Wow! Hamdan Hamedan Bilang 12 Pemain Diaspora Siap Jika Diminta ke Piala Dunia U-17 2023

"Syarat utamanya, dibutuhkan Bima Sakti."

Feature | 01 July 2023, 12:44
Wow! Hamdan Hamedan Bilang 12 Pemain Diaspora Siap Jika Diminta ke Piala Dunia U-17 2023

Libero.id - Timnas Indonesia U-17 sedang mengumpulkan pemain untuk bersiap menghadapi Piala Dunia U-17 2023. Selain produk lokal, Bima Sakti juga bisa memanggil pemain diaspora. Dalam database Hamdan Hamedan, ada 30 pesepakbola muda berusia 17 tahun ke bawah.

Piala Dunia adalah ajang besar, meski hanya di kelompok umur 17 tahun. Kualitasnya jauh berbeda dengan Piala AFF atau SEA Games.

Dengan fakta seperti itu, banyak pendukung timnas Indonesia meminta PSSI dan Bima Sakti untuk mengakomodasi pemain-pemain yang bermukim di luar negeri. Sebab, beberapa remaja keturunan itu memiliki kemampuan bermain sepakbola yang bisa membantu timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Menurut Staf Ahli Menpora untuk Urusan Atlet Diaspora, Hamdan Hamedan, kabar yang menyebut Bima Sakti terbuka untuk pemain keturunan sangat bagus.

Hamdan Hamedan menyebut, jika dibutuhkan, pemain-pemain masa depan tersebut bisa dipulangkan sewaktu-waktu. Bahkan, dengan turnamen sekelas Piala Dunia U-17 2023, dirinya sangat yakin semua remaja keturunan itu akan antusias bergabung.

"Dari database yang kami miliki, ada sekitar 30 pemain diaspora yang masuk dalam kategori U-17. Dan, ada sekitar 10 (sekarang 12) pemain yang memiliki paspor Indonesia sehingga berpotensi membela timnas bila dibutuhkan dan bila kualitasnya sesuai dengan keinginan pelatih," tulis Hamdan Hamedan di @hamdan.hamedan.

Hamdan Hamedan juga menyebut Welberlieskott de Jardim Halim sebagai salah satu pemain U-17 yang bisa dipanggil sewaktu-waktu.

"Welber  adalah salah satunya. Sudah beberapa kali saya menyebut nama dia kepada tim kepelatihan. Semoga saja kini dia mendapat kesempatan bersama dengan para pemain diaspora lainnya. Welber bermain sebagai full back kanan. Dia juga sangat kapabel bermain di posisi gelandang box to box," tulis Hamdan Hamedan lagi.

"Harus diakui, di Piala Dunia U-17 nanti, Indonesia berpotensi menghadapi tim langganan juara seperti Brasil dan Meksiko. Bisa pula Indonesia menghadapi tim kuat lainnya seperti Inggris dan Spanyol," lanjut Hamdan Hameda.

"Spanyol misalnya, boleh jadi akan mengirimkan wonderkidnya Lamine Yamal yang gacor di Barcelona youth team. Inggris juga mungkin akan memanggil pemain termuda Liga Primer, Ethan Nwaneri,yang bermain di Arsenal. Piala Dunia U-17 juga merupakan podium untuk para wonderkid dunia menunjukkan tajinya," ungkap Hamdan Hamedan.

"Apa pun itu, sangat tidak sabar melihat timnas Indonesia beradu mekanik dengan tim-tim hebat dunia. Dan, adalah ide yang bagus untuk memanfaatkan potensi diaspora kita, setidaknya memberi mereka kesempatan mengikuti trial dan/atau TC," pungkas Hamdan Hamedan.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network