10 Bek Sayap Kiri Paling Mahal, Dua Ben di Posisi Teratas

"Uniknya, dua bek sayap kiri yang dianggap terbaik di dunia saat ini Andy Robertson dan Alphonso Davies tidak masuk dalam daftar."

Feature | 07 October 2020, 13:18
10 Bek Sayap Kiri Paling Mahal, Dua Ben di Posisi Teratas

Libero.id - Dalam sepakbola modern, tipikal menyerang adalah salah satu cara klub merepresentasikan gaya bermain mereka, dan tipikal itu sangat kompatibel dengan posisi bek sayap kiri. Bisa dibilang bek kiri merupakan salah satu posisi paling penting dalam permainan sepakbola yang mengusung misi keindahan.

Klub-klub besar yang sukses dengan bek kiri mereka, beberapa di antaranya adalah Liverpool dan Bayern Munich, paling tidak dalam 2 tahun terakhir. Andy Robertson dan Alphonso Davies adalah dua bek kiri terbaik dunia saat ini.

Di samping itu, beberapa bek kiri dalam daftar ini telah menikmati kesuksesan luar biasa di klub masing-masing, meski sebagian dari mereka belum sampai level puncak permainan. Sebagian dari mereka adalah para pesepakbola muda yang potensial dan kemungkinan besar akan membuat pengaruh besar di Eropa pada tahun-tahun mendatang. Mereka diboyong dengan harga yang lumayan tinggi. Berikut daftarnya:

10. Nico Schulz - Borussia Dortmund - 25,5 juta euro

Libero.id

Kredit: bvb.de

Nico Schulz memiliki bakat luar biasa. Dia mulai diperhitungkan ketika memperkuat  Borussia Monchengladbach pada tahun 2015. Dua musim berselang, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri ini kemudian bergabung dengan Hoffenheim.

Lalu Borussia Dortmund mengidentifikasi Nico Schulz sebagai opsi cadangan yang layak untuk menggantikan Raphael Guerreiro dengan menghabiskan mahar yang cukup besar.

Meski Nico Schulz sering mengalami beberapa cedera di Borussia Dortmund, bek kiri berusia 27 tahun itu masih memiliki sisa waktu beberapa tahun lagi untuk memberikan pengaruh di klub dan itu bisa dimulai dengan  menjadi sosok yang menonjol di Bundesliga musim ini.

9. Alex Sandro - Juventus - 26 juta euro

Bek kiri asal Brasil itu pindah dari FC Porto ke Serie A pada musim 2015 dengan mahar 26 juta pounds. Juventus adalah salah satu klub paling sukses di Italia dan Alex Sandro telah menjadi bagian dari tim yang luar biasa di Turin selama beberapa tahun terakhir.

Di bawah asuhan Massimiliano Allegri, bek kiri yang selalu tampil konsisten itu telah ikut memenangkan gelar Serie A selama 5 tahun berturut-turut di klub.

8. Kieran Tierney - Arsenal - 27 juta euro

Libero.id

Kredit: arsenal.com

The Gunners menghabiskan 27 juta euro untuk membawa bek kiri asal Skotlandia ke Emirates Stadium namun sayang cedera bahu mengurangi kegembiraan Kieran Tierney. Tapi itu terjadi ketika Unai Emery masih sebagai pelatih.

Bagaimanapun juga Tierney telah menjadi bagian yang hampir tak tergantikan dari tim Arsenal dan memainkan peran penting dalam kemenangan Piala FA The Gunners. Di bawah Mikel Arteta, kini Arsenal menjadi tim yang tangguh dan kehadiran Tierney di lini belakang menjadi berkah bagi klub.

7. Leonardo Spinazzola - AS Roma - 29,5 juta euro

Leonardo Spinazzola disebut-sebut sebagai anak ajaib. Ia dianggap sebagai salah satu bek kiri paling menjanjikan di Eropa, pesepakbola asal Italia ini menghabiskan beberapa kali masa pinjaman sebelum akhirnya AS Roma mengamankan transfer permanen  dengan biaya  29,5 juta pounds pada 2019 silam. Ia kerap dimainkan oleh Paulo Fonseca dalam formasi 3-5-2.

6. Fabio Coentrao -  Real Madrid - 30 juta  euro

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Fabio Coentrao bergabung dengan Real Madrid pada musim 2011 dan bersama raksasa Spanyol itu, ia telah menghabiskan 7 tahun yang penuh lika liku. Di bawah asuhan Jose Mourinho, Coentrao kerap jadi pilihan utama, tetapi mulai menurun ketika Los Blancos beralih kepelatihan di bawah Carlo Ancelotti.

Sampai akhirnya, bek kiri ini kembali ke klub masa kecilnya Rio Ave pada musim 2018 dan musim ini, ia bersiap untuk kembali bermain bersama Rio Ave.

5. Sergio Reguilon -  Tottenham Hotspur - 30,5 juta euro

Bersama Sevilla, musim lalu Sergio Reguilon tampil luar biasa. Dia ikut mengantarkan klub itu menjuarai Liga Eropa. Dan Spurs telah membayar lebih dari  30 juta Euro untuk Sergio Reguilon. Dia kemungkinan akan menggantikan posisi Ben Davies. Dan bersama mantan bosnya di Real Madrid, Jose Mourinho tentunya Reguilon bakal tampil penuh pembuktian.

4 Luke Shaw - Manchester United - 37,5 juta euro

Libero.id

Kredit: manutd.com

Luke Shaw disebut-sebut sebagai salah satu pemain muda Inggris terbaik setelah musim 2013/14 yang luar biasa bersama Southampton. Bek kiri berbakat itu pindah ke Manchester United pada musim berikutnya dengan biaya  37,5 juta euro.

Tetapi Luke Shaw telah mengalami beberapa musim yang sulit bersama Setan Merah. Ia kerap dihantui cedera kambuhan. Tapi jika sedang dalam kondisi prima, Shaw cukup menjanjikan.

3. Ferland Mendy - Real Madrid - 48 juta Euro

Ferland Mendy mulai dikenal berkat aksi gemilangnya saat berseragam Lyon pada musim 2018/19 yang lewat. Itu menarik minat sejumlah klub besar Eropa dan akhirnya pemain Prancis itu memilih berlabuh di Santiago Bernabeu. Zinedine Zidane menaruh kepercayaan besar pada Ferland Mendy, ia diproyeksikan untuk menggantikan Marcelo yang mulai menua.

2. Ben Chilwell - Chelsea - 50 juta euro

Libero.id

Kredit: instagram.com/benchilwell

Chelsea telah membuat gejolak di bursa transfer selama setahun terakhir dan telah banyak berinvestasi pada pemain muda berbakat dari seluruh Eropa. Berkenaan dengan hal itu The Blues telah membawa bek kiri potensial timnas Inggris, Ben Chilwell ke Stamford Bridge dengan biaya transfer  50 juta euro.

1. Benjamin Mendy - Manchester City - 57,5 juta euro

Benjamin Mendy didatangkan dari AS Monaco ke Manchester City pada musim 2017/2018. The Citizens ketika itu menggelontorkan uang 57,5 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan bek kiri timnas Prancis itu.

Mendy bergabung pada usianya yang ke 23 tahun dan ia diharapkan bisa bersinar bersama klub yang dilatih Pep Guardiola itu. Sayangnya  Mendy kerap diganggu cedera ligamen anterior. Selama 2 musim memperkuat Manchester City, Mendy baru mencatatkan 53 penampilan dengan 10 assist.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network