Terbaru Van Dijk dan Joe Gomez, Ini 10 Bintang yang Pernah Cedera Ligamen

"Cedera ACL merupakan robeknya jaringan yang menghubungkan antara tulang paha dengan tulang kering di lutut."

Feature | 12 November 2020, 02:16
Terbaru Van Dijk dan Joe Gomez, Ini 10 Bintang yang Pernah Cedera Ligamen

Libero.id - Liverpool mendapat pukulan cedera. Setelah Virgil van Dijk, sekarang giliran bek tengah Joe Gomez. Bek tengah tersebut diduga telah mengalami kerusakan parah ACL-nya saat berlatih bersama Inggris pada Rabu.

Dia mengikuti nasib buruk rekannya dari Belanda yang mendapatkan hal serupa dalam bentrokan dengan Jordan Pickford di Derby Merseyside bulan lalu.

Cedera ligamen cruciatum memang menjadi cedera yang terlalu umum terjadi dalam sepak bola. Cedera ini bisa menjadi salah satu cedera terburuk yang diderita seorang pemain.

Di tahun 1990-an, cedera seperti itu bisa menjadi ancaman bagi karier pemain, tetapi kemajuan dalam bidang kedokteran dan pembedahan bisa membuat pemain pulih sepenuhnya dan kembali ke gerakan dan kemampuan sebelumnya.

Cedera ACL merupakan robeknya jaringan yang menghubungkan antara tulang paha dengan tulang kering di lutut.

Cukup banyak pesepakbola top dunia yang pernah menderita ACL, ada yang performanya kembali, namun juga ada yang turun drastis.

Berikut 10 pesepakbola top dunia yang pernah menderita cedera ACL:

1. Roy Keane

Libero.id

Kredit: manutd.com

Dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester United, Roy Keane nyatanya pernah menderita cedera ACL pada musim 1997/1998 yang nyaris merusak karirnya.

Cedera itu ia dapatkan kala berbenturan dengan Alf Inge Haaland yang tak lain adalah ayah dari Erling Haaland.

Kejadian tersebut kelak dikenal sebagai rivalitas penuh dendam diantara keduanya, mengingat setelah Keane sembuh dari cederanya, ia langsung membalas perlakuan Haaland dengan takling kerasnya yang membuat Keane menerima ganjaran kartu merah di laga pembalasan dendam tersebut.

2. Alessandro Del Piero

Del Piero pernah menderita cedera ACL pada tahun 1998 dimana di tahun itu merupakan periode penting dalam karirnya.

Setelah pulih dari cedera ACL nya, Del Piero terpaksa mengubah gaya permainannya yang sebelumnya eksplosif menjadi lebih mampu mengatur tempo yang membuatnya tetap mampu bermain di level tertinggi hingga usia 40 tahun.

3. Ruud Van Nistelrooy

Sebelum pindah dari PSV Eindhoven menuju Manchester United, ternyata Van Nistelrooy pernah menderita ACL tepatnya pada musim 1999/2000, untungnya cedera tersebut tak sampai mengakhiri karirnya.

Walaupun sempat menderita cedera parah, performanya tak terganggu sama sekali, bahkan semusim berselang ia pindah menuju Manchester United dan kemudian di sanalah namanya mulai dikenal sebagai salah satu penyerang berbahaya di Eropa.

4. Robert Pires

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Pires merupakan salah satu pilar penting Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger, namun ia pernah absen lama gara-gara cedera ACL yang ia derita pada akhir musim 2001/2002 sekaligus memupuskan harapannya menjadi bagian dari skuad Prancis 2002.

Bahkan musim 2002/2003 ia tak mampu membantu the Gunners dalam mempertahankan gelar Liga Inggris gara-gara cedera ACL nya kambuh lagi yang memaksanya absen selama 7 bulan lamanya.

5. Francesco Totti

Keberhasilan AS Roma dalam merengkuh titel Coppa Italia musim 2007/2008 ternyata memakan tumbal.

Bintang utama mereka, Francesco Totti mengalami cedera ACL di akhir musim tersebut dan sempat diprediksi karirnya tak akan berjalan mulus ke depannya.

Namun hal tersebut ternyata salah, sang Pangeran Roma tetap mampu tampil di level teratas hingga mengakhiri karirnya pada usia 40 tahun di musim 2016/2017.

6. Xavi Hernandez

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Bersama Andres Iniesta, Xavi Hernandez merupakan pilar penting Barcelona di lini tengah yang membuat mereka mampu meraih berbagai macam gelar.

Namun ternyata Xavi juga pernah mengalami hal yang naas saat dirinya divonis menderita ACL pada pertengahan musim 2005/2006 sehingga membuatnya absen hingga 4 bulan lamanya.

7. Kurt Zouma

Di paruh kedua musim 2015/2016, karier Kurt Zouma terancam serius. Bek tengah asal Prancis tersebut mengalami cedera pada pertandingan antara Chelsea melawan Manchester United di Stamford Bridge.

Pendaratan Zouma tidak bagus hingga salah tumpuan. Kini, Zouma bisa menjadi pemain inti walaupun performanya masih belum pulih sama seperti sedia kala.

8. Radamel Falcao

Libero.id

Kredit: manutd.com

Radamel Falcao dikenal sebagai salah satu penyerang mematikan di Eropa terutama kala membela Porto, Atletico Madrid, dan AS Monaco.

Sayangnya ia kerap kali menderita ACL, bahkan musim 2014/2015 untuk ketiga kalinya ia menderita cedera tersebut yang membuat performa sang bomber menurun drastis terutama saat dipinjamankan ke Manchester United dan Chelsea.

9. Theo Walcott

Salah satu bintang muda harapan Inggris dan Arsenal kala itu, Theo Walcott harus menerima kenyataan pahit usai dirinya divonis ACL pada pertengahan tahun 2014 silam.

Sejak saat itu performanya seolah menghilang begitu saja, alhasil ia dilego ke Everton pada 2018 dan kini kembali ke klub masa kecilnya, Southampton.

10. Zlatan Ibrahimovic

Libero.id

Kredit: manutd.com

Dikenal sebagai pemain yang tangguh baik dari segi mental maupun fisik, Zlatan Ibrahimovic pernah menderita ACL pada musim 2016/2017 kala dirinya masih membela Manchester United.

Karirnya sempat menurun sejenak yang membuatnya terlempar dari panggung Eropa, namun pada pertengahan musim 2019/2020 ia kembali ke AC Milan dan memegang peran kunci di San Siro hingga saat ini.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network