Profil Nguyen Quoc Viet, Bintang Vietnam OTW Absen di Semifinal SEA Games 2023

"Kalau benar, ini jadi kabar baik untuk Garuda Muda."

Biografi | 13 May 2023, 01:00
Profil Nguyen Quoc Viet, Bintang Vietnam OTW Absen di Semifinal SEA Games 2023

Libero.id - Timnas Vietnam U-22 mendapatkan kabar kurang bagus saat menghadapi timnas Indonesia U-22 pada semifinal SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023). Sang bintang, Nguyen Quoc Viet, berpotensi absen setelah bertarung habis-habisan di fase grup.

Indonesia akan kembali bertemu dengan Vietnam di partai penting SEA Games. Terakhir kali Garuda Muda kalah 0-3 di final SEA Games 2019. Saat itu, pelatihnya juga Indra Sjafri.

Jelas bayang-bayang buruk itu masih teringat. Apalagi, Indonesia terlihat inferior saat bertemu Vietnam dalam beberapa tahun terakhir. Bukan hanya di SEA Games, melainkan juga tim senior sekelas Piala AFF atau Kualifikasi Piala Dunia.

Namun, kabar baiknya, pada semifinal SEA Games 2023, Vietnam tidak akan bermain dengan kekuatan penuh. Sebab, beberapa pemain mengalami cedera. "Saya hanya memiliki 17 pemain (tidak termasuk kiper) untuk dua pertandingan terakhir. Tapi, seluruh tim akan melakukan upaya terbaik," kata Philippe Troussier dilansir Zingnews.

Salah satu pemain yang cedera adalah Nguyen Quoc Viet. Penyerang tengah itu cedera dalam sesi latihan persiapan laga melawan Thailand. Dia tidak masuk daftar susunan pemain pada laga yang berakhir imbang 1-1. Padahal, Nguyen Quoc Viet selalu tampil di tiga laga dan telah mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 Vietnam atas Laos.

Belum ada kabar mengenai kondisi kebugaran Nguyen Quoc Viet. Artinya, pemain berusia 20 tahun itu terancam tidak bermain lagi ketika timnya berhadapan dengan Indonesia.

Tanpa Nguyen Quoc Viet, Philippe Troussier harus memutar otak lebih keras. Sebab, perannya cukup vital, meski baru saja merayakan ulang tahun ke-20 pada 4 Mei 2023.

Nguyen Quoc Viet mengawali karier di Akademi HAGL. Setelah itu, bergabung ke klub V.League 1 lainnya, Nutifood JMG, pada 2021. Setahun kemudian Nguyen Quoc Viet bergabung dengan status bebas transfer ke Long An. Di kedua klub tersebut, dia bermain reguler.

Tampil impresif selama masa pinjaman, HAGL memanggil pulang Nguyen Quoc Viet musim ini. Dirinya mulai dipercaya tampil dalam 4 laga dan telah mencetak 1 gol bersama tim senior HAGL.

Performa Nguyen Quoc Viet tidak hanya moncer di level klub. Ketika diberi kesempatan berseragam Vietnam, Nguyen Quoc Viet tampil bagus. Dia membela Vietnam sejak kelompok umur 19 tahun dan 20 tahun. Kini, di usia 20 tahun, dirinya sudah menjadi pemain andalan Vietnam U-22.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network