Profil Eliano Reijnders, Pemain Keturunan Maluku Siap Bela Timnas Indonesia Jika Dibutuhkan

"Siapa dia? Ini profilnya.."

Biografi | 07 July 2023, 07:10
Profil Eliano Reijnders, Pemain Keturunan Maluku Siap Bela Timnas Indonesia Jika Dibutuhkan

Libero.id - Pencarian pemain diaspora Indonesiadi seluruh dunia terus dilakukan PSSI. Salah satu nama yang tampaknya masuk dalam daftar adalah Eliano Reijnders. Siapa dia?

Banyak pemain keturunan Indonesia yang berkiprah di Eropa, terutama yang berasal dari Belanda memiliki garis keturunan dari Maluku. Salah satunya ada Eliano Reijnders. Pemain yang berposisi gelandang serang itu memperkuat klub Eredivisie, PEC Zwolle.

"Darah keturunan Indonesia saya berasal dari ibu. Dia berasal dari Ambon, Maluku," kata Eliano Reijnders dalam wawancara di akun Youtube, Yussa Nugraha, beberapa waktu lalu.

"Saya suka makanan Indonesia. Salah satunya nasi dengan rica-rica. Sebenarnya saya sangat senang dengan semua masakan Indonesia. Biasanya, saya makan masakan Indonesia yang dimasak oleh nenek atau ibu saya. Masakan keluarga itu yang paling enak," ungkap adik kandung pemain AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders.

Eliano Reijnders lahir di Zwolle, 23 Oktober 2000. Dia adalah putra mantan pemain sekaligus pernah menjadi asisten pelatih di PEC Zwolle, Martin Reijnders.

Karena darah sepakbola yang kental itu, Eliano Reijnders dan kakaknya, Tijjani Reijnders, memulai semuanya dari klub sang ayah PEC Zwolle. Dia mulai dari level kanak-kanak. Kemudian, merangkak ke level remaja, hingga akhirnya menjalani debut profesional pada 2018.

Promosi ke tim utama didapatkan setelah Eliano Reijnders moncer dengan PEC Zwolle U-19. Dia membukukkan 2 gol dari 27 kesempatan yang didapat.

Sayang, menit bermain jarang didapatkan Eliano Reijnders di tim utama PEC Zwolle. Itu karena persaingan yang cukup ketat. Jadi, PEC Zwolle memutuskan meminjamkan Eliano Reijnders ke Jong Utrecht pada Agustus 2022. 

Keputusan itu tepat mengingat musim lalu Eliano Reijnders memainkan 35 pertandinga dengan catatan 5 assist. Hanya semusim di Jong Utrecht, Eliano Reijnders kembali ke PEC Zwolle. Dan, jika dibutuhkan, Eliano Reijnders siap bertukar paspor Indonesia. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network