Sudah Pasti Lolos? Begini Kata Bima Sakti Soal 6 Pemain Diaspora yang Dipanggil untuk Seleksi Timnas U-17

"Gimana nih nasib local pride.."

Berita | 18 July 2023, 01:16
Sudah Pasti Lolos? Begini Kata Bima Sakti Soal 6 Pemain Diaspora yang Dipanggil untuk Seleksi Timnas U-17

Libero.id - Bima Sakti memenuhi ucapannya tentang kesempatan yang sama untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17. Total ada 6 pemain yang statusnya keturunan namun masih memiliki paspor Indonesia  sekaligus juga pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri alias pemain abroad atau diaspora yang mendapat panggilan resmi dari PSSI.

Keenam pemain itu adalah Welber Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Meskipun keenam nama di atas memiliki jam terbang bermain di kompetisi luar negeri, Bima Sakti mengungkap hal tersebut bukanlah sebuah jaminan mutlak
mereka mendapat satu tempat di Timnas Indonesia U-17.

Bima Sakti tetap menerapkan sistem promosi degradasi yang adil untuk setiap pemain.

"Rencananya kita ada promosi degradasi karena ingin mencoba memberi kesempatan dari para pemain yang mengantri termasuk yang dari luar (diaspora) saat ini begitu banyak. Kita juga sudah melihat kondisi mereka-mereka yang telah diberi kesempatan," terangnya dilansir dari situs resmi PSSI.

Pelatih yang membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 itu menegaskan dirinya hanya akan memilih para pemain terbaik yang sesuai dengan kebutuhan tim alias masuk dalam kriterianya.

Jadi, tak ada jaminan enam pemain diaspora untuk lolos seleksi dan mentas di  Piala Dunia U-17 2023.

"Kalau memang mereka bagus dibandingkan anak-anak yang sudah ada, ya akan saya ambil. Kalau enggak, lebih baik kita ambil anak-anak lokal yang telah berjuang di akademi dan SSB (Sekolah Sepak Bola)." Lanjutnya.

Bima Sakti dan tim kepelatihan sendiri sudah menetapkan beberapa kriteria untuk pemain-pemain yang akan terpilih.

" Kita sudah sampaikan bahwa kriteria utama pasti kualitas. Kemudian sesuai posisi, (misalnya) postur tubuh harus seperti bek. Kiper mutlak (tingginya) 180 cm ke atas," tukasnya.

Selain tengah menggelar pemusatan latihan untuk 34 pemain yang dipanggil, saat ini PSSI juga tengah melakukan seleksi terbuka di 12 kota dengan dibantu oleh klub dan Asprov tuan rumah setempat.

Nantinya para pemain yang terpilih akan bergabung dengan 34 pemain yang sudah dipanggil. Proses seleksi kabarnya akan terus berlangsung hingga 28 Agustus mendatang.

Piala Dunia U-17 2023 sendiri akan dihelat pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network