5 Klub Liga Premier Paling Boros Belanja Musim 2020/21

"Dari 20 klub, secara kumulatif menghabiskan 1,24 miliar pounds atau Rp 23,7 triliun. Tidak ada Liverpool di 5 besar."

Feature | 12 October 2020, 23:52
5 Klub Liga Premier Paling Boros Belanja Musim 2020/21

Libero.id - Setelah beberapa langkah mengejutkan dan penuh ketegangan, jendela transfer musim panas 2020/21 akhirnya resmi berakhir pada 5 Oktober silam. Seperti biasa Liga Premier selalu menjadi nomor 1 dalam hal pengeluaran tertinggi untuk belanja pemain baru.

Dari 20 klub yang berkompetisi, secara kumulatif Liga Premier telah menghabiskan 1,24 miliar pounds.

Dalam proses jual beli pemain, banyak klub yang terbilang sukses, mereka berhasil mendatangkan pemain yang langsung memberi kontribusi positif, dan menjual pemain lama yang dianggap hanya sebagai batu sandangan atau kayu mati.

Sebutlah seperti Chelsea, mereka matang dengan skuad baru, total ada 7 pemain baru yang mendarat di Stamford Bridge dan itu merupakan bagian dari proyek besar Frank Lampard.

Berkenaan dengan hal itu, berikut adalah 5 klub Liga Premier dengan belanja bersih tertinggi di jendela transfer musim panas 2020/21. Pengeluaran bersih di sini adalah jumlah uang yang dikeluarkan dikurangi hasil penjualan pemain:

5. Arsenal | Pengeluaran bersih: 64,5 juta pounds

Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta makin gemilang, tetapi pada jendela transfer musim panas 2020/21 ini hampir-hampir saja mereka menemui kebuntuan, sebelum akhirnya jelang penutupan transfer, dengan hanya beberapa jam tersisa, The Gunners berhasil membujuk Atletico Madrid dengan klausul pelepasan 50 juta pounds untuk Thomas Partey.

Pesepakbola asal Ghana itu melengkapi dua pemain sebelumnya yakni Willian, dan Gabriel Magalhaes seharga  27 juta pounds.

Libero.id

Willian. Kredit: arsenal.com

Adapun untuk pemain yang didepak, Arsenal dengan sukarela mengucapkan selamat tinggal pada Henrikh Mkhitaryan, Matteo Guendouzi, Lucas Torreira, dan lainnya. Namun hampir semua dari pemain itu pergi dengan cuma-cuma.

Hanya kepindahan Emi Martinez ke Aston Villa lah yang mendatangkan 17 juta pounds untuk The Gunners.

4. Manchester City | Pengeluaran bersih: 76,5 juta pounds

Setelah gelar Liga Premier direbut Liverpool, Manchester City diperkirakan akan habis-habisan untuk membeli pemain baru. Apalagi mengingat The Citizens tengah kebingungan karena cedera yang menimpa Aymeric Laporte, dan Leroy Sane yang memutuskan pergi ke Bayern Munich dengan nominal jual mencapai 54 juta pounds.

Nama lain yang ikut pergi ialah Otamendi dengan nilai jual 13 juta pounds.

Manchester City yang mencoba memperbaiki masalah tersebut pada akhirnya sukses mendatangkan  Nathan Ake dan Ferran Torres, masing-masing seharga  41 juta pounds dan 20,8 juta pounds.

Libero.id

Nathan Ake. Kredit: mancity.com

Adapun yang jadi rekrutan termahal Manchester City tahun ini adalah Ruben Dias yang diboyong dari SL Benfica dengan harga  65 juta pounds. Dengan begitu, neraca keuangan klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini jadi stabil.

3. Leeds United | Pengeluaran bersih:  84,5 juta pounds

Setelah absen selama 16 tahun di papan atas kompetisi sepakbola Inggris, Leeds United kali ini tampaknya tak main-main. Leeds yang  dinahkodai oleh pelatih berpengalaman, Marcelo Bielsa berhasil memperkuat skuad mereka dengan teratur.

Libero.id

Rodrigo Moreno. Kredit: leedsunited.com

Pertama-tama mereka menyegel tanda tangan pemain internasional Spanyol Rodrigo Moreno seharga  27 juta pounds. Leeds juga merekrut nama besar lainnya seperti Diego Llorente dari Real Sociedad seharga  20 juta pounds dan, baru-baru ini, mereka mendatangkan penyerang asal Brazil Rafinha dari Rennes seharga  17 juta pounds. Selain itu mereka juga berhasil mempermanenkan Helder Costa.

Secara keseluruhan para pemain diatas tampil dengan meyakinkan, sebagai tim promosi, sejauh ini Leeds United mengejutkan banyak pihak, mereka sukses bercokol di urutan ke-7 untuk sementara waktu dengan 2 kemenangan, 1 imbang dan 1 kekalahan.

2. Aston Villa | Pengeluaran bersih:  85 juta pounds

Setelah musim lalu hampir terdegradasi, awal musim 2020/21 ini Aston Villa membuat kejutan dengan nangkring di papan atas klasemen sementara. Sebetulnya jika melihat riwayat belanja pemain pada bursa transfer musim ini, hal tersebut boleh jadi wajar.

Libero.id

Emil Martinez. Kredit: premierleague.com

Mereka merusak dominasi klub-klub papan atas Liga Primer, dengan mendatangkan empat rekrutan besar di bursa transfer. Aston Villa membeli bek Inggris Matty Cash dari Nottingham Forest dengan harga 16 juta pounds, lalu ada mantan kiper Arsenal, Emil Martinez dengan mahar 17 juta pounds, berikutnya ada penyerang Olympique Lyon Bertrand Traore dengan 19 juta pounds.

Dan untuk memecahkan rekor transfer klub mereka memboyong top skor divisi Championship, Ollie Watkins, yang tiba dari Brentford dengan harga  33 juta pounds. Hasilnya bisa dilihat dengan jelas, paling tidak sampai dengan pekan ke-4 Liga Premier Aston Villa masih berada di urutan kedua klasemen sementara.


1. Chelsea | Pengeluaran bersih: 212,6 juta Pounds

Seperti yang disinggung di awal tulisan, musim ini Chelsea jadi klub Liga Premier dengan kesibukan belanja pemain nomor satu. The Blues memang dikenal sebagai klub yang royal dalam belanja pemain.

Tetapi musim panas 2020 adalah musim yang monumental bagi The Blues.

Libero.id

Hakim Ziyech. Kredit: chelseafc.com

Tim asuhan Frank Lampard ini setidaknya berhasil mengunci 7 pemain, mereka adalah Edouard Mendy ( 22 juta pounds), Hakim Ziyech ( 33,3 juta pounds), Timo Werner (45 juta pounds), Ben Chilwell (50 juta pounds), dan dengan harga yang paling tinggi ialah Kai Havertz ( 75,8 juta pounds ).

Semua pemain di atas tiba di Stamford Bridge dengan total nominal lebih dari  200 juta pounds. Di luar nama itu, Chelsea juga  mengontrak pemain veteran Thiago Silva dan bek, Malang Sarr dengan status bebas transfer.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network