tim paling sukses di negara asalnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network