Local Pride Naik Kelas, Nova Arianto Ditarik Shin Tae-yong Jadi Asisten Pelatih Timnas Senior

"Timba ilmu sebanyak-banyaknya coach.."

Berita | 26 May 2023, 18:33
Local Pride Naik Kelas, Nova Arianto Ditarik Shin Tae-yong Jadi Asisten Pelatih Timnas Senior

Libero.id - Timnas Indonesia senior kini punya komposisi pelatih baru. Pelatih kepala Shin Tae-yong akan dibantu oleh sejumlah asisten pelatih. Dalam pada itu Nova Arianto jadi satu-satunya pelatih local pride yang 100 persen asli Indonesia.

Sebelumnya sosok yang lama memperkuat Persebaya Surabaya dan Persib Bandung itu menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia kelompok umur yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

’Sekarang saya menjadi asisten pelatih tim nasional [senior]. Karier saya dimulai saat menjadi asisten pelatih U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 lalu. Namun, setelah batal, saya terus bersama coach Shin di tim senior,’’ ujar pria yang juga disapa Vava itu dilansir dari situs resmi PSSI.

Tak lama setelah pensiun, anak dari Sartono Anwar itu direkrut menjadi asisten pelatih Pelita Bandung Raya pada November 2013.

Merujuk data Transfermarkt, Nova Arianto pernah menjadi pelatih kepala Madiun Putra dan Lampung Sakti. Kemudian pada 2019 sempat menjadi asisten pelatih lagi di Bhayangkara FC, sampai kemudian pemilik lisensi A Pro AFC itu dipercaya oleh PSSI untuk menemani Shin Tae-yong di Timnas kelompok umur.

Sampai akhirnya naik kelas di Timnas Indonesia senior yang sebentar lagi akan menggelar dua laga FIFA Matchday.

Pertama melawan Timnas Palestina pada 14 Juni mendatang, kemudian yang paling dinantikan adalah lagaIndonesia vs Argentina pada 19 Juni mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Menurutnya secara skill dan materi pemain, Argentina jauh di atas Indonesia. Akan tetapi, laga ini bisa menjadi ajang mengasah mental dan pengalaman bertanding dengan tim peringkat 1 dunia.

Soal laga Indonesia vs Argentina itu, Nova Arianto juga berkomentar.

‘’ Ini bagus bagi pengalaman pemain Indonesia,’’ imbuhnya

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network